9 Hal yang Cuma Bisa Dimengerti Kalau Punya Teman Jepang

 

Salah satu hal terbaik yang bisa diperoleh ketika tinggal di kota besar berskala internasional adalah peluang berteman dengan orang-orang dari seluruh dunia.

Ketika kumpulan kawan Anda terdiri dari orang-orang cerdas, mandiri, dan berbakat dari setiap negara, besar kesempatan untuk belajar sesuatu yang baru setiap hari. Secara khusus, berikut adalah apa yang akan Anda pelajari ketika memiliki teman dari Jepang.

  1. Bagaimana menggunakan purikura seperti pro

gstatic.com

Mesin purikura Jepang terlihat seperti bilik foto dengan steroid. Serta tersedia efek khusus yang mampu membuat mata Anda lebih besar, stylus digital untuk mendekorasi foto bersama kilauan dan tambahan teks sebelum dicetak. Hal ini sudah populer di Jepang jauh sebelum filter wajah serupa milik Instagram ada.

  1. Semua slang terbaik

Jika dipikirkan lebih jauh, memiliki sahabat yang berbicara menggunakan bahasa lain mungkin merupakan cara termudah untuk menambah hafalan kosakata baru.

Tentu, itu harus dilakukan dengan menghabiskan cukup waktu bersama. Tinggal menunggu waktu hingga menemukan bahwa diri Anda mulai banyak berbicara dalam bahasa baru.

  1. Mendapat aksesori ponsel yang serasi

Aksesori ponsel yang populer dikenal sebagai “tali keitai berpasangan”, ini merupakan jimat ponsel yang serasi. Berlaku tidak hanya untuk pasangan, tetapi di Jepang, sesama sahabat juga menggunakan aksesori ponsel tersebut dengan pesona yang serasi, seperti kembaran.

Alih-alih berbagi kalung yang mirip, orang Jepang lebih sering menggunakan aksesori lucu untuk menunjukkan kedekatan mereka.

  1. Jangan dotakyan

Dalam budaya di Indonesia mungkin umum untuk membuat komitmen santai ke pesta dan acara sosial lainnya, lalu membatalkannya pada menit terakhir atau memutuskan tidak datang.

Sementara dalam budaya Jepang, tindakan semacam itu dinilai sangat kasar. Ini disebut sebagai dotakyan, akronim dari dotanba (menit terakhir) dan kyanseru (pembatalan).

Pasalnya, komunikasi orang Jepang jauh lebih tidak langsung dan konfrontatif daripada komunikasi di Indonesia, sehingga dotakyan pada dasarnya dimaksudkan untuk mengungkapkan ketidaktertarikan Anda dalam suatu hubungan.

Dengan kata lain, itu merupakan cara pintas jika Anda ingin merenggangkan atau kehilangan suatu jalinan persahabatan.

baca juga:

  1. Terbiasa membuat tulisan tangan

Mengirim pesan teks sebenarnya bisa sangat impersonal. Tidak ada penambahan sentuhan pribadi sebagaimana pesan yang ditulis tangan menggunakan perlengkapan alat tulis lucu. Jika Anda dapat melipat uang kertas menjadi bentuk origami kecil, itu akan lebih baik lagi.

  1. Setiap orang membutuhkan juhachiban

Orang-orang di Jepang serius dengan karaoke mereka, bagaimanapun, mereka yang menciptakan tradisi ini. Jadi, jika ada satu hal yang bisa dipelajari dari teman-teman Jepang, Anda akan mendapati bahwa semua orang membutuhkan juhachiban.

Beberapa lagu favorit Anda yang sangat semarak antara lain “Part of Your World” dari The Little Mermaid atau “Anaconda” dari Nicki Minaj.

  1. Bagaimana cara mengikat yukata yang benar

Anda bisa mempelajari bagaimana cara mengikat yukata yang benar hanya jika berteman baik dengan orang Jepang. Sering kali masyarakat internasional sedikit salah paham perihal ini. Jadi, Anda harus mencari teman Jepang apabila berharap bisa tampil menawan saat mengenakan yukata!

  1. Tahu toko mana yang menjual fukubukuro terbaik

livejapan.com/

Belanja Tahun Baru di Jepang benar-benar gila, ini mirip seperti budaya Black Friday dalam budaya Barat atau Hari Belanja Online Nasional bagi Indonesia.

Di Jepang, biasanya toko-toko akan mengosongkan barang dagangan tahun lalu dengan mengemasnya ke dalam kantong tertutup yang disebut fukubukuro. Produk tersebut kemudian dijual dengan penawaran diskon besar-besaran.

  1. Ada stiker LINE untuk semuanya

LINE adalah aplikasi pesan singkat utama bagi orang-orang di Jepang, dan menariknya, hampir semua emosi dapat diekspresikan melalui stiker LINE!

Jika Anda tidak punya uang untuk membeli stiker lucu, ada banyak stiker promosi gratis yang diterbitkan secara teratur. Dengan begitu, kegiatan berbalas pesan teks secara digital jadi lebih ekspresif dan personal.

Lupakan WhatsApp atau aplikasi pesan singkat lainnya, bersama teman Jepang, Anda bisa mengirimkan berbagai macam ekspresi lewat stiker LINE.

Dengan semua keuntungan yang bisa diraih jika memiliki teman Jepang, sangat menarik bukan untuk segera mencarinya? Sayangnya, orang Jepang terkenal cenderung tertutup terhadap orang baru, jadi pastikan Anda tidak terburu-buru sok akrab!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.