Wow Banget! Asyiknya Mengamati Paus, Migrasi Musim Dingin di Puerto Rico

Banyak orang telah melakukan perjalanan laut tetapi hanya sebagian saja yang dapat menyaksikan secara langsung paus yang berlompatan ke udara.

Pengalaman langka ini ternyata bisa kita nikmati dengan mengunjungi berbagai destinasi di dunia yang menawarkan kesempatan untuk melihat sekilas mamalia yang menarik ini.

Negara-negara seperti Alaska, Kanada, dan Islandia terkenal dengan hotspot mengamati paus baik dari daratan maupun lautan.

Di samping itu masing-masing negara juga menawarkan liburan luar biasa lainnya yang layak untuk dialami mungkin sekali untuk selamanya.

Jadi, tunggu apalagi. Simak langsung beberapa destinasi terbaik untuk mengamati paus, termasuk di mana dan kapan untuk mendapatkan pemandangan terbaik.

 

Kanada

Berbagai paus yang mengesankan termasuk humpback, orca, paus minke, paus biru, paus sirip dan, dalam beberapa kasus, paus beluga, dapat ditemukan di Kanada.

Beberapa tempat terkenal untuk menyaksikan paus adalah Newfoundland,  Labrador dan juga Tadoussac. Selain menawarkan banyak wisata perahu dan darat,

Anda juga bisa mendapatkan akomodasi dengan harga miring dan tempat hiburan lain yang menarik.

Untuk sesuatu yang istimewa, datanglah ke Tofino pada bulan Maret ketika musim migrasi paus abu-abu sedang berlangsung. Pada saat yang sama, kota juga menggelar Festival Paus Rim Pasifik tahunan.

 

Alaska

Jika Anda berharap untuk melihat ikan paus bungkuk, paus abu-abu, paus orca dan beluga, serta tumpukan lumba-lumba dan kehidupan laut yang menarik maka datanglah ke Alaska.

Resurrection Bay adalah tempat yang populer karena perairannya yang kaya akan makanan bagi kehidupan laut dan jika beruntung Anda akan menemukan paus di pantai setempat.

Sementara Prince William Sound and the Inside Passage di Juneau bisa menjadi tempat yang bagus untuk menyaksikan paus bungkuk.

Datanglah ke Alaska antara April dan Juni untuk mendapatkan peluang terbaik menyaksikan mamalia-mamalia mengagumkan ini.

 

Islandia

Tujuan wisata mengamati paus terbaik di Islandia dapat ditemukan di sebuah kota kecil di tepi Teluk Skjalfandi, yakni Husavik.

Berkunjunglah antara April dan Oktober maka Anda akan melihat spesies favorit seperti paus minke dan paus biru, serta lumba-lumba berparuh putih dan lumba-lumba pelabuhan.

Jika Anda ingin melihat paus orca atau paus sperma maka pergilah ke Semenanjung Snæfellsnes yang indah antara bulan April dan Juni. Pada bulan-bulan yang sama, Anda juga dapat melakukan pengamatan paus di Reykjavik.

 

Afrika Selatan

Dalam perjalanan ke Afrika Selatan, Anda dapat melihat paus bungkuk dan paus Southern Right. Ingin menemukan tempat menyaksikan paus yang populer baik di laut atau di darat maka pergilah ke Hermanus, Garden Route, False Bay dekat Cape Town dan Eastern Cape. Untuk peluang terbaik melihat paus, rencanakan perjalanan antara Juni dan November.

 

Skotlandia

Skotlandia dihiasi dengan banyak tempat pengamatan paus yang memukau termasuk Dataran Tinggi Skotlandia, Isle of Skye, Hebrides Dalam, Hebrides Selatan dan Isle of Lewis.

Paus akan muncul sepanjang tahun tetapi untuk kesempatan terbaik datanglah antara Mei dan September.

baca juga:

Asyiknya Menjelajah Kamboja, Tur Bersepeda Mengunjungi Air Terjun Bersama Gajah

 

Puerto Riko

Pantai barat Puerto Rico adalah tempat kawin dan berkembang biaknya paus-paus sehingga mamalia ini bisa terlihat hanya 100 meter saja dari pantai.

Pergilah ke pulau utama di laut Karibia pada bulan-bulan musim dingin maka paus bungkuk dalam koloni besar akan nampak berimigrasi dari laut Atlantik Utara.

Selain menyaksikan paus, Puerto Rico juga dikenal sebagai surga bagi penyelam karena keberagaman kehidupan laut yang bertemu di perairan, termasuk lumba-lumba, hiu dan kura-kura yang hidup di tengah-tengah terumbu karang, gua, dan parit laut.

 

Australia

Tahun 2019 lalu, Teluk Hervey di Pantai Fraser dikukuhkan sebagai Situs Warisan Paus pertama di dunia. Penerbangan singkat dari Sydney atau sekitar tiga jam perjalanan darat ke utara Brisbane. Tempat yang menawan ini sangat cocok untuk menyaksikan paus bungkuk terutama pada bulan Juli hingga Oktober.

Pada bulan Juli inilah sekitar 30.000 paus bungkuk diperkirakan berangkat dari Antartika ke Queensland. Sepertiga dari kawanan ini sering mendatangi Pulau Fraser untuk singgah di Teluk Hervey.

Bagi pecinta paus tidak ada alasan untuk menunda kepergian karena tempat dan waktu terbaik sudah ada dalam genggaman.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.