9 Makanan khas Mumbai, Wajib Dicoba Sebelum Balik Liburan

Mumbai merupakan sebuah kota yang terkenal akan kebaikan dan keunikan budaya makanannya. Memadukan cita rasa yang khas, menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Setiap orang harus mencobanya, mulai dari nukkad ka chaiwaala hingga local sandwichwaala. Berikut rekomendasi makanan yang patut Anda cicipi selama berada di sini.

 

  1. Missal Pav

ytimg

Sup miju-miju pedas ini berasal dari Maharashtra, menu makanan sehat yang bisa disantap kapan pun. Dilengkapi irisan bawang, pav, lemon, dan farsan, membuatnya terasa istimewa.

 

Keberadaan kuah bumbu yang disebut tarri atau rassa merupakan penyebab missal memiliki cita rasa sedemikian lezat. Silakan kunjungi restoran tradisional bernuansa kuno di sekitar Jalan Dadar dan Jalan Charni agar Anda bisa mencobanya langsung.

 

  1. Vada Pav

akamaized

Selanjutnya, menu yang mencerminkan kehasan makanan Mumbai adalah vada pav. Menu pedas ini, diberi isian berupa cacahan kentang dan bawang putih. Setelah sebelumnya digoreng dahulu, lalu dimasukkan ke dalam pav. Dibarengi dengan sambal buah-buahan dan mentega sehingga jadi jauh lebih lezat.

 

Sangat nyaman di lidah, rasanya seperti dibawa melintasi level petualangan baru. Bisa Anda temukan di kedai-kedai seluruh kota. Disarankan mengunjungi kedai di seberang Mithibai College, Vile Parle West.

 

  1. Dosa

pinimg

Dosa memiliki banyak variasi, yakni sada, masala, mysore, dan paper. Anda harus mencobanya langsung untuk mengetahui pesona makanan yang satu ini. Caranya dengan mengunjungi Khau Gallis di  pinggiran kota.

 

  1. Frankie

cloudfront

Secara tradisional, frankie adalah roti yang digulung dan terbuat dari tepung serba guna. Di bagian dalam terdapat kentang halus, bawang cincang, sedikit cuka, dan beberapa rempah. Jika dianalogikan dengan makanan Indonesia, bentuk frankie mirip risoles.

 

Saat ini, tersedia berbagai varian isi seperti cheese schezwan, manchurian, paneer, noodle, mayonnaise, dan chilli cheese. Hanya saja, keberadaannya sulit Anda temukan di restoran. Kerap kali justru muncul di kedai-kedai pinggir jalan.

 

baca juga:

Diselimuti Teka-teki, Inilah 5 Bangunan Paling Misterius di Dunia

 

 

  1. Pav Bhaji

curlytales

Mumbai menawarkan pav terbaik di seluruh dunia. Perpaduan kari sayuran pedas dan pav yang direndam dalam mentega mampu menghasilkan cita rasa luar biasa. Bisa Anda temukan di mana pun di seluruh penjuru kota, baik pedagang kaki lima maupun restoran ternama.

 

  1. Masala toast

gujgoshtihome

Anda dapat menemukan sandwich hampir di seluruh dunia, namun activity toast atau lebih dikenal masala toast, hanya tersedia di Mumbai. Diisi dengan kentang bhaji yang dipanggang di atas kompor.

 

Jajanan favorit sepanjang masa, sangat populer di kalangan penduduk kota. Menu ini muncul di setiap kedai sandwich pinggir jalan, namun yang paling bagus ada di Sandwizza, Santacruz West. Tepatnya, di dekat stasiun.

 

  1. Pani Puri

jdmagicbox

Hidangan khusus yang tersedia di berbagai wilayah India dengan penyebutan nama berbeda, misalnya puchka dan gol gappe. Secara tradisional, pani puri adalah semolina puri berukuran kecil, bisa habis dalam sekali suap. Berbentuk agak bulat yang mana bagian dalamnya berisi kentang rebus dan kecambah.

 

Sebelum disajikan, biasanya pani puri dicelupkan ke dalam asam manis dan sambal kurma. Selanjutnya, dimasukkan lagi ke kuah mint dengan sensasi pedas. Saat ini, sudah tersedia varian lain, yaitu ragda.

 

Alih-alih menambahkan kecambah dan kentang, isiannya justru berupa kacang putih. Bagi kebanyakan penduduk Mumbai, pani puri merupakan kebahagiaan sejati. Bisa Anda coba di Chaat Waala Bhaiya terdekat.

 

  1. Enargee

imgstaticcontent

Enargee merupakan minuman berkarbonasi khas Mumbai. Susu yang kaya akan cita rasa, memiliki beragam varian.

Tersedia hampir di seluruh penjuru kota, tepatnya di gerai Aarey. Minuman ini cocok untuk menemani setiap momen Anda ketika menjelajah di Mumbai.

 

  1. Irani Chai with Bun Maska

imgmedia

 

Sebelum mengakhiri perjalanan, pastikan Anda sudah mencicipi menu satu ini. Cocok dinikmati pada waktu sore. Hidangan susu manis dilengkapi bun maska. Bisa Anda temukan di kedai-kedai Irani yang masih beroperasi.

 

Lebih dari sekadar pusat industri hiburan Bollywood, Mumbai ternyata menyimpan beragam daya tarik. Salah satunya mencakup kuliner.

Rekomendasi 9 menu di atas paling tidak dapat mewakili. Siapkan budget berlebih agar Anda puas berkeliling. Pastikan untuk tidak melewatkannya.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.