Backpacker ke Karimun Jawa Rame-rame, Siapa Takut! Simak Tips Penting Ini

Ingin berlibur di wilayah pantai? Cobalah untuk berlibur ke Karimunjawa. Karimunjawa adalah sebuah kepulauan yang ada di Laut Jawa.

Terdiri dari pulau-pulau kecil yang berbentuk kepulauan dengan pantai-pantai yang sangat mempesona. Karimunjawa sendiri masuk ke wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Jadi tunggu apalagi rencanakan liburanmu untuk berpelesiran ke Karimunjawa. Nah berikut ini beberapa tips asyik dan menyenangkan untuk berlibur ala backpacker di Karimunjawa.

 

Pilih transportasi termurah

adrianrahman911

Kepulauan ini berada di Jepara, dan untuk menuju Karimunjawa, kamu bisa naik kereta api. Namun kamu tidak akan bisa langsung turun ke Jepara karena kabupaten ini tidak memiliki stasiun kereta api.

Jadi kamu harus naik kereta api dan turun ke Stasiun Semarang Poncol. Setelah sampai di Semarang lanjutkan dengan naik bus menuju Jepara dan menyebrang ke Karimun Jawa dengan kapal yang sudah terjadwal.

 

Hindari pergi saat musim hujan

limakaki

Jangan berkunjung ke Karimun Jawa saat musim hujan karena akan mengakibatkan perjalanan yang sia-sia dan banyak kapal yang tidak berani menyebrang ke Karimun Jawa. Puncak dari musim hujan terjadi pada Januari – Februari. Jadi berkunjunglah saat bulan April – September.

 

Usahakan tidak solo backpacker

backpackerjakarta

Mungkin kamu butuh me time atau waktu liburan sendiri, namun ketika kamu memutuskan untuk solo backpacker sebaiknya tidak memilih bepergian sendirian karena harga sewa alat transportasi di Karimunjawa cukup mahal.

Maka ada baiknya datang ke Karimun Jawa secara rombongan. Setidaknya bawalah 4 orang teman untuk berlibur ke tempat ini, sehingga kamu bisa patungan untuk menyewa kapal atau mobil.

 

Pilih homestay sebagai tempat menginap

agenwisatakarimunjawa

Berlibur ke Karimun Jawa berarti kamu harus menghemat budget dan alternatif penginapan murah di Karimunjawa adalah homestay atau rumah penduduk yang disewakan untuk wisatawan.

 

Mencari makanan yang murah

blogspot

Berhati-hatilah saat membeli makanan di Karimunjawa karena tak semua warung kaki lima menjual makanan dengan harga yang murah meriah bahkan ada beberapa warung yang justru menjual makanan dengan harga yang mahal.

Ketika memilih untuk backpacker ke KarimunJawa, kamu harus cerdas memilih makanan murah. Lebih baik kamu tanya dulu harganya sebelum memesan makanan.

Namun ada beberapa homestay yang menyediakan paket makanan rumah dengan harga yang jauh lebih bersahabat.

 

Bawa uang tunai secukupnya

freepik

Karena mesin ATM di Karimunjawa hanya satu, bisa dipastikan akan banyak yang menarik uang tunai begitu berada di Jepara.

Jadi sebelum berangkat ke Jepara ambil uang tunai secukupnya dan sediakan juga pecahan ketika hendak memulai perjalanan di Karimunjawa.

 

Wajib snorkeling di Karimunjawa

blogspot

Snorkeling merupakan hal wajib ketika memutuskan untuk berlibur di Karimunjawa. Karena alam bawah laut

Karimunjawa sangat indah dan terdapat berbagai jenis ikan cantik serta terumbu karang yang berwarna-warni berada di dasar laut.

Ditambah lagi air laut yang biru kehijauan dan nampak jernih, kamu akan melihat ikan-ikan yang ada di laut dan berenang bersama mereka.

 

baca juga:

Liburan Longtrip Akhir Tahun, Ide Segar di Tengah Pandemi

 

Jangan lewatkan sunset di pantai Ujung Gelam

trekearth

Sunset di pantai Ujung Gelam ini begitu indah, dan kamu akan menyaksikan pemandangan matahari terbenam di semua pantai yang ada di Karimunjawa.

Karena sebagian besar pantai Karimunjawa selalu menawarkan pasir putih yang bersih. Pantai Ujung Gelam ini memiliki ombak laut yang tenang dan pasir putih yang bersih.

 

Trekking santai di Hutan Mangrove

blogspot

Puas mengeksplor keindahan laut dan pantai yang ada di Karimunjawa, berarti kamu harus menjelajahi hutan mangrove yang ada di kepulauan ini.

Disini kamu bisa trekking santai di atas jalan yang terbuat dari kayu, ditambah udara yang sejuk dan kicauan burung yang selalu menemani kamu menyusuri jalan di hutan ini.

 

Bawa perlengkapan pribadi

tempo

Jangan berharap ada minimarket di Karimunjawa, jadi sebaiknya kamu menyiapkan perlengkapan pribadi dari rumah.

Di Karimunjawa pun kalau hendak belanja, kamu harus ke toko kelontong, dimana harga barang yang dijual di toko-toko kelontong jauh lebih mahal. Dan jangan lupa bawa obat-obatan pribadi untuk berjaga-jaga.

 

Nah itu tadi beberapa tips ala backpacker ke Karimun Jawa. Namun apabila kamu masih ingin ber-solo backpacker.

Maka kamu harus mencari teman untuk bergabung dengan backpacker lainnya yang hendak menyewa kendaraan disana. Itung-itung kamu memperoleh teman baru ketika petualanganmu dimulai.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.