6 Endemik Mengagumkan dari Kolombia yang Perlu Anda Ketahui

Kolombia adalah negara dengan keanekaragaman hayati terbanyak kedua di planet ini dan menempati urutan pertama dalam keanekaragaman hayati per mil persegi. Negara Amerika Selatan ini memiliki satwa liar yang benar-benar luar biasa.

Itu dicari dan dinikmati oleh para naturalis yang berdedikasi. Berikut adalah beberapa spesies hewan paling menakjubkan yang akan Anda temukan dalam perjalanan ke Kolombia.

 

  1. Lumba-lumba Sungai Merah Muda.

squarespace

 

Lumba-lumba sungai Amazon lebih dikenal sebagai lumba-lumba sungai merah muda. Seiring bertambahnya usia kulit mereka akan mengalami lebih banyak lecet.

Dengan hidung panjang yang aneh dan kepala bulat, serta sifat pemalu mereka, lumba-lumba ini jauh dari klise Flipper dan merupakan tambahan yang luar biasa indah untuk setiap kunjungan ke Amazon Kolombia.

Mereka dapat dilihat di seluruh wilayah Amazonia dan Orinoquia di Kolombia. Jadi, melakukan perjalanan untuk melihat sekaligus berenang bersama lumba-lumba sungai merah muda, adalah bagian penting dari setiap tur di wilayah tersebut.

 

  1. Cotton-Top Tamarin.

wayfaringviews

 

Monyet kecil yang tampak gila ini endemik di Kolombia, artinya mereka hanya dapat dilihat di negara tersebut di seluruh dunia. Mereka sangat langka, tetapi untungnya bagi penggemar satwa liar, populasi kecil diperkenalkan ke Tayrona National Park dalam upaya menampilkan bukti keberhasilan melestarikan spesies tersebut.

Dengan sifat penasaran mereka dan seberkas bulu putih cerah, cotton-top tamarin adalah bagian yang tak terlupakan dari kunjungan ke Tayrona, dan yang paling memuaskan, relatif mudah dikenali di jalur hutan taman saat fajar dan senja.

 

  1. Buaya Orinoco.

Crocodylus intermedius: The Orinoco Crocodile

Makhluk perkasa ini adalah spesies buaya dan predator terbesar di benua Amerika. Mereka juga terancam punah, telah diburu tanpa ampun untuk diambil kulitnya pada abad ke-19 dan ke-20.

Melihat buaya Orinoco di alam liar sangat tidak mungkin dan hanya benar-benar mungkin terjadi di Tuparro National Park yang terisolasi di perbatasan Venezuela.

Namun, untungnya bagi semua herpetologi pemula, ada program pengembangbiakan dan reintroduksi buaya Orinoco yang berkembang pesat di Wisirare Park di dataran timur departemen Casanare, di mana pengunjung dapat melihat lebih dekat beberapa raksasa berukuran 5,18 meter ini.

 

baca juga:

4 Seniman Filipina Paling Terkenal dengan Mahakarya Modern

 

  1. Kupu-kupu 89’98.

top10animal

 

Dengan lebih dari 1.600 spesies yang diketahui, Kolombia adalah salah satu negara dengan keanekaragaman kupu-kupu paling banyak di dunia.

Kemudian, setiap pendakian melalui hutan negara itu akan membawa Anda melihat penampakan berbagai spesies serangga berwarna cerah.

Namun, yang paling aneh dan paling menakjubkan adalah Diaethria Phlogea, spesies asli yang juga dikenal sebagai kupu-kupu 89’98 karena pola angka tampak berbeda di sayap luarnya.

 

  1. Jaguar.

nhm

Spesies kucing terbesar ketiga setelah singa dan harimau, sekaligus yang terbesar di Amerika, jaguar adalah salah satu simbol alam paling ikonik di Kolombia.

Mereka terancam dan sangat sulit untuk diamati di alam liar karena kebiasaan nokturnal dan sifat pemalunya, tetapi pada waktu bersamaan juga tersebar luas di Kolombia.

Bahkan, penyebaran itu terjadi di tempat-tempat wisata populer. Seperti Tayrona National Park, yang dapat Anda kunjungi sebagai bagian dari epik perjalanan Karibia Kolombia.

Tempat terbaik untuk mencari jaguar adalah La Aurora Ecolodge di dataran Casanare. Di mana para tamu dapat bergabung dalam perjalanan larut malam untuk memeriksa jebakan kamera yang dipasang guna memantau populasi jaguar.

 

  1. Kapibara.

canopytower

 

Kapibara, yang dikenal di Kolombia sebagai chigüiro, adalah spesies hewan pengerat terbesar di dunia. Meskipun mereka tidak unik di Kolombia. Karena ada di semua negara Amerika Selatan kecuali Chili. Melihat kapibara liar adalah pengalaman yang tidak dapat dilewatkan bagi penggemar satwa liar saat mengunjungi Kolombia.

Tersebar luas di dataran timur Kolombia, di mana mereka juga dianggap sebagai makanan lezat yang nyata. Serta sangat mudah dilihat di musim kemarau, di mana mereka berkumpul dalam jumlah besar hingga mencapai 100 individu di sekitar lubang air.

Itulah sejumlah endemik Kolombia yang menakjubkan. Di mana Anda hanya bisa melihatnya di negara tersebut. Lengkapi perjalanan dengan mengenali satwa liar agar memperoleh pengalaman yang akan semakin mendekatkan Anda pada alam.

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.