Etika yang Harus Dijaga Ketika Menginap di Hotel

hotel

Liburan barangkali memang bisa jadi waktu untuk melepas penat, tetapi bukan berarti Anda boleh melupakan sopan santun selama menginap di hotel.

Tidak terlalu sulit untuk menjadi tamu hotel yang baik, tetapi ada banyak pelancong yang sepertinya masih belum bisa melakukannya dengan benar. Meskipun Anda berhak atas pengalaman terbaik selama menginap di hotel, penting juga untuk diingat bahwa tamu lain juga menginap di hotel.

Agar semua orang merasa nyaman, berikut adalah etika yang semestinya dijaga bersama.

  1. Cobalah untuk tidak membuat kebisingan yang tidak perlu

Untuk menjadi tamu terbaik di sebuah hotel, maka harus selalu ingat bahwa Anda tidak akan pernah menjadi satu-satunya yang tinggal di sana. Penting untuk selalu memperhatikan tamu lain, dan ini sering berarti membuat kebisingan sesedikit mungkin.

Pasti akan ada situasi di mana Anda tidak dapat mengontrol kebisingan yang ada. Misalnya, jika memiliki bayi yang menjerit, tidak selalu banyak di mana Anda punya pilihan untuk mengatasinya. Namun ada suara-suara yang bisa dikendalikan, seperti musik bersuara kencang atau teriakan.

  1. Bersikap sopan kepada staf

Bersikap sopan kepada staf yang bekerja di sebuah hotel sangatlah penting. Ini bisa sangat membuat frustrasi jika hotel membuat kesalahan tetapi berpikir dua kali sebelum melampiaskan frustrasi Anda kepada staf.

Jika Anda memiliki keluhan, bersikaplah sesopan mungkin. Anda barangkali akan menemukan bahwa sebuah masalah dapat diselesaikan jauh lebih cepat jika membiasakan sikap sopan dan rasa hormat.

  1. Selalu isi survei setelah menginap

Sebagian besar hotel akan mengirimkan email berisi survei singkat untuk diselesaikan setelah seseorang menginap. Penting untuk mengisi ini karena Anda akan membantu tamu di masa depan dalam jangka panjang.

Jika ada sesuatu yang tidak disukai, survei adalah tempat paling pas saat ingin mengatakannya. Dengan menawarkan informasi ini, Anda memberi hotel kesempatan untuk meningkatkan pelayanan di area yang membutuhkan perhatian.

Terkadang, mungkin ada hadiah setelah mengisi survei. Barangkali pula akan menemukan bahwa Anda sedang dalam proses untuk memenangkan voucher gratis menginap di hotel tersebut usai memberikan umpan balik.

 

baca juga:

Serba Baru, Ini 4 Keuntungan Menginap di Hotel Baru Dibuka

 

  1. Jaga properti hotel

Meskipun properti di hotel bukan milik pribadi, tamu harus memperlakukannya seolah-olah itu milik mereka. Ini berarti selalu menghormati dan berhati-hati dengan properti hotel. Tamu terburuk adalah mereka yang sengaja membuang perabot dan peralatan hotel atau hanya sembrono dengannya.

Seringkali, ada hukuman untuk perilaku semacam ini. Anda mungkin harus membayar denda, atau bahkan menghadapi tuntutan lain jika melakukan cukup banyak kerusakan pada kamar hotel. Tetapi bahkan jika tidak ada, masih sangat tidak sopan merusak properti yang bukan milik Anda sendiri.

  1. Gantung handuk yang tidak perlu diganti

Tentu, sebuah hotel akan memiliki cukup banyak handuk bersih untuk membawakan Anda banyak handuk setiap hari. Namun, bukan berarti tidak boros.

Jika selalu meminta handuk baru dengan meninggalkan handuk di lantai, Anda menciptakan pekerjaan yang tidak perlu bagi staf. Lalu, secara tidak langsung juga turut membuang-buang sumber daya yang diperlukan untuk mencuci handuk dan menyerahkannya kepada Anda.

Sebaliknya, jika tidak membutuhkan handuk baru, ingatlah untuk menggantungnya agar petugas kebersihan tahu bahwa Anda tidak perlu menggantinya. Ini juga akan membuat kamar mandi Anda tidak tampak terlalu berantakan!

  1. Hindari mengantongi terlalu banyak makanan dari sarapan

Kita semua telah melakukannya. Ketika Anda dihadapkan dengan tampilan makanan lezat yang melimpah, sangat sulit menolak mengambil beberapa roti gulung atau croissant tambahan dan memasukkannya ke dalam tas untuk disantap nanti.

Satu-satunya masalah dengan ini adalah jika Anda mengambil terlalu banyak, itu bisa berarti tidak cukup untuk tamu hotel lainnya. Tentu saja, ini akan tergantung pada ukuran hotel dan sarapan yang ditawarkan.

Tidak apa-apa untuk membawa satu atau dua hal untuk disimpan nanti, tetapi jangan menjadi orang yang meninggalkan sarapan dengan mengambil banyak makanan di tangan Anda. Itu tampak norak dan terkesan tidak peduli pada tamu lain.

Itulah beberapa etika yang harus diterapkan oleh siapa saja ketika menginap di hotel. Jangan sampai menjadi tamu terburuk karena melewatkan sopan santun!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.