Bikin Lidah Goyang, Rekomendasi Makanan Khas Kota Malang Wajib Coba!

Kota Malang dan sekitarnya selalu menyimpan cerita istimewa bagi para wisatawan. Sebagai salah satu lokasi destinasi terpopuler di Indonesia, beragam keseruan dapat Anda lakukan selama berada di sini.

Tak hanya untuk tujuan traveling, Anda pun jangan sampai melewatkan aktivitas kulineran. Berikut rekomendasi makanan khas yang mampu membuat momen liburan Anda lebih menyenangkan.

 

  1. Tempe Kacang

ngalam

Tempe pada umumnya dibuat menggunakan fermentasi kedelai dan ragi. Namun, sedikit berbeda dengan masyarakat Malang, yang mana justru memanfaatkan kacang tanah sebagai bahan dasarnya.

Dapat Anda temukan di pasar tradisional seperti Kedungkandang, Kabalen, atau Merjosari. Harga per balok dipatok Rp2.000, ukurannya kurang lebih 5 x 8 x 2 cm.

Tempe ini memanfaatkan ampas sisa penggilingan kacang tanah setelah proses ekstraksi, kemudian dicampur dengan ragi putih berbentuk kepingan.

Ragi tersebut memiliki kandungan mikroorganisme serupa ragi tape, yaitu mucorales, bakteri, serta khamir. Selanjutnya, direndam kurang lebih 6-10 jam.

Teksturnya tidak terlalu padat dan relatif lebih kasar. Kerap disajikan dalam bentuk gorengan, bisa ditambah baluran tepung atau secara langsung. Apapun itu, rasanya tetap nikmat dan renyah terutama saat masih panas.

 

  1. Orem-Orem

faktualnews

Pada mulanya, orem-orem hanya bisa Anda temukan dalam acara hajatan. Namun kini, para pelaku usaha mulai menjadikannya menu utama di warung-warung tradisional.

Semua unsur dalam makanan satu ini begitu khas, mulai dari rasa, bahan dasar, hingga cara pengolahan. Harga per porsi berkisar Rp7.000-13.000 saja.

Dari segi rasa, kuah orem-orem mirip sayur lodeh, sedikit kental, dan pedas. Memadukan ayam, santan, tauge, dan potongan tempe, orem-orem kerap dihidangkan bersama irisan ketupat.

Dimasak menggunakan bantuan arang bakar sehingga aroma bumbunya tidak berubah. Agar lebih lezat, biasanya ditambahkan sambal dan kecap manis sesuai selera.

 

  1. Mendol Tempe

portalmadura

Kembali lagi pada olahan tempe, kali ini cara penyajiannya cukup unik. Tempe mentah berbahan dasar kedelai diberi bumbu seperti bawang merah, kencur, bawang putih, ketumbar, jeruk purut, gula putih, dan garam.

Bisa juga ditambahkan cabe bagi para pecinta pedas. Setelah itu, tempe tersebut dihancurkan lalu dikepal hingga berbentuk oval.

Masih belum selesai, tempe yang sudah terbentuk tadi, selanjutnya harus didiamkan selama 1 sampai 2 jam. Tujuannya untuk memunculkan cita rasa sedikit asam.

Langkah terakhir, digoreng hingga berwarna kehitam-hitaman, bisa ditambah baluran tepung atau secara langsung. Harga per biji biasanya dipatok mulai dari Rp1.000 sampai 2.000-an.

 

  1. Wedang Angsle

klimg

Mirip seperti kolak, satu porsi wedang angsle menyajikan sagu mutiara, ketan putih, daun pandan, gula, santan, dan potongan roti. Anda hanya perlu mengeluarkan modal Rp7.000-an untuk menikmatinya.

Tidak jarang, ditemukan pula penjual yang menambahkan jahe, emping belinjo, dan irisan kolang-kaling.

Tersedia dalam sensasi hangat maupun dingin. Namun, paling mantap dicicipi ketika malam menjelang berbalut dinginnya udara Kota Malang.

Dahulu, para pedagang kaki lima memang menjajakan wedang angsle saat malam saja. Sekarang sudah mudah ditemukan di warung tradisional pada siang hari. Semua menyesuaikan selera pembeli.

 

baca juga:

Restoran Sushi Terbaik di London Buat Kulineran, Mau Coba?

 

  1. Cwiemie

ngalam

Disebut cwiemie karena ukuran mie yang disajikan relatif tipis dan gepeng. Memiliki tekstur lembut, sensasinya mampu menggoyang lidah Anda.

Selalu terdapat pangsit goreng pada setiap porsi cwiemie. Tak heran, kini lebih akrab disebut pangsit mie oleh masyarakat setempat. Ada tambahan berupa daun bawang dan irisan bawang goreng.

Memanfaatkan taburan daging ayam yang digiling halus. Kuah kaldunya amat bening, segar, dan kaya akan rasa. Aneka rempah-rempah turut memperlezat makanan ini.

Tidak jarang, juga diberi olahan jamur, pentol bakso, hingga telur puyuh. Harga per porsi mulai dari Rp10.000-an. Bisa Anda temukan di warung sederhana maupun restoran ternama.

 

Masih banyak jenis makanan lain yang tak kalah menarik, mulai dari sajian legendaris hingga kekinian. Tempat makan tersebar hampir di seluruh penjuru kota, begitu mudah ditemukan.

Kabar baiknya, rata-rata kisaran harga setiap menu cukup bersahabat di kantong. Ini karena besarnya populasi pelajar dan mahasiswa. Mau tak mau, para pelaku usaha menyesuaikan dengan target pasar.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.