10 Hal Dilarang di Colombia, Sebaiknya Jangan Anda Lakukan!

Colombia merupakan salah satu tujuan destinasi paling pupuler di dunia. Jutaan orang saling bergantian menyambangi negara ini. Beragam pesona telah berhasil memikat wisatawan.

Mulai dari keanekaragaman hayati, keramahan penduduk lokal, serta makanan yang lezat.

Namun demikian, ada hal-hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan di sini, berikut beberapa diantaranya:

  1. Membeli dan membawa kokain

Ini adalah larangan nomor satu bagi wisatawan di Colombia. Selain karena ilegal, narkotika tidak memberikan apa-apa kecuali rasa sakit dan penderitaan bagi kebanyakan penduduk lokal. Umumnya, topik tersebut dianggap tabu.

 

Jika Anda ingin berdiskusi serius mengenai topik narkotika, silakan saja, tetapi hindari mengajak orang Colombia membicarakannya.

Anda hanya akan menyinggung perasaan mereka. Jangan bercanda tentang kokain, itu sama sekali tidak lucu.

 

  1. Memakai sandal jepit dan celana pendek di Bogota

Sebenarnya, poin ini tidak benar-benar menyinggung siapa pun. Hanya saja, penduduk lokal kerap dibuat bingung ketika melihat para wisatawan berkeliaran di ibu kota yang dingin dengan mengenakan atribut tersebut. Namun, apabila Anda sendiri merasa nyaman, silakan saja.

 

Orang sering salah berasumsi bahwa Colombia adalah negara Caribbean, yang mana identik dengan cuaca panas.

Tentu, di sini tetap ada pantai Carribbean. Namun, Bogota berada jauh di selatan, di atas ketinggian 2.600 mdpl atau setara 8.530 kaki.

 

  1. Menolak ajakan minum aguardiente

Ketika penduduk lokal menawarkan aguardiente, sebaiknya terima saja. Ini tidak benar-benar dipandang sebagai minuman Colombia. Pikirkan bahwa itu merupakan salah satu isyarat persahabatan dan persatuan.

Jika Anda seorang pecandu alkohol yang sedang memulihkan diri, jangan merasa tertekan karenanya. Namun jika Anda seorang peminum, segera hentikan.

 

  1. Melontarkan lelucon tentang gerilyawan atau Pablo Escobar

Sungguh mengherankan karena melihat betapa banyaknya wisatawan yang secara misterius berpikir, bahwa lelucon berkenaan hal paling menyakitkan dalam sejarah Colombia, merupakan sesuatu yang lucu dan mampu menghibur masyarakat setempat.

Faktanya, mereka tidak akan terhibur. Justru, yang ada Anda akan mengundang kebencian. Jadi, hindari obrolan mengenai topik ini.

 

baca juga:

Berkunjung ke Negara Vanuatu, Negara Kepulauan di Benua Oseania

 

  1. Memberikan pepaya

Bagi orang Colombia, pepaya secara kasar bermakna “give an opportunity”. Itu artinya, Anda membuka peluang untuk dimanfaatkan atau dirampok seseorang.

Sebaiknya Anda menjaga uang tunai, smartphone mahal, dan kamera selama berlibur di sini. Tunjukkan sedikit kebijaksanaan, pertahankan akal sehat, dan Anda akan baik-baik saja.

 

  1. Tawar-menawar secara agresif

Tawar-menawar adalah kebiasaan sangat normal di pasar Colombia. Meski tidak persis seperti yang dipikirkan kebanyakan wisatawan di toko-toko biasa atau terminal bus.

Kenyataannya, penduduk lokal bisa sangat sensitif terhadap kritik atau perliaku mengancam.

 

Terlebih, mereka juga tidak menghargai cara tawar-menawar yang terlalu memaksa.

Tetaplah negosiasi secara lembut dan ringan. Dengan begitu, peluang Anda untuk mendapatkan diskon meningkat, sekaligus juga menjalin pertemanan.

 

  1. Melakukan perjalanan tanpa uang tunai

Colombia umumnya masih bergantung pada uang tunai. Agak sulit untuk bertransaksi menggunakan kartu kredit.

Terutama, saat Anda menyambangi daerah-daerah kecil, jauh dari perkotaan. Jadi, pastikan Anda selalu menyiapkan uang tunai sebelum bepergian.

 

  1. Berpakaian seadanya di tempat yang bagus

Colombia ternyata memiliki budaya formal yang cukup mengejutkan dalam hal berpakaian. Anda akan dianggap kasar ketika mengunjungi restoran atau club dengan memakai celana pendek dan sandal jepit.

Bahkan, di pantai yang sangat panas, orang-orang keluar sambil mengenakan jeans dan kemeja.

Pastikan Anda menyiapkan setidaknya satu setelan layak sesuai budaya setempat.

 

  1. Memanggil taksi malam hari

Bukan berarti Anda akan celaka secara otomatis. Hanya saja, lebih aman dan masuk akal untuk memesan taksi lewat aplikasi. Anda juga bisa meminta bantuan karyawan hotel, bar, atau restoran.

Terutama jika Anda sedang sendirian, memanggil taksi malam hari adalah tindakan keliru yang berpotensi membuat Anda menyesal.

 

  1. Meminta kopi yang enak

Sayangnya, meskipun Colombia termasuk salah satu penghasil kopi terbaik di dunia, sebagian besar justru diekspor ke luar negeri.

Akibatnya, kualitas yang disajikan di sini sangat buruk. Jangan mengharapkan minuman sempurna ke mana pun Anda pergi.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.