Kuliner Sehat khas Nusantara, Mengenal Jenis Jamu Tradisional Indonesia

Seperti yang telah kita ketahui, Indonesia menyimpan banyak sekali keanekaragaman. Indonesia juga terkenal akan kekayaan rempah-rempahnya yang selalu menjadi kebanggan. Banyak sekali rempah-rempah khas Indonesia yang tak mudah ditemukan di luar negeri.

Nyatanya, rempah-rempah khas Indonesia sangat berkhasiat untuk Kesehatan. Selain itu, bahannya sangat mudah ditemukan di ruang dapur Anda. Mulai dari jahe, kencur, laos, kunyit, dan beragam lainnya.

Tak hanya makanan tradisional, Indonesia juga terkenal akan minuman jamu tradisional yang beragam manfaat dan khasiatnya. Meski kita telah memasuki era modern, minuman herbal atau jamu tradisional masih digemari masyarakat luas dan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam masalah Kesehatan.

Sebelumnya, resep jamu tradisional dan produk-produk herbal hanya dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar saja. Namun kini, jamu dan obat herbal tradisional telah menarik banyak konsumen dari orang mancanegara. Mereka juga mengakui manfaat pada Kesehatan.

Meskipun Sebagian besar bahan hanya dapat ditemukan di Indonesia saja, namun itu bukanlah masalah dalam era digital saat ini.

Apa saja jamu tradisional Indonesia yang digemari masyarakat local maupun mancanegara? Simak berikut ini.

 

  1. Beras Kencur

popmama

Minuman Beras Kencur pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Beras kencur berarti beras dan lengkuas bila diartikan secara harfiah. Padahal, bahan dasar pembuatan beras kencur sendiri tidak hanya terdiri atas beras dan lengkuas saja.

Ada beberapa rempah rumahan lainnya yang juga ditambahkan untuk meningkatkan khasiatnya, seperti gula merah yang membuat minuman ini lebih manis dan segar.

Beras Kencur bisa mengatasi beberapa masalah Kesehatan, seperti menyembuhkan radang, meningkatkan system kekebalan tubuh, menurunkan kadar kolesterol. Minuman ini sangat digemari oleh segala kalangan karena rasanya yang manis dan enak.

 

  1. Kunyit Asam

Sesuai Namanya, jamu ini berbahan dasar kunyit dan asam dengan bahan tambahan lainnya. Rasanya sedikit asam namun juga manis karena menggunakan gula merah.

Minuman tradisional ini sangat bermanfaat bagi Kesehatan. Tak hanya bersifat anti-inflamasi, Kunyit Asam juga bersifat antioksidan yang pastinya baik bagi kesehatan. Selain itu, Kunyit Asam efektif dalam meredakan sakit saat menstruasi, bahkan juga berkhasiat meredakan sembelit dan mengatasi hipertensi.

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, Kunyit Asam bisa menjadi salah satu andalan untuk program diet yang Anda jalani.

 

  1. Mengkudu Laos

wowkeren.com

Dua bahan utama dalam jamu ini adalah mengkudu dan juga laos. Ramuan ini banyak ditemukan pula di beberapa tempat di Asia. Minuman ini cenderung pahit dengan aroma yang kurang sedap.

Rasa pahit dari mengkudu memang kurang disukai, apalagi aromanya yang kuat. Padahal, mengkudu menyimpan banyak manfaat yang baik bagi Kesehatan.

Meskipun rasanya kurang disukai, namun manfaatnya tidak main-main, lho! Kombinasi kedua bahan ini dapat meredakan masalah perut seperti kembung dan diare. Keduanya juga mengatasi rasa sakit saat menstruasi. Anda bisa menambahkan beberapa gula untuk membuat rasanya sedikit manis.

 

Baca juga:

Travelling ke Korea Selatan, Ini 10 Hal Terunik di Seoul yang Bakal Dijumpai Wisatawan

 

  1. Jahe / Temulawak

kompas

Tak perlu diragukan lagi bila bicara soal manfaat dari jahe. Temulawak juga biasa disebut dengan jahe jawa. Salah satu bumbu dapur ini memiliki banyak manfaat Kesehatan, yakni dapat menghilangkan sakit kepala, menghangatkan badan, gejala flu, serta mual.

Temulawak juga bisa meningkatkan nafsu makan terutama untuk anak. Anda dapat merebus potongan temulawak dengan gula merah. Jika tidak ingin ribet, Anda bisa membeli jamu yang sudah tersedia di berbagai outlet jamu atau toko terdekat.

 

  1. Cabe Jawa

Pernahkah Anda mendengar Cabe Jawa atau Cabe Puyang? Minuman herbal ini bisa Anda buat dengan menghaluskan beberapa buah cabai lalu keringkan. Rebus Bersama tambahan madu atau gula merah dan tambahkan pula bumbu dapur lainnya seperti lengkuas dan temulawak.

Minuman herbal ini bisa membantu Anda untuk mengurangi rasa Lelah serta rasa nyeri di area tubuh. Selain itu, minuman ini telah diteliti dapat meningkatkan produksi eritrosit dalam tubuh serta mencegah datangnya anemia.

 

Itulah beberapa jamu tradisional yang sering dikonsumsi masyarakat local maupun orang asing yang datang ke Indonesia. Beberapa jamu di atas bahkan telah diekspor ke mancanegara, lho!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.