Pernah Coba Belalang Goreng? Ini Dia Daftar Kuliner Jogja AntiMainstream

Apa yang tersemat dalam benak Anda bila mendengar kata Yogyakarta? Kota penuh pesona ini memang tak pernah membuat wisatawan bosan akan pesona nya.

Yogyakarta juga menjadi salah satu favorit para traveler baik local maupun mancanegara.

Kota yang sering disebut sebagai Kota Pelajar ini memiliki banyak destinasi wisata yang menarik dan unik. Namun, para traveler juga selalu rindu akan kulinernya yang memanjakan lidah dan memberikan kepuasan setiap kali berkunjung.

Selain harga yang cukup terjangkau, kuliner khas Yogyakarta juga tak akan membuat siapapun menyesal. Mungkin Anda sudah sering mencoba kuliner kha Jogja seperti Gudeg, salah satunya Gudeg Mbah Sepuh Lindu yang sangat otentik selama lebih dari 80 tahun lamanya.

Kuliner Jogja tak hanya seputar masakan manis itu-itu saja. Anda juga bisa mencoba kuliner anti-mainstream nya dan olahan unik lain yang harus Anda rasakan saat berkunjung ke Jogja.

Apa saja kuliner unik Jogja AntiMainstream yang harus Anda cicipi? Simak berikut ini.

 

  1. Walang Goreng Pak Gareng

shopee

Pernah mencicipi rasa belalang goreng? Tak perlu jauh-jauh mampir ke negara Gajah Putih atau Thailand, karena Jogja juga punya, lho!

Makanan unik anti-mainstream yang satu ini bisa Anda coba di Jogja, yakni di Gunung Kidul tepatnya di Walang Goreng Pak Gareng.

Memang sangat unik ya makanan yang satu ini. Lalu bagaimana rasanya? Ternyata, rasanya hamper mirip seperti udang. Tak perlu khawatir, memasak walang goreng ini sangat bersih karena sayap belalang dan kotorannya sudah dibersihkan lebih dulu sebelum diolah.

Walang Goreng Pak Gareng menyediakan 3 varian rasa, yaitu rasa bacem, gurih, serta pedas.

 

  1. Bubur Kalkun

MSN.com

Anda tim bubur ayam diaduk atau tidak diaduk? Memakan bubur ayam mungkin sudah biasa saja, ya! Lalu, pernahkah Anda mencoba bubur kalkun? Jika belum, maka Anda harus mencoba kuliner anti-mainstream yang satu ini saat berkunjung ke Jogja.

Bubur Kalkun berada di daerah Jl. Godean KM 4 Yogyakarta, dengan nama Bubur Kalkun Burjon. Kuliner ini siap memanjakan lidah Anda saat sarapan atau hanya sekedar menghangatkan diri.

Daging kalkun memiliki tekstur yang hamper sama dengan ayam kampung, hanya saja lebih lembut. Dengan siraman kuah kuningnya dijamin membuat Anda ketagihan.

Bubur kalkun di sini sangat laris manis. Hanya dengan 3 tahun saja, Bubur Kalkun Burjon telah memiliki beberapa cabang.

 

  1. Soto Sampah

INDOZONE

Mendengar Namanya, Anda pasti merasa aneh sekaligus penasaran kuliner macam apa ini. Soto sampah bukanlah soto yang berisi sampah, ya!

Nama dari makanan khas Jogja yang satu ini terinspirasi dari tampilannya. Karena tampilan dari soto ini tak seperti makanan lainnya yang rapi, apik dan tertata.

Isi soto ini berupa nasi putih, toge, kubis, bihun, bawang goreng dan seledri, dimana seluruh bahannya ditumpuk begitu saja tanpa harus ditata.

Soto Sampah sudah berdiri sejak tahun 1970-an dan memiliki banyak penggemar. Ciri khasnya ada di cara pembuatannya, yakni bumbu yang tetap diuleg tanpa digiling atau diblender. Jadi cita rasanya lebih terasa.

Ada beberapa kudapan lainnya yang bisa membuat Anda lebih kenyang, seperti tahu, tempe, perkedel, bakwam sate ayam, atau telur.

baca juga:

Liburan Sudah di Depan Mata, Yakin Mau Melewatkan Event Terbaik di Singapura?

 

  1. Sate Donal

qraved

Apa itu sate donal? Mungkin Anda sudah tak asing dengan sate ayam, sate kambing, hingga sate sapi. Kuliner Sate Donal adalah sate itik yang cukup unik dan jarang ditemukan.

Lokasi Sate Donal berada di Kawasan Kaliurang dan cukup mudah Anda temukan karena berada di antara penjual sate kelinci.

Bisa dikatakan, Sate itik atau enthok memang jarang ditemukan, karena pengolahannya yang agak susah apalagi daging itik yang alot.

Namun, penjual sate itik di Jogja memiliki resep rahasia yang bisa membuat kuliner anti-mainstream ini bertekstur lembut dan lezat.

Menjangkau ke 4 kuliner anti-mainstream Jogja di atas tak terlalu sulit, karena lokasinya mudah dan dekat dari pusat Kota Jogja. Dijamin, setelah Anda tahu rasanya, pasti akan ketagihan! Selamat mencoba!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.