10 Makanan Sehat Khas Vietnam yang Rasanya Endulita!

Anda bisa menemukan makanan sehat Vietnam di mana-mana, mulai dari semangkuk pho hingga banh mi di Kota Ho Chi Minh.

Menariknya, menu-menu tersebut hampir selalu dioleh menggunakan bahan segar. Disajikan bersama sepiring sayuran dan aneka rempah.

Berikut rekomendasi makanan khas Vietnam yang tidak hanya menyehatkan, tetapi juga sangat lezat.

 

  1. Goi cuon (fresh spring rolls)

ytimg

Dikemas penuh dengan aneka sayuran dan rempah, goi cuon merupakan pilihan tepat sebagai hidangan pembuka.

Sayuran hijau, daun salad, mie bihun, dan udang dibungkus menggunakan kertas nasi. Dilengkapi saus celup ikan atau kacang.

Saus ikannya memiliki tekstur ringan dan encer. Sementara itu, saus kacang terbuat dari pasta kacang tanah dicampur minyak kelapa.

Fresh spring rolls ini mengandung sedikit minyak dan lemak, namun rasanya tetap enak. Jangan samakan dengan cha gio atau nem ran karena keduanya justru dimasak menggunakan banyak minyak.

 

  1. Goi tom (shrimp salad)

Makanan Vietnam memang memiliki sedikit kalori. Hanya saja, goi tom lebih rendah dibandingkan kadar kalori pada umumnya.

Berbentuk seperti goi cuon tanpa pembungkus. Salad udang yang dikemas dengan berbagai sayuran serupa mentimun, kubis, serta cabai jalapeno agar sedikit panas. Sajian ini cocok disantap bersama semangkuk nasi ketan.

 

  1. Pho (noodle soup)

Kuah kaldu bening berisi mie, daging, dan rempah-rempah. Pho lebih cocok disantap pada pagi hari. Meski begitu, Anda tetap bisa menikmatinya kapan pun.

Porsinya cukup besar sehingga mengenyangkan. Dipenuhi antioksidan, serat, vitamin, mineral, serta biasanya rendah kalori.

Anda pun bisa meminta pelayan di suatu kedai untuk mengurangi porsi daging agar kadar kalorinya semakin menurun.

 

  1. Chao ga (Vietnamese congee/rice porridge)

asianinspirations

Di banyak negara Asia, hidangan ini kerap diberikan kepada orang yang sakit karena mudah dicerna. Proses pembuatannya dengan menanak nasi dalam waktu lama, yang mana ketika diserap, akan menjadi kuah kental.

Anda bisa menambahkan jamur, kacang-kacangan, daging, ayam suwir, atau bahkan jamu tradisional untuk memperkaya cita rasa.

 

  1. Goi ngo sen (lotus root salad)

Kaya vitamin dan serat, goi ngo sen dapat membantu menjaga sistem pencernaan Anda. Dilengkapi akar teratai yang memiliki berbagai khasiat, misalnya, menurunkan  tekanan darah dan kolesterol.

Dikombinasikan dengan udang, babi, wortel, serta beragam herbal tradisional. Cita rasa yang ditawarkan benar-benar menggugah selera.

 

  1. Gao luc (brown rice)

Makanan satu ini mengandung magnesium yang tinggi dan kaya akan nutrisi. Diolah menggunakan bahan pokok beras merah. Kerap dikukus dan disajikan bersama semur, salad, atau kacang-kacangan.

Anda bisa menemukannya pada hampir setiap rumah makan di Vietnam, termasuk restoran vegetarian.

 

  1. Kho to (clay pot dishes)

burmaspice

Clay pot vish dan clay pot pork merupakan hidangan yang paling umum di Vietnam. Ini karena clay pot (pot tanah liat) memiliki kemampuan yang baik dalam menyerap panas.

Dengan begitu, masakan bisa matang secara merata. Di samping itu, tanah liat mampu berinteraksi dengan keasaman pada makanan dan membantu menyeimbangkan kadar pH.

Anda tidak perlu menambahkan gula karena telah diwakili oleh karamel.

 

  1. Canh chua (Vietnamese sour soup)

Berasal dari wilayah Delta Mekong di Vietnam Selatan. Tomat, nanas, dan taoge ditambahkan ke dalam kaldu. Selain itu, dicampur asam sehingga sup terasa asam.

Anda bisa juga menambahkan ikan dan udang. Agar penampilannya semakin cantik, jangan lupa sertakan bihun serta bawang cincang.

 

  1. Rau muong (stir fried water spinach)

Sajian bayam air yang diaduk bersama bawang putih, kemudian dipasangkan dengan ikan kukus dan semangkuk nasi merah. Bayam dan bawang putih mengandung mineral, vitamin, antioksidan, serta nutrisi lainnya.

 

  1. Fresh fruit

Kebun buah tersebar di seluruh provinsi Vietnam. Anda bisa berwisata, memetik dari pohonnya langsung, dan mencicipi berbagai jenis buah segar. Tentu, ini akan jadi pengalaman yang mengasyikkan, sekaligus tak terlupakan.

 

Betapa banyak makanan menarik di semua wilayah Vietnam. Masing-masing memiliki cita rasa yang khas, dan pastinya, lezat. Namun, jika Anda seorang muslim, jangan lupa mempertimbangkan aspek kehalalan.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.