5 Tempat Kuliner di Semarang yang Legendaris dan Murah

Mencari tempat kuliner yang enak dan murah di Semarang? Berikut adalah beberapa referensi favorit wisatawan yang melancong ke kota Lumpia:

Nasi Ayam Semarang Bu Wido

juraganforum.com

Sekilas, Nasi Ayam Semarang mirip dengan Nasi Liwet Khas Solo, hanya saja yang membuatnya berbeda adalah kuah dalam penyajian nasi ayam ini. Nasi Ayam Semarang dicampur dengan sayur labu dengan ditambahkan siraman kuah bercita rasa pedas, dan disajikan di atas daun pisang lengkap dengan kerupuk rambak. Bahan – bahan yang digunakan pun juga pilihan, seperti daging ayam dan kelapa untuk membuat santan. Kelapa yang dipilih harus tua agar santan yang dihasilkan gurih. Sementara untuk tekstur ayam sendiri dipilih yang padat, daging ayam juga direbus bersama santan dan aneka bumbu – bumbu lainnya selama kurang lebih enam jam untuk menghasilkan daging yang empuh dan gurih. Ada pula beberapa lauk sebagai pelengkap, misalnya sate usus, sate telur puyuh, gorengan, krupuk karak dan lain – lain.

Jika ingin menyantap kuliner legendaris yang satu ini, anda bisa menuju Jalan Melati Selatan, Semarang, Jawa Tengah. Untuk menemukan warungnya tidak terlalu sulit, dari Simpang 5 anda harus berjalan ke arah Jalan Gajah Mada hingga menemukan pertigaan Jalan Melati Selatan. Dari Jalan Melati Selatan, Nasi Ayam Semarang Bu Wido terletak kurang lebih 50 meter.

Mangut Welut Warung Bu Nasimah

blogspot.com

Siapa sih yang tak suka belut? Rasanya yang gurih dan dagingnya yang lembut, tentu membuat siapa saja suka apalagi bila disantap bersama nasi hangat dan sambal. Jika bertandang ke Jawa Tengah, jangan lupa sempatkan diri untuk mampir ke Mangut Welut Warung Bu Nasimah. Rumah makan Sederhana yang mulai buka pada tahun 1978 ini cukup populer di Semarang karena menyajikan masakan belut pedas dan gurih. Racikan bumbu mangut menggunakan campuran cabai rawit yang membuat rasa kuah menjadi pedas. Bagi anda yang tidak terlalu doyan pedas tak perlu khawatir, karena warung ini menyediakan dua pilihan belut mangut, yakni tingkat kepedasan biasa dan sangat pedas. Selain mangut belut, anda juga bisa mencoba orak – arik tempe, sayur gori atau sayur nangka yang dimasak mangut, dan macam – macam gorengan. Mangut Welut Bu Nasimah berlokasi di Jalan Menoreh Raya No 10 B, buka setiap hari mulai pukul 6 pagi hingga 4 sore.

Baca juga: Museum Wayang, Obyek Wisata Unik di Kawasan Kota Tua Jakarta

Warung Makan Gudeg dan Opor Mbak Tum

www.anekawisata.com

Tak hanya Jogja, di Semarang juga ada warung gudeg enak lho. Letaknya ada di Jalan MT Haryono, Semarang, Jawa Tengah bernama Warung Makan Gudeg dan Opor Mbak Tum. Aneka menu disajikan disini, ada nasi gudeg, lontong opor, koyor, babat goreng, ayam goreng, opor dan sambal. Dari beberapa menu tersebut, menu yang menjadi favorit pengunjung adalah Nasi Koyor. Yaitu nasi yang dicampur koyor (bagian otot sapi) dimasak dengan sambal goreng dan kuah gurih yang pedas. Eits jangan salah datang, karena warung ini baru buka pada sore hari dan baru tutup ketika tengah malam. Harganya juga tidak terlalu menguras kantong, untuk satu porsi ayam dan teh panas, anda cukup merogoh kocek sebesar Rp 15.000 saja.

Nasi Pecel Mbok Sador

media.foody.id

Tempat makan legendaris terkenal enak dan ramah di kantong. Nasi Pecel Mbok Sador yang berada di kawasan Simpang Lima Semarang. Seperti pecel pada umumnya, nasi hangat disajikan bersama dengan daun ubi, daun pepaya, bayam, kacang panjang, kenikir dan tauge lalu disiram kuah sambal kacang dan ditambahkan rempeyek sebagai pelengkap hidangan. Lauk yang bisa anda pilih adalah ati ampela, sate telur puyuh, dan aneka jeroan sapi. Warung ini buka dari sore hingga malam hari. Jadi, jika jalan – jalan di Simpang Lima Semarang, jangan lupa merasakan lezatnya Nasi Pecel Mbok Sador.

Soto Bangkok

cdn2.tstatic.net

Bernama Soto Bangkok karena rumah makan ini terletak di Jalan Bangkok. Kini namanya berubah menjadi Jalan Bridgjen Katamso No 1, Semarang, Jawa Tengah. Berdiri sejak tahun 195 – an. Kuliner ini telah memiliki pelanggan tetap yang cinta akan kelezatan Soto. Terdiri dari bihun, kuah soto yang gurih, irisan ayam suwir, irisan bawang dan taburan bawang goreng ini. Menu lainnya selain soto adalah ayam goreng dan garang asem yang tak kalah lezat. Tapi kalau kesini, tetap wajib untuk mencicipi Soto Bangkok yang menjadi menu andalan, ya.

***

Selamat jelajah rasa di kota Semarang ya.. pastikan Jari Adventure sebagai mitra perjalanan kepercayaan Anda.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.