3 Minuman Herbal Handmade yang Dapat Meningkatkan Imun

 

Adanya pandemi Covid-19 di seluruh dunia, kamu perlu melindungi diri dengan menjaga jarak dari dan tetap berdiam di rumah saja. Selain menghindari kontak bersama orang lain, kamu juga harus menjaga kesehatan termasuk diet yang terdiri dari makanan atau minuman penguat sistem kekebalan tubuh.

Jika sedang kesulitan menemukan makanan sehat yang rasanya enak sekaligus mudah dibuat di rumah, jangan terlalu khawatir. Kamu kini bisa mencoba enam minuman herbal tradisional Indonesia yang lezat, sederhana, sekaligus bergizi di bawah ini.

  1. Jamu Kunyit Asem

Jamu khusus ini terbuat dari campuran akar kunyit dan asam jawa yang mampu bertindak sebagai analgesik atau pereda nyeri, antiinflamasi, antipiretik atau pencegahan dan penurun demam, serta obat penenang.

Manfaat jamu kunyit asem antara lain bertindak sebagai menurunkan berat badan, antioksidan, meredakan nyeri haid, serta menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Adapun cara membuatnya cukup gampang, namun kamu perlu menyiapkan bahan-bahan khusus.

Beberapa material utamanya yaitu 400 gram kunyit segar yang sudah tua, 100 gram asam jawa, 250 gram gula aren, 100 ml air hangat untuk merendam asam jawa, serta 2 liter air. Setelah semua bahan siap, ambil dan rendam asam jawa ke dalam air hangat, peras lalu sisihkan.

Panggang kunyit segar sampai kecoklatan. Kupas kulitnya, kemudian bersihkan kunyit yang sudah dikupas dan potong berbentuk dadu. Selanjutnya, blender kunyit menggunakan 500 ml air. Campur air asam jawa dan kunyit beserta sisa air di panci.

Rebus hingga panas, kemudian tambahkan gula aren. Aduk rata dan rebus kembali hingga panas. Setelah itu, matikan api serta dinginkan hasil olahan tersebut. Jamu siap diminum setelah disaring ke dalam gelas.

  1. Jamu Beras Kencur

Ramuan tradisional yang terdiri dari berbagai campuran bahan alami. Seperti madu, susu, daun, kulit kayu, bunga, biji, dan bahkan kadang ditambahkan telur. Adapun jamu khas satu ini terbuat dari jahe aromatik, campuran beras, serta gula aren.

Tidak hanya kandungan gizinya saja, jamu beras kencur juga menghasilkan rasa yang lezat. Manfaat jamu beras kencur antara lain menjaga gula darah tetap stabil, meredakan batuk berdahak, meningkatkan nafsu makan anak, mempercepat pemulihan pasca melahirkan, serta meredakan diare.

Jika ingin membuatnya di rumah, kamu harus menyiapkan sejumlah bahan di antaranya 100 gram gula pasir, 1 sendok teh garam, 200 gram beras yang direndam semalaman, 1 sendok makan asam jawa, 100 gram jahe aromatik, 2 potong jahe, 200 gram gula aren, dan 1,5 liter air.

Cara membuatnya yaitu masukkan semua bahan kecuali nasi ke dalam panci. Rebus selama kurang lebih 15 menit hingga panas. Jika selesai, sisihkan dan saring. Tambahkan campuran yang telah disaring bersama dengan nasi ke dalam blender. Aduk rata dan saring sekali lagi ke dalam gelas sebelum dikonsumsi.

 

baca juga:

Serba-Serbi Yerba Mate, Minuman Penuh Nutrisi

 

  1. Jeniper

Jeniper adalah singkatan dari jeruk nipis peras. Seperti namanya, minuman herbal sederhana ini terbuat dari perasan jeruk nipis yang biasanya dicampur bersama sedikit madu atau biji-bijian. Seperti yang kamu ketahui, jeruk nipis sangat baik untuk kesehatan karena bisa merevitalisasi kulit.

Tidak hanya itu,jeruk nipis juga mampu meningkatkan pencernaan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjaga kadar gula darah tetap utuh, mengurangi risiko masalah jantung, membantu menurunkan berat badan, memperkecil risiko kanker, mencegah dehidrasi, serta meminimalkan masalah peradangan.

Beberapa bahan yang perlu kamu siapkan yaitu 1 buah jeruk nipis, 500 ml atau air, 1 sendok gula pasir, serta madu tetapi sifatnya opsional. Tentu, langkah paling awal adalah memanaskan air. Kemudian, potong jeruk nipis, lalu peras ke dalam cangkir kaca melalui saringan.

Setelah itu, tambahkan 1 sendok gula pasir. Tuangkan air hangat ke dalam gelas kaca. Agar rasanya lebih mantap, sempurnakan dengan madu sesuai keinginanmu.

Mudah bukan membuat minuman herbal di rumah sendiri? Untuk memenuhi kebutuhan bahan-bahannya, manfaatkan layanan pesan antar daring, hindari bepergian keluar jika tidak mendesak. Kurangi aktivitas alam, jaga kesehatan dengan konsumsi produk herbal handmade.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.