7 Resep Obat Tradisional Indonesia dengan Khasiat yang Nyata

 

Jauh sebelum pengobatan Barat modern diperkenalkan, orang Indonesia berhasil memerangi banyak penyakit dengan resep obat tradisional.

Bahkan sekarang, banyak rumah tangga masih lebih memilih resep kuno daripada obat-obatan modern, sementara perusahaan memasukkan kearifan lama ini ke dalam produk masa kini. Dari obat demam hingga ramuan penurun berat badan, temukan resep obat tradisional Indonesia yang luar biasa.

  1. Herbal kunyit asam.

Sering ditemukan dalam resep masakan Asia, kunyit juga dihargai karena sifat anti-inflamasi dan antioksidannya. Dikombinasikan dengan asam, kunyit asam herbal adalah obat yang terbukti untuk nyeri haid, peradangan, tekanan darah tinggi, dan masih banyak lagi.

Banyak juga yang mengandalkan herbal ini guna menurunkan berat badan. Untuk membuat minuman ini, seduh parutan atau bubuk kunyit dan asam jawa dalam jumlah yang sama, tambahkan gula aren serta sedikit garam secukupnya.

  1. Temulawak.

Temulawak, atau jahe Jawa, adalah tanaman rempah asli Indonesia dan selama berabad-abad telah diamati untuk menghasilkan beberapa manfaat kesehatan. Minuman temulawak telah digunakan untuk meredakan mual, pusing, dan gejala pilek.

Namun, mungkin yang paling umum digunakan untuk meningkatkan nafsu makan, terutama bagi anak-anak. Jika ingin membuat ramuan temulawak, haluskan temulawak dan seduh dengan asam jawa serta gula aren, masak terus sampai airnya tinggal setengah.

  1. Beras kencur herbal.

Jamu ini tetap menjadi salah satu favorit Indonesia tidak hanya karena manfaat kesehatannya, tetapi juga karena rasanya yang segar dan lezat. Kencur, juga dikenal sebagai jahe aromatik atau jahe pasir, kaya akan seng dan mineral lainnya, menjadikannya bahan umum untuk berbagai masakan tradisional serta resep obat di seluruh Asia.

Dikombinasikan dengan nasi dan rempah-rempah lainnya, minuman herbal membantu menurunkan kolesterol, peradangan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Untuk membuat beras dan kencur herbal, pertama-tama Anda harus menyiapkan butiran beras dengan merendamnya selama tiga jam. Seduh kencur bersama sedikit kunyit, asam jawa, jahe, dan gula aren. Setelah air mendidih, ambil semua bahan, tumbuk jadi satu, lalu seduh sekali lagi.

  1. Jamu cabai jawa.

Jamu ini menggunakan Piper retrofractum yang juga dikenal sebagai cabai puyang, cabai jawa, atau cabai panjang bali. Sering digunakan sebagai bumbu dalam makanan tradisional, ramuan ini juga efektif untuk mengobati pegal pada tubuh.

Limpahan zat besi dan nutrisi lainnya juga membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel darah merah dan mencegah anemia.

Untuk membuat minuman herbal ini, Anda bisa menumbuk atau memotong cabai, atau mengeringkannya terlebih dahulu, lalu direbus dengan air. Tambahkan madu atau gula aren secukupnya sesuai selera.

 

baca juga:

Sulit Lupakan Mantan? 5 Keindahan Desa Wisata Apau Ping Malinau Bakal Menghipnotis Anda

 

  1. Pahitan.

Pahitan berasal dari kata ‘pahit’ yang artinya memiliki cita rasa pahit. Jamu ini terdiri dari berbagai macam daun, terutama sambiloto, tetapi juga brotowali, meniran, lempuyang, dan lain-lain dalam ukuran yang lebih kecil.

Obat tradisional ini diduga terkenal karena rasanya yang tidak enak, tetapi khasiatnya telah teruji oleh waktu dalam membantu mengatasi gula darah tinggi, kolesterol, serta sistem pencernaan. Ini akan membantu Anda sat merasakan ketidaknyamanan yang lebih kecil seperti luka terbuka, demam, kekakuan, dan sakit kepala.

  1. Kumis kucing.

Orthosiphon aristatus, atau kumis kucing atau teh jawa, merupakan tanaman obat tropis yang sering digunakan dalam resep obat, baik tradisional maupun modern. Popularitasnya sebagian karena ketersediaan yang sangat besar dan biaya perawatan rendah, sehingga siapa pun dapat menanamnya di halaman belakang rumah sendiri

Selain itu, kaya akan nutrisi. Sebenarnya ada resep berbeda untuk gejala berbeda yang bisa diobati oleh tanaman ini. Namun sebagian besar, menyeduh kumis kucing untuk dijadikan obat tradisional yang membantu mengatasi diabetes, darah tinggi, demam, bahkan PMS. Minuman kumis kucing juga aman dikonsumsi setiap hari sampai gejalanya reda.

  1. Uyup-uyup.

Minuman herbal ini sangat populer di kalangan ibu menyusui, karena kandungan nutrisi di dalamnya terbukti membantu meningkatkan produksi dan kualitas ASI. Selain itu, terapat manfaat menghilangkan bau badan dan mengatasi masalah pencernaan.

Uyup-uyup, atau gepyokan, menggunakan kencur, jahe, temulawak, puyang, dan kunyit. Itu dicincang lalu dihaluskan, dan diseduh bersama. Anda juga bisa menambahkan gula untuk memperkaya rasanya.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.