Quinoa: Nutrisi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Quinoa dikenal di antara suku Inca di Peru sebagai “mother grain”. Ini adalah spesies benih bagian dari keluarga Chenopodium, sehingga nama lengkapnya Quinoa Chenopodium. Tanaman ini tumbuh secara alami di wilayah Andes Peru.

Quinoa secara spesifik merupakan bagian dari subspesies dan terkait dengan keluarga Goosefoot. Ramuan ini dapat tumbuh antara tujuh dan tiga kaki tingginya.

Tanaman yang mendukung iklim keras, lebih menyukai suhu lebih dingin yang merupakan karakteristik dari Andes Peru. Termasuk cukup kuat karena mampu tumbuh di tanah yang buruk.

Sering disalahartikan sebagai sejenis gandum utuh, tetapi sebenarnya itu adalah pseudocereal. Menempatkannya dalam perspektif lain, Quinoa adalah spesies biji-bijian yang bisa dianggap lebih seperti biji-bijian pada umumnya.

Sebagai kerabat spesies goosefoot, herba ini lebih mirip spesies bit dan bayam daripada gandum utuh. Baik daun atau biji Quinoa, semuanya dapat dimakan.

Meskipun tidak bebas gluten, ia memiliki lebih banyak mineral, vitamin, protein, dan serat daripada spesies biji-bijian lain yang tersedia.

 

baca juga:

Bikin Bahagia Lahir Batin, 5 Manfaat Travelling Bareng Keluarga Ini 45% Orang Indonesia Belum Tahu

 

Manfaat Utama Quinoa

masakapahariini

 

  1. Sangat Bernutrisi.

Secara teknis itu bukan biji-bijian sereal, ini lebih merupakan pseudocereal. Dengan kata lain, Quinoa adalah benih yang disiapkan dan dimakan seolah-olah itu adalah biji-bijian. Kultivasi ini sangat penting bagi Kekaisaran Inca.

Dilihat sebagai “mother grain” dan suci. Dikonsumsi selama ribuan tahun sebelum menjadi begitu populer. Kandungan nutrisinya sering menyaingi sejumlah makanan super.

Satu cangkir 185 gram Quinoa setara 222 kalori dengan 4 gram lemak dan sekitar 39 gram karbohidrat. Ini juga mengandung sejumlah kecil asam lemak omega-3.

 

  1. Kandungan Serat Lebih Banyak Dibanding Biji-bijian Lain.

Manfaat besar lainnya dari Quinoa adalah seratnya yang tinggi. Sebuah penelitian yang menganalisis sekitar 4 varietas, menemukan sekitar 10 hingga 16 gram serat untuk setiap 100 gram Quinoa. Ini seimbang dengan sekitar 27 hingga 17 gram per cangkir.

Itu adalah jumlah yang cukup besar karena biasanya dua kali lipat dari kebanyakan biji-bijian. Meskipun Quinoa rebus mengandung lebih sedikit serat dengan menyerap lebih banyak air. Namun demikian, sebagian besar serat tidak larut.

Lalu, serat tidak larut biasanya tidak memiliki manfaat kesehatan yang sama dengan serat larut. Meskipun demikian, kandungan serat larut dalam Quinoa masih cukup baik. Karena Anda dapat menemukan antara 1,5 gram hingga 2,5 gram serat larut per 100 gram Quinoa.

 

  1. Tinggi Kandungan Asam Amino Esensial dan Protein.

Tubuh kita tidak dapat secara alami menghasilkan sembilan asam amino esensial yang terdiri dari protein. Jadi perlu untuk memasukkan ini dalam diet kita. Jika makanan mengandung semua sembilan asam amino esensial, itu disebut makanan protein lengkap.

Banyak makanan yang berasal dari tumbuhan biasanya kekurangan beberapa asam amino esensial seperti lisin. Namun,

Quinoa tampaknya menjadi pengecualian untuk aturan ini, karena mengandung sejumlah besar semua asam amino esensial.

Itu juga menjadi sumber protein yang luar biasa, tidak heran termasuk salah satu makanan favorit vegetarian.

 

  1. Memiliki Indeks Glikemik Rendah.

Quinoa memiliki indeks glikemik yang cukup rendah. Ketika berbicara tentang indeks glikemik, yang kita maksud adalah ukuran seberapa cepat suatu makanan meningkatkan kadar gula darah.

Lalu, memiliki indeks glikemik rendah baik untuk kontrol gula darah optimal.

Quinoa memiliki indeks glikemik 53, termasuk relatif rendah. Makan makanan dengan indeks glikemik tinggi memiliki konsekuensi yang berkontribusi terhadap obesitas dan merangsang rasa lapar.

Selain itu, jenis makanan ini terkait dengan penyakit kronis lainnya seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Meski memiliki indeks rendah, namun tetap merupakan makanan berkarbohidrat tinggi. Jadi jika Anda menjalani diet rendah karbohidrat, Quinoa mungkin tidak selalu menjadi pilihan bagus.

 

  1. Memiliki Efek yang Menguntungkan Bagi Metabolisme.

Penelitian pada manusia menemukan bahwa penggunaan Quinoa secara signifikan mengurangi kadar gula darah, trigliserida, dan insulin.

Apalagi jika diganti dengan roti dan pasta khas bebas gluten. Hari ini, studi dan penelitian baru terus mempelajari manfaat quinoa pada metabolisme.

Sementara pada hewan dengan diet fruktosa tinggi, Quinoa diketahui menghambat efek negatif fruktosa. Namun, tentunya masih ada jalan panjang untuk memahami semua manfaat tersembunyi dari makanan super ini.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.