5 Film yang Akan Membantu Anda Memahami Budaya Jepang

Jepang adalah tempat yang mungkin terlihat aneh bagi orang luar. Karena itu, penting mengenalinya lebih jauh.

Sesungguhnya, cara terbaik untuk memahami bangsa mana pun di dunia ini yakni dengan menghabiskan waktu menyerap hasil budayanya.

Di lain pihak, film bisa menjadi sarana terbaik untuk mewujudkan hal itu. Mulai dari genre klasik dunia pasca-perang hingga sejarah dan cerita kontemporer khas Negeri Matahari Terbit.

Berikut deretan film pilihan mengenai budaya Jepang yang harus Anda tonton agar mampu memahami budayanya sedikit lebih baik.

  1. The Garden of Words (2013)

Anime identik dengan Jepang, tetapi medianya terkadang dibayangi oleh persembahan yang lebih kekanak-kanakan, fantastik, atau cabul. Studio pembangkit tenaga listrik seperti Studio Ghibli adalah alternatif yang menarik tetapi karya mereka telah dibahas secara luas di tempat lain.

Jika Anda menginginkan sesuatu yang sedikit berbeda, mulailah dengan The Garden of Words (2013), sebuah drama romantis berdurasi 50 menit dari sutradara Makoto Shinkai. Kesempatan pertemuan siswa sekolah menengah dengan seorang wanita yang lebih tua di taman Tokyo memiliki implikasi yang mengubah hidup mereka berdua.

Bersahaja dan reflektif, film ini menampilkan kemampuan anime untuk menceritakan kisah yang dewasa dan menarik. Animasinya pun tak kalah cantik.

  1. Tetsuo: The Iron Man (1989)

Horor Jepang menjadi fenomena di seluruh dunia pada akhir 1990-an berkat kesuksesan The Ring. Namun, Tetsuo: The Iron Man yang dirilis tahun 1989 adalah salah satu genre gambar pertama yang mendapatkan pengikut di luar Jepang.

Sebuah campuran yang aneh dari arthouse, cyperpunk dan body horror Cronenberg-esque. Film ini mengeksplorasi dan menggabungkan seksualitas dan teknologi, dua  topik yang mendominasi percakapan budaya di Jepang.

 

Ditambah, protagonisnya, seorang pegawai kantoran berkarakter rendah hati yang terus mengalami hari buruk, kondisi lumrah dan kerap terjadi di tengah masyarakat  Jepang. Sesuai genre, film ini khusus dewasa dan bukan untuk tontonan keluarga.

  1. The Hidden Fortress (1958)

Memilih satu film di antara karya Akira Kurosawa, grand master film Jepang, rasanya hampir mustahil. Namun jika pedang samurai ditancapkan di tenggorokan Anda dan dipaksa untuk memilih, maka The Hidden Fortress (1958) akan menjadi pilihan paling masuk akal.

Sebuah mahakarya yang memicu imajinasi beberapa pembuat film Barat paling penting sepanjang masa. Film Jepang ini bercerita tentang seorang putri yang diasingkan dan harus menggulingkan seorang panglima perang penuh dendam untuk memulihkan kerajaannya.

Menyajikan kombinasi drama A ++. , aksi, dan potongan sinematik Kurosawa yang indah. Ini juga berfungsi sebagai pertunjukan hebat untuk Toshiro Mifune. Bisa dibilang ikon seluloid terbesar yang pernah diproduksi Jepang, semuanya menjadikan The Hidden Fortress sebagai salah satu film Jepang terbaik pada masanya.

baca juga:

Bukan Cuma Sushi dan Ramen, 8 Makanan Jepang Ini Wajib Kamu Cicipi

 

  1. Jiro Dreams of Sushi (2011)

Makanan dan kerja keras adalah dua obsesi besar orang Jepang. Film dokumenter David Gelb Jiro Dreams of Sushi (2011) membawa kita masuk ke dalam pikiran seorang pria yang unggul dalam keduanya. Jiro Ono, 85 pada saat pembuatan film, menjalankan sebuah restoran sushi yang dihormati di Tokyo.

Tempat dengan 10 kursi di stasiun kereta bawah tanah yang menawarkan menu set dengan harga minimal sekitar £ 250. Pengejaran Ono yang melelahkan dan tanpa henti untuk kesempurnaan kuliner terkadang membingungkan.

Para peserta magang harus menghabiskan 10 tahun secara eksklusif menyiapkan nasi sebelum dia membiarkan mereka mendekati sepotong ikan, tetapi hasil akhirnya adalah film yang sama enaknya dengan ciptaannya.

  1. Tampopo (1985)

Bercerita tentang sepasang pengemudi truk yang membantu seorang ibu tunggal menjadi koki ramen terhebat di Tokyo. Sutradara Juzo Itami meninggal secara tragis pada tahun 1997, tetapi rasa kenakalannya yang khas melimpah dalam eksplorasi luar biasa.

Menyadarkan kita cara untuk menghubungkan memasak dan makan dengan kehidupan sehari-hari. Memesona dan sensual, Tampopo (1985) adalah kesaksian abadi atas kejeniusan Itami.

 

Itulah sejumlah film menarik yang bisa membantu Anda mengetahui sedikit budaya Jepang.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.