5 Restoran Ramah Muslim di Malaka, Sajikan Menu Lezat khas Peranakan

Melaka adalah rumah bagi makanan Nyonya, juga dikenal sebagai makanan Peranakan. Kembali ke abad ke-15, gelombang pertama pemukim Hoklo (keturunan Cina Han) dari Cina tiba di Melaka.

Setelah puluhan tahun bermukim, budaya Tionghoa kuno berasimilasi dengan budaya lokal Melayu, maka lahirlah Baba-Nyonya.

Perpaduan budaya tersebut juga melahirkan masakan baru bernama makanan Nyonya, dikemas dengan rasa dan bumbu yang kuat. Kunjungi restoran berikut ini untuk mencoba makanan Nyonya yang ramah muslim di Melaka.

 

  1. Donald and Lily Restaurant.

Jika menyukai kaldu Nyonya Laksa yang kental dan beraroma, Donald and Lily Restaurant adalah tempat yang sangat tepat untuk Anda.

Setiap mangkuk penuh dengan rempah menggugah, termasuk tiga udang besar, yang mana setiap sendok akan mengirimkan gelombang kenikmatan kuliner di lidah.

Restoran ini menyajikan ayam yang bersumber dari pemasok bersertifikat halal. Harga per porsi dipatok sekitar RM12 sampai RM81.

Buka Rabu dan Kamis pukul 09.30 am sampai 03.30 pm, tutup pada hari Senin dan Selasa. Terletak di Ground Floor, No. 16, Jln KSB 1, Taman Kota Shah Bandar, 75200 Melaka.

 

  1. Amy Heritage Nyonya Cuisine

Sayur masak lemak adalah favorit banyak orang di Amy Heritage Nyonya Cuisine, tetapi itu bukan satu-satunya hidangan yang patut dipuji.

Pilihan hidangan Nyonya lainnya adalah ayam pongteh dengan kentang dan nasi kemuli. Ini adalah tempat yang bagus untuk memuaskan hasrat makanan Nyonya Anda.

Semua daging yang digunakan di restoran ini bersumber dari pemasok bersertifikat halal. Harga berkisar mulai dari RM12 sampai RM30. Terletak di 75, Jalan Melaka Raya 24, Taman Melaka Raya, 75000.

 

  1. Peranakan Place

Peranakan Place memiliki cabang di berbagai lokasi di seluruh Malaysia, termasuk Melaka. Terletak di Jonker Walk, restoran ini menyajikan menu makanan Nyonya yang lezat, mulai dari nasi rempah ayam hingga kuih-muih yang lezat untuk memuaskan gigi manis Anda.

PeranakanPlace menyajikan semua daging dan bahan yang bersumber dari pemasok bersertifikat halal. Harga ditaksir mulai dari Rm10 sampai RM13. Berlokasi di Jonker Street, 54, Jalan Hang Jebat, 75200 Malacca.

 

baca juga:

7 Hotel Termewah di Uganda, Buruan Booking Sebelum Bertualang

 

  1. Jonker 88

Terletak di jantung Jalan Jonker yang terkenal di Melaka, hidangan khas Jonker 88 yang berharga adalah cendol mereka. Suatu menu pelepas dahaga paling sempurna untuk dinikmati pada sore yang cerah.

Sajian populer lainnya termasuk Baba laksa yang dimasak dengan santan kental, dan Nyonya laksa yang mirip dengan asam laksa Penang. Keduanya sangat nikmat!

Jonker 88 menyajikan bahan dan rempah yang bersahabat dengan wisatawan muslim. Harga yang dipatok oleh pihak pengelola sekitar RM20 sampai RM41. Beroperasi di 88, Jalan Hang Jebat, 75200 Melaka.

 

  1. Cottage Spices Nyonya Restaurant

Untuk suasana otentik dan nyaman, Anda bisa berkunjung ke Cottage Spices Nyonya Restaurant. Dihiasi dengan ubin cantik dan taplak meja berbunga-bunga. Restoran Nyonya ramah Muslim di Melaka ini benar-benar terasa seperti di rumah sendiri.

Ikan assam Cottage Spices dipuji oleh banyak pengunjung, jadi mengapa tidak memeriksanya dan menjadi juri secara langsung?

Terletak di 171, Jalan Merdeka, Taman Melaka Raya, 75000 Melaka. Pihak pengelola menetapkan harga menu per porsi mulai dari RM15 sampai RM45.

Restoran ini menggunakan ayam dan daging sapi dari pemasok bersertifikat halal, dengan begitu Anda tak perlu khawatir.

 

Bagi seorang muslim, jalan-jalan tidak hanya sekadar melepas lelah atau mencari hiburan, melainkan bisa jadi ajang bersyukur dan muhasabah.

Oleh karena itu, di mana pun kaki Anda melangkah, usahakan semua hal tidak menyelisihi koridor ajaran agama.

Baik itu tempat hiburannya, makanan yang hendak disantap, hingga perlu memastikan keberadaan musala atau ruang cukup memadai untuk mendirikan salat.

Mengingat Melaka berada di Negeri Jiran, yang notabene masih satu rumpun wilayah dengan Indonesia, maka tidak terlalu sulit memenuhi kebutuhan wisatawan muslim selagi berlibur ke sana.

Untuk itu, Melaka layak dimasukkan dalam daftar kunjungan usai situasi pandemi mereda.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.