Tips Traveling Libur Panjang Akhir Tahun

Banyak wisatawan yang kerap memilih berlibur saat liburan panjang kerap sekali menjadi kesulitan tersendiri karena waktu libur yang sama dan ramai.

Selain itu harga tiket akan menjadi bertambah mahal dan semakin sulit untuk menemukan akomodasi dengan harga yang rendah.

Hal seperti ini biasanya terjadi ketika libur panjang akhir tahun datang dan para wisatawan ingin melepaskan penat setelah bekerja selama satu tahun.

Bayangkan, bagaimana rasanya ketika harus menikmati momen liburan yang begitu ramai di berbagai destinasi wisata yang kamu kunjungi.

Bukan menambah kegembiraan dan ketenangan malah menambah kekesalan karena tidak bisa menikmati perjalanan secara maksimal. Nah berikut ini beberapa tips traveling saat libur panjang yang bisa kamu terapkan :

 

1.   Pilih tanggal keberangkatan

Banyak orang memilih berangkat liburan satu hari sebelumnya hanya demi dapat jatah libur lebih lama sehingga pas hari tersebut banyak bandara dan stasiun kereta api jadi membludak dan berdesak-desakan.

Maka sebaiknya berangkat tepat saat tanggal libur atau sehari setelahnya karena biasanya tidak terlalu ramai dengan wisatawan yang hendak pergi dan membuatkan kita lebih santai untuk melakukan perjalanan.

 

2.   Penuhi baterai

Semua alat tempur liburan seperti tablet, laptop, smartphone, kamera digital di-charge dalam kondisi penuh daya baterainya sebelum bepergian.

Karena gadget mampu membantu mengurangi kebosanan saat melakukan perjalanan terutama bila tujuanmu ke luar negeri.

Lebih lagi kalau libur ke negara empat musim, di akhir tahun cuaca cenderung ekstrim sehingga tak menutup kemungkinan pesawat delay. Jangan lupa bawa charger portable agar bisa mengisi ulang baterai dimanapun.

 

3.   Gunakan Pakaian yang Nyaman

Pakai lah pakaian yang nyaman, karena pakaian merupakan hal yang penting apalagi kalau kamu liburan yang memiliki empat musim.

Dan biasanya akhir tahun bertepatan dengan musim dingin. Bawa lebih banyak jaket, mantel atau baju yang lebih tebal lagi agar tidak kedinginan saat berpariwisata.

 

4.   Berkemas

Aktivitas wajib saat berlibur dan menantang adalah berkemas. Terlebih lagi bila kamu akan berlibur dalam waktu lama, sehingga kamu harus punya trik untuk memasukkan barang dalam koper.

Caranya kemasi pakaian dengan cara menggulung baik itu t-shirt, kemeja atau jeans. cara ini mampu menghemat ruang di dalam koper.

 

5.   Pilih transportasi yang aman

Karena saat liburan panjang akhir tahun banyak orang, tak heran akan semakin sulit untuk mencari transportasi. Jadi carilah kendaraan yang aman sampai ke tempat hotel.

Namun apabila kamu ingin berjalan kaki menuju hotel, pilihlah jalan yang masih ramai dan tidak gelap saat berjalan.

 

6.   Rangkum Itinerary kamu

Setelah tahu kapan berangkat dan destinasi, sebaiknya kamu rangkum itinerary sehingga memudahkan perjalanan.

  • Cari tahu dan pahami lebih dulu tentang informasi destinasi wisata yang kamu datangi lalu catat tempat wisata mana saja yang hendak didatangi
  • Susun acara liburan kamu beserta biaya yang dibutuhkan. Jabarkan dengan lengkap & jelas setiap kegiatan selama liburan agar kamu memanfaatkan waktu yang tepat
  • Susun budget kamu mulai transportasi, makan, dan biaya yang tidak terduga.

baca juga:

Travelling ke Luar Negeri, Cara Cerdas Berkemas Hanya Membawa Satu Tas

 

7.   Perhatikan makanan yang kamu pilih

untuk menghemat uang saku sebaiknya kamu berhemat dengan memilih makanan di pinggir jalan, apalagi makan nggak cuma sekali. Carilah warung makan lokal yang murah meriah atau angkringan yang selalu ada banyak di kota indonesia.

Kalau tujuan wisata kamu ke luar negeri, sebaiknya perhatikan bahan apakah bisa dimakan olehmu. misalnya kamu tidak boleh makan daging babi cari tempat makan yang menjual makanan halal.

 

8.   Jangan masuk ke tempat wisata yang mahal

Mengeluarkan uang untuk masuk ke tempat wisata mahal sangat merugikan selain membuang uang kamu. Nah kalau kamu ingin berfoto, foto saja di depan gerbangnya karena orang juga nggak tau apakah kamu masuk ke dalam apa tidak.

 

9.   Akses Wisata Gratis

Banyak kok tempat wisata yang tidak memungut biaya mahal bahkan ada yang gratis. kamu hanya perlu pintar memilih mana wisata gratis atau masuk ke wisata mahal. Jika kamu ingin ke tempat wisata mahal, cukup foto di sekitarnya.

 

10.                Melihat pemandangan saat di perjalanan

Walaupun perjalanan cukup panjang & melelahkan, menikmati pemandangan yang ada disekitar bisa lho membuat suasana lebih ceria dan menenangkan.

Capek pun menghilang! Apalagi kalau perjalanan yang dilewati dipenuhi pemandangan alam bikin pikiran tambah fresh dan menemukan hal baru dari tempat yang dilewati sebelum tiba di kota tujuan bahkan kamu bisa memotret ala street photography.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.