Panduan Bepergian Menggunakan Pesawat Domestik Selama Pandemi

Bagi masyarakat yang sering bepergian dari pulau besar satu ke pulau lain di luar domisilinya saat ini, pemakaian pesawat barangkali sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupannya.

Sebelum itu, perlu dipahami transportasi domestik berarti tujuan penerbangan masih berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Agar perjalanan Anda tidak terhambat selama masa pandemi seperti sekarang, ada baiknya menyimak panduan di bawah ini.

 

  1. Siapkan surat keterangan bebas covid-19 dari instansi terpercaya.

Jika Anda ingin dinyatakan lolos saat melewati pemeriksaan kelengkapan administrasi oleh petugas bandara, pastikan telah menyiapkan surat keterangan bebas Covid-19 dari instansi terpercaya.

Keterangan tersebut bisa dalam bentuk hasil pemeriksaan tes rapid antigen dan/atau hasil pemeriksaan melalui tes swab. Jika tidak membawa berkas penting satu ini, siap-siap saja perjalanan Anda terhambat.

Petugas bandara tidak akan mengizinkan calon pemumpang yang tidak melampirkan surat keterangan bebas Covid-19 dengan alasan apa pun.

Tidak ada toleransi entah itu karena lupa, lalai, belum mengetahui informasinya, atau alasan lainnya.

Semua calon penumpang pesawat harus melengkapi berkas administrasi yang diprasyaratkan sejak awal ketika era kelaziman baru diberlakukan.

Untungnya, di sejumlah bandara saat ini telah menyediakan fasilitas tes rapid antigen atau tes swab untuk membantu calon penumpang.

Hanya saja, biaya pemeriksaan yang harus Anda bayar kemungkinan besar akan jauh lebih mahal dibandingkan jika melakukannya di rumah sakit sebelum jatuh tempo keberangkatan.

Selain untuk menghemat biaya, Anda pun bisa menuju ruang tunggu lebih cepat dan perjalanan Anda tidak perlu mengalami hambatan karena masalah administrasi.

 

  1. Gunakan sarung tangan latex atau minimalisir sentuhan terhadap benda di sepanjang perjalanan.

Ini merupakan salah satu hal yang kerap kita lupakan dan memang agaknya sedikit sulit untuk diimplementasikan.

Padahal, sifat virus Corona mudah dan cepat menyebar melalui perantara berbentuk fisik. Untuk alasan keamanan, alangkah baiknya Anda menggunakan sarung tangan latex ketika ingin bepergian dengan pesawat.

Pasalnya, di bandara Anda akan bertemu banyak orang, duduk di tempat yang pernah digunakan oleh calon penumpang lain, mungkin juga sering bolak-balik ke kamar mandi lantas menyentuh peralatan di sana, dan masih terdapat beragam kemungkinan kontak fisik lainnya.

Disarankan memakai sarung tangan yang terbuat dari latex karena ini tidak akan menghalangi gerak Anda. Teksturnya yang fleksibel seperti karet memungkinkan pemakai tetap bisa menggerakkan tangan sepuasnya.

Bagaimanapun juga, Anda pasti butuh menggenggam smartphone, menyeret koper jika ada, menurunkan dan mengankat benda tertentu, dan masih banyak lagi.

Namun, jika Anda merasa malas dan kurang nyaman memakai sarung tangan lateks, tak mengapa untuk membiarkan tangan tetap seperti biasa.

Hanya saja, usahakan tetap meminimalisir sentuhan terhadap barang apa pun di luar milik pribadi. Di samping itu, jangan lupa membawa serta hand sanitizer untuk membersihkan tangan dengan desinfektan setiap kali habis menyentuh sesuatu yang diragukan keamanannya.

 

baca juga:

4 Tempat Belanja Murah di Seoul, Bisa Borong Oleh-oleh

 

  1. Usahakan membawa barang seminimal mungkin.

Apabila Anda bepergian dalam rangka mudik lebaran atau kebutuhan jangka panjang lainnya, usahakan barang yang dibawa hanya berjumlah sedikit.

Dalam hal ini, cukup dikemas dalam satu tas ransel atau koper saja. Kemaslah barang bawaan Anda seminimalis mungkin sehingga bisa dimasukkan dalam sebuah wadah, di mana wadah tersebut bisa dibawa serta ke atas kabin pesawat, tidak harus diletakkan di bagasi.

Pasalnya, di bagasi barang-barang Anda akan disatukan dengan barang milik penumpang lain. Kita tidak pernah tahu apakah semua barang ini bebas virus Corona atau tidak, karena itu sebaiknya hindari menitipkan bawaan ke bagasi demi keamanan.

Cara lainnya sebagai upaya pencegahan, bungkuslah tas Anda dengan plastik pembungkus. Memang akan sedikit merepotkan, tetapi ini masih lebih aman dibandingkan berpasrah sama sekali tanpa melakukan usaha apa-apa.

 

Harus diakui, bepergian menggunakan pesawat di tengah pandemi seperti ini memang cukup merepotkan. Kita yang biasanya bisa melenggang dengan bebas, kini berubah dihantui rasa cemas. Karenanya, butuh penyikapan berbeda menghadapi situasi yang demikian.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.