Kuliner Khas Daerah di Indonesia, Paling Favorit dan Terkenal!

Tak hanya wisata alam yang beragam, makanan khas daerah di Indonesia pun memiliki banyak citra rasa yang enak, unik dan lezat.

Bahkan ada yang sudah terkenal hingga mancanegara karena kelezatannya. Dan berikut ini daftar kuliner nusantara yang rasanya menggoda lidah hingga ke mancanegara.

 

Empal Gentong Cirebon

viva.co.id

Makanan yang satu ini berasal dari Cirebon dan sudah ada sejak 1994 yang berisikan dari jeroan sapi yang terdiri dari usus, babat dan irisan daging sapi direbus dalam kuah kuning dengan taburan daun kucai. Nah kalau kamu pecinta gulai berarti harus coba masakan khas Cirebon ini.

 

Bebek Goreng Sinjay Madura

idntimes.com

Masakan yang satu ini memang memiliki tampilan yang sederhana tapi jangan salah setiap kamu mencobanya maka akan merasakan ketagihan.

Ya, Bebek Sinjay, siapa yang tak kenal makanan khas Madura yang satu ini. Daging bebek goreng Sinjay yang empuk dan rasa gurih terasa terngiang-ngiang.

 

Gudeg Yogyakarta

phinemo

Kalau kamu ke Yogyakarta pasti kamu akan mengenalnya. Gudeg yang merupakan makanan daerah khas Jawa Tengah ini terkenal akan kuah manisnya dan terbuat dari buah nangka.

Jangan lupa temani dengan sambal biar tambah sedap rasanya.

 

Soto Ayam Ambengan Surabaya

Tribun Travel

Soto Ayam Ambengan ini memiliki ciri khas yang membedakan dengan soto ayam-soto ayam lainnya. Terlihat dari kuahnya yang berwarna kuning pekat.

Karena terbuat dari kunir dan biasanya berisikan daging, jeroan, kulit, brutu, telur, bihun serta dicampur dengan nasi. Bisa juga kamu minta nasinya untuk dipisah.

 

Nasi Lawar Bali

kintamani

Biasa dikenal dengan nasi Campur Bali, perpaduan antara sayuran dan irisan daging serta disajikan dengan cara dibumbui atau dicampur jadi satu.

 

Daging Asap NTT

kompas

Makanan yang satu ini lagi hits dan banyak peminatnya, daging asap atau lebih dikenal dengan nama daging Sei yang merupakan makanan khas Provinsi NTT tepatnya Kabupaten Rote Ndao.

Kuliner ini berisikan irisan daging tipis-tipis kemudian diasapi dengan bara api pohon kesambi sampai matang. Setelah daging diasap maka langsung dimakan atau diolah dengan masakan lain.

 

baca juga:

Berasa Jalan-jalan ke Cina, Destinasi Nusantara untuk Rayakan Liburan Imlek

 

Ayam Taliwang Lombok

bukalapak

Dibuat dari ayam kampung muda dengan campuran berbagai rempah dan bumbu. Seperti : cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah, garam dan bumbu rempah lainnya.

Biasanya disajikan dengan nasi putih hangat. Jangan lupa beri plecing kangkung agar semakin terasa kekhasannya.

 

Sate Bandeng Banten

kompas

Biasanya sate terbuat dari ayam, namu sate yang satu ini berbeda. Terbuat dari Bandeng dan merupakan makanan khas Banten.

Kalau biasanya ikan bandeng sulit dimakan karena banyak tulang dan duri halus. Tapi Sate Bandeng ini tidak ada tulang & juri yang lunak jadi sangat mudah untuk dimakan.

Apalagi rasanya yang menggiurkan dengan khas rempahnya menambah cita rasa makanan.

 

Rujak Cingur Jawa Timur

doyanresep

Makanan yang satu ini terdiri dari irisan daging moncong sapi yang direbus dan terbuat dari petis yang khas dengan warna hitam pekat yang enak.

Rujak Cingur ini dimakan dengan campuran sayuran, lontong lalu disiram dengan petis ditambahkan kerupuk yang khas sebagai tambahan. Cingur sendiri berarti mulut dan menjadi ciri khas dari makanan asal Jawa Timur.

 

Surabi Bandung

dolandolen

Makanan khas tradisional khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung beras dan terigu yang dimasak atau dibakar diatas tembikar tanah liat. Kalau ingin merasakan kenikmatan dari Surabi atau Serabi ini sebaiknya dimakan dengan saus manis gula jawa dan wedang hangat.

 

Soto Banjar Kalimantan Selatan

pariwisataindonesia

Soto Banjar memiliki perbedaan dengan makanan soto daerah lainnya. Karena menggunakan rempah-rempahan seperti kayu manis, biji pala dan cengkih lalu ditambah sedikit susu.

Nah, jadi tak salah kalau soto banjar ini memiliki ciri khas tersendiri yang membuat kamu kangen terus dengan masakan satu ini.

 

Kepiting Soka Kalimantan Utara

cecep345.com

Salah satu makanan khas Kalimantan Utara dan kepiting ini memiliki cangkang lunak pada dagingnya sehingga lembut dimasak. Apalagi dicampur dengan saus asam manis yang selalu bikin kamu bersemangat setelah makan.

 

Ayam Cincane Kalimantan Timur

idntimes

Dimasak dengan bumbu kemerahan dan menjadi salah satu makanan yang sering dijumpai pada saat perayaan atau acara besar.

Ayam yang digunakan pun adalah ayam kampung dan makanan ini memiliki tekstur kulit yang lembut. Dilumuri saus pedas manis yang meresap sampai kedalam dagingnya.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.