Jaga Silaturahmi dengan Komunikasi Virtual

Dua tahun berselang sejak kita menjalani Ramadan di tengah pandemi, rasa rindu kepada sanak saudara barangkali sudah menumpuk karena tak bisa saling berjumpa secara langsung.

Anjuran pemerintah untuk tidak mudik sekaligus adanya rasa khawatir akan tertular virus merupakan alasan yang cukup untuk membuat kita berdiam di rumah saja.

Untungnya, sekarang kita bisa tetap mengeratkan silaturahmi lewat komunikasi virtual menggunakan aplikasi berikut ini.

 

  1. Telegram

Telegram memfasilitasi pengguna untuk melakukan panggilan video, di mana percakapan akan dilindungi oleh enkripsi dari ujung ke ujung.

Cara memulainya mudah saja, kita hanya perlu memilih kontak yang ingin dihubungi. Setelah itu, klik tombol titik tiga di sudut kanan atas dan pilih menu Video Call. Selanjutnya, kita bebas mengobrol sesuka hati.

 

  1. WhatsApp

Aplikasi satu ini tentunya sudah diketahui oleh seluruh masyarakat, kepopulerannya berhasil menduduki peringkat teratas sebagai aplikasi perpesanan instan di Indonesia.

Tidak hanya memfasilitas pengguna untuk saling berkirim pesan dan rekaman suara, WhatsApp juga menyediakan fitur panggilan video. Hanya saja, berlaku ketetapan maksimal 8 orang per sesi.

Cara memulainya dengan menekan menu Video Call pada ruang chat kontak yang dituju. Untuk menambahkan pesertanya, kita tinggal mengeklik fitur add di bagian pojok kanan atas saat panggilan pertama sedang berlangsung.

Begitu seterusnya hingga mencapai limit maksimal 8 kontak. Menariknya, WhatsApp telah memfasilitas panggilan video melalui dekstop, tak hanya sebatas smartphone lagi.

 

  1. Google Meet

Berbeda dengan aplikasi perpesanan instan, Google Meet memang dibuat atas tujuan melayani video konferensi.

Sejak badai pandemi masuk ke Indonesia, penggunanya semakin meningkat karena memang digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari rapat, pembelajaran, atau bahkan sekadar bercakap-cakap ringan.

Dalam rangka menjaga silaturahmi selama lebaran, aplikasi ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat jika ingin berkomunikasi secara beramai-ramai. Pasalnya, untuk satu kali sesi konferensi bisa menampung sampai maksimal 100 orang.

Belum lagi, beredar kabar bahwa Google menggratiskan pertemuan virtual selama 24 jam penuh hingga tanggal 30 Juni 2021 mendatang.

Karena itu mumpung sekarang masih suasana lebaran dan pemakaiannya digratiskan, tak ada salahnya mengadakan reuni lewat Google Meet.

 

  1. Signal

Setelah muncul kontroversi kebijakan privasi WhatsApp, Signal hadir sebagai salah satu solusi alternatif yang naik daun pada awal tahun 2021 lalu.

Walau fiturnya tidak jauh berbeda dengan aplikasi lain serupa Telegram dan WhatsApp, tetapi perlindungan privasi pengguna di sini sangat diutamakan.

Semua jenis interaksi melalui panggilan video maupun suara menawarkan perlindungan enkripsi dari ujung ke ujung.

Cara memulai panggilan video di Signal cukup dengan memilih kontak yang dituju, kemudian mengeklik ikon kamera di pojok kanan atas layar. Jauh sebelum itu, berikan izin akses kamera dan mikrofon terlebih dahulu.

 

  1. FaceTime

Aplikasi ini hanya diperuntukan kepada pengguna produk Apple, baik itu iPad, iPod Touch, maupun iPhone. Dalam satu sesi video konverensi, FaceTime mampu menampung maksimal 32 orang.

Cocok digunakan untuk bertemu secara virtual dengan kawan sepermainan atau mungkin melaksanakan reuni dengan teman sekelas di masa sekolah.

 

  1. Skype

Skype sudah terkenal sebagai aplikasi penghubung video konferensi sejak lama, sebelum memasuki pandemi seperti sekarang.

Bahkan, Skype lebih dahulu dikenal jauh sebelum lazimnya penggunaan aplikasi perpesanan instan dan platform konferensi lain seperti Google Meet.

Dikembangkan oleh Microsoft dan mampu menampung maksimal 25 orang dalam satu kali sesi pertemuan.

Kita dapat mengakses Skype melalui berbagai macam perangkat elektronik antara lain smartphone, laptop, PC, bahkan televisi.

Tentu, ini merupakan keunggulan tersendiri bila dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Tidak hanya itu, kita dapat pula melakukan percakapan berbasis teks secara berkelompok maupun individu.

Serta, memberikan layanan panggilan suara premium melalui telepon rumah atau nomor ponsel pribadi.

Barangkali, kita harus berterima kasih kepada para pengembang software karena telah menciptakan beragam kemudahan demi menunjang komunikasi jarak jauh.

Perkembangan internet berhasil membuat keterbatasan ruang dan waktu seolah menjadi tak berarti.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.