6 Tips untuk Backpacking di Amerika Tengah

 

Dari ombak tenang Karibia di pantai timur, hingga ombak besar di Pasifik di barat, pantai-pantai di Amerika Tengah menjadi wilayah backpacking yang luar biasa. Lalu, masih banyak lagi destinasi yang terjepit di antaranya.

Baik Anda ingin menaiki papan pasir menuruni gunung berapi yang mengepul di Nikaragua.

Menjelajahi hutan awan di Kosta Rika, menyaksikan matahari terbit di atas situs Maya kuno di Guatemala. Atau mendaki melalui hutan Panama yang lebat, keajaiban alam Amerika Tengah menawarkan banyak petualangan.

Berikut adalah delapan tips untuk membantu Anda mendapatkan yang terbaik dari tujuh negara di kawasan ini.

 

  1. Pilih negara Anda dengan bijak.

lawnstarter

 

Terkadang menghemat beberapa dolar semudah melompat dari satu playa ke playa berikutnya. Tetapi jika selektif tentang negara-negara di daftar tujuan, Anda akan mengantongi lebih banyak perubahan.

Kosta Rika dan Panama secara konsisten menempati peringkat di antara negara-negara paling mahal di wilayah tersebut.

Di samping Belize yang berbahasa Inggris, meninggalkan Guatemala, Nikaragua, El Salvador, dan Honduras di antara pilihan yang relatif lebih murah.

 

  1. Ketahui pilihan akomodasi.

host

Hostel dan homestay berlimpah di bagian ini, tetapi jika Anda ingin menghabiskan malam yang aneh di tempat lebih nyaman.

Ingatlah bahwa sebagian besar tujuan di Amerika Tengah belum memanfaatkan tren hostel bergaya flashpacker. Mungkin ada perbedaan harga yang besar antara tempat tidur asrama dan tempat tinggal butik.

 

  1. Nikmati produk lokal.

intrepidtravel

 

Cokelat, rum, kopi, hingga keju, Anda mungkin akan terkejut dengan deretan produk unggulan yang ditanam di kekayaan tanah Amerika Tengah.

Lalu yang terbaik, Anda bisa langsung ke sumbernya. Lupakan menikmati secangkir espresso asal Guatemala dari kedai kopi lokal, atau melahap sebatang cokelat Kosta Rika di meja Anda.

Di sini sejumlah pengusaha lokal menawarkan wisata ramah dompet ke perkebunan kakao dan perkebunan kopi dengan mencicipi gratis untuk ukuran yang terbilang memuaskan.

baca juga:

Berfoto Sepuasnya, 7 Wisata Jogja yang Paling Hits di Kalangan Selebgram

 

  1. Stay safe.

jonistravelling

 

Masih mendengar cerita tentang bagaimana bagian dari Amerika Tengah adalah gangland berjubah kokain tanpa hukum?

Mereka mendustakan betapa banyak kemajuan yang telah dicapai di kawasan itu sejak serangkaian revolusi dan perang saudara yang merusak sebagian besar tahun 80-an.

Namun, beberapa kota terutama San Pedro Sula di Honduras dan San Salvador di El Salvador. Belum mampu mengimbangi dan tetap termasuk yang paling berbahaya di dunia.

Berhati-hatilah saat bepergian melalui “Segitiga Utara” Guatemala, El Salvador, dan Honduras, yang akhir-akhir ini menjadi terkenal.

Gunakan akal sehat Anda dalam hal keselamatan di seluruh wilayah. Hanya naik taksi terdaftar, ikuti terus peringatan perjalanan, patuhi saran penduduk setempat. Jangan memamerkan barang berharga, dan jangan berjalan pulang sendirian setelah gelap.

 

  1. Persiapkan perbatasan.

Bicaralah dengan backpacker mana pun yang berkelana di sekitar tanah genting ini dan kemungkinan besar mereka akan mengomel atau dua kali melewati penyeberangan perbatasan.

Antrean panjang, labirin pos pemeriksaan, dan lautan calo biasanya menjadi bahan utama dalam jig yang memicu sakit kepala ini.  Namun, sebenarnya tidak harus seperti itu.

Sedikit kesabaran dan dosis persiapan yang bebas dapat membuahkan hasil. Ingatlah bahwa setiap negara akan memiliki biaya dan peraturannya masing-masing.

Dalam hal masuk dan keluar (seperti memberikan bukti cetak perjalanan dan/atau bukti dana), lalu hal ini dapat berubah. Jadi, memeriksa persyaratan sebelumnya adalah kuncinya.

 

  1. Waktu mepet? skip ibu kota.

globalgrasshopper

Mereka mungkin menyimpan aset budaya yang hebat dan menawarkan wawasan tentang kehidupan lokal. Tetapi sebagian besar ibu kota Amerika Tengah lebih berbahaya dan kurang berkesan daripada pedesaan sekitar. Lalu sangat kecil kemungkinannya bahwa itu akan menjadi puncak perjalanan Anda.

Lagi pula, itu adalah fumarol berasap dari Gunung Api Pacaya Guatemala, pasir halus Kepulauan Corn Nikaragua yang disinari matahari.

Dan hamparan biru laut yang memukau dari Great Blue Hole Belize di mana bisa menghiasi kanal Instagram Anda, bukan kemacetan lalu lintas di Kota Panama.

Selain itu, dengan penerbangan langsung dari beberapa kota di AS ke lebih banyak gerbang pedesaan seperti Liberia di Kosta Rika dan Roatán di Honduras, kini Anda tidak perlu lagi menghabiskan sebagian kecil perjalanan di ibu kota mana pun.

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.