Travelling Sendirian Juga Asyik, Lho! Intip Fakta-fakta Menarik Ini

Setiap orang butuh liburan supaya tak jenuh dengan kesibukan yang padat tiap harinya, dengan adanya liburan, otak dan tubuh dapat beristirahat sejenak.

Berlibur memang paling seru kalau dilakukan bersama keluarga ataupun teman. Namun tak ada salahnya kalau kamu harus berlibur sendirian.

Saat ini liburan tak harus selalu bersama-sama, sendirian pun bisa dilakukan apalagi sekarang dunia sudah canggih dan aman untuk berwisata sendirian.

Dengan liburan sendirian ini bisa menyenangkan jika direncanakan dengan matang. Berwisata sendiri bisa melatih kemandirian dan mengandalkan diri sendiri saat sedang solo travelling.

 

Fakta menarik liburan sendiri

Berikut fakta menarik tentang liburan sendirian yang kamu jadikan rujukan untuk menyusun rencana berlibur.

 

1. Alasan kita butuh liburan sendiri

Solo travelling memiliki banyak manfaat dan pastinya menyenangkan serta mengesankan. Sebab, berlibur merupakan aktivitas yang diperlukan untuk dilakukan secara berkala.

Banyaknya tugas dan pekerjaan sampai sulit bertemu untuk merencanakan liburan bersama menjadikan salah satu alasan ber-solo travelling.

Atau mungkin kamu sedang mengalami patah hati dan ingin menyegarkan pikiran serta hati dengan melakukan solo traveling sendiri.

Selain itu, kamu bisa membebaskan diri kamu dari gosip yang tidak mengenakkan sehingga membuat stres.

Dan terpenting lagi, kamu bisa mengasah kemampuan dan keberanian untuk menjelajah tempat baru agar lebih mandiri. Tentunya semakin menguatkan untuk berani melakukan solo travelling.

 

2. Manfaat liburan sendiri

Berbagai kelebihan yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan solo travelling adalah lebih hemat.

Kalau liburan sendiri, kamu bisa menghemat dan bisa ditekan untuk biaya makan, transportasi. Manfaat lainnya adalah bertemu banyak orang baru dan tentunya kamu mungkin menemukan teman baru juga lho.

Selain itu kamu akan merasa bebas dan damai karena ber-solo travelling tak perlu perdebatan dan nggak enak-nggak enakan.

Dengan bersolo traveling kamu jauh bisa mengenal dirimu jauh lebih baik lagi dan berlatih untuk lebih percaya diri serta belajar keputusan sendiri.

 

3. Cara dan tips liburan sendiri

Dibutuhkan persiapan yang banyak dan matang untuk melakukan solo travelling. Pertama menyiapkan mental dan percaya diri untuk keluar dari zona nyaman.

Pastikan kamu sudah memilih tempat yang aman untuk bersolo travelling, dengan melakukan survey lokasi dulu melalui internet.

Dan usahakan melakukan pemesanan tempat jauh-jauh hari agar terhindar dari hotel yang full booked. Catat semua pengeluaran dan jangan lupa membawa uang tunai.

baca juga:

Cepet Dibooking! 6 Tempat Merayakan Tahun Baru 2020 di Bali Paling Populer

4. Destinasi yang bisa kamu kunjungi saat ber-solo traveling

● Yogyakarta

Kota ini tak bisa kamu lewatkan untuk destinasi traveling baik sendirian maupun dengan keluarga karena sudah terbukti aman dan ramah bagi traveler.

Apalagi penduduknya dikenal ramah dan siap membantu wisatawan ketika dimintai pertolongan dan siap menjawab semua pertanyaan yang diajukan wisatawan.

Alasan lainnya, karena akses transportasi yang mudah dan bisa naik bus, kereta api maupun pesawat untuk menuju tempat ini.

Nah, jika sudah sampai Yogyakarta kamu bisa berkeliling naik Trans Jogja, becak atau delman. Atau mungkin menyewa sepeda motor untuk berkeliling ke tempat wisata Jogjakarta.

Masalah penginapan pun di Jogja cukup beragam tergantung budget liburan kamu. Ditambah lagi makanan khas Jogja wajib dicoba karena aneka ragam makanan tradisional jogja yang ramah di kantong.

Untuk wisata kuliner, cobalah Soto Sulung Stasiun Tugu, Lesehan Pari Gogo, Kampung Bakpia Patuk dan masih banyak lainnya.

Pilihan destinasi wisata pun banyak banget pilihannya, kamu yang suka sejarah bisa mampir ke keraton jogja, museum benteng vredeburg dan istana air taman sari.

Nah untuk yang suka wisata alam, kamu bisa melipir ke bagian selatan atau Kidul Jogja.

 

● Bali

Pulau Dewata merupakan salah satu tempat solo traveling yang nyaman, dan tidak merasa kesepian karena di Bali banyak turis dalam dan luar negeri yang melakukan solo travelling. Disini kamu bisa membuka lebar pertemanan baru.

Di Bali kamu bisa melakukan apapun, mulai dari menjelajah pantai yang cantik, yoga di Ubud dan menikmati suasana damai khas Ubud.

Bisa juga kamu menyusuri gang-gang unik yang ada di Bali. Masalah transportasi tak perlu bingung lagi, karena Bali bisa dijangkau baik melalui jalur udara, darat dan laut.

Ketika sampai Bali pun kamu bisa menyewa motor karena lebih fleksibel untuk mengunjungi tempat satu ke tempat lainnya.

Untuk penginapan pun beragam tergantung budget yang kamu keluarkan. Kamu ingin liburan khas resort pun bisa atau liburan ala backpacker bisa menginap di hostel.

 

● Bandung

Kota Bandung atau biasa disebut Paris van Java wajib masuk list tujuan kamu saat ber-solo travelling karena nyaman dengan udara sejuk dan berkesan asri.

Bandung memiliki tempat wisata yang sayang dilewatkan apalagi keamanan terjamin selama ber-solo travelling.

Jelajahi indahnya Bandung dari Museum Geologi sampai Trans Studio Bandung. Sempatkan mengunjungi Saung Angklung Udjo dan Paskal Food Market yang tenar dan taman kota yang nggak bisa kamu lewatkan begitu saja.

Apalagi berjejer factory outlet yang bisa kamu borong dengan harga yang bersahabat.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.