Wisata Tersembunyi di Banyuwangi Selain Kawah Ijen dan Baluran

Sekarang mau berpariwisata ke Banyuwangi cukup mudah, karena pemerintah setempat sedikit demi sedikit memperbaiki fasilitas penunjang dan pengelolaan wisata yang ada di Banyuwangi.

Bahkan tempat wisata di Banyuwangi yang sedang naik daun adalah Kawah Ijen dan Baluran. Dua lokasi favorit traveler yang kerap beredar di media sosial.

Nah untuk para traveler yang ingin menikmati Banyuwangi selain Kawah Ijen dan Baluran. Coba deh kunjungi wisata tersembunyi dari ujung timur pulau Jawa ini, dijamin lelah dan lelah hilang sudah.

 

1.  Pantai Plengkung

Pantai ini merupakan surga dunia bagi pecinta surfing karena Pantai Plengkung sendiri masuk 7 lokasi surfing terbaik di dunia.

Mungkin untuk para wisatawan lokal tidak banyak yang mengetahui namun bagi peselancar internasional, Pantai ini adalah surga tersembunyi.

Biasanya pantai ini memiliki tinggi ombak mencapai 8 meter dengan panjang mencapai 2 km! Bisa dibayangkan, betapa menariknya pantai ini bagi pemburu adrenalin

Apalagi di sekitar pantai masih dikelilingi oleh hutan lebat yang tentunya Pantai Plengkung berlokasi di Kalipait, Tegaldlimo, Banyuwangi.

 

2.  Pantai Pulau Merah

Pantai ini berlokasi di Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Kalau ke Banyuwangi, nggak mampir ke pantai ini rugi sekali lho.

Pasalnya Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang lembut, bukit hijau dengan tanah berwarna merah sehingga pantai ini dinamakan Pantai Pulau Merah.

Nah untuk kamu yang ingin belajar surfing, pantai ini cocok untuk pemula yang ingin belajar surfing.

 

3.  Taman Nasional Meru Betiri

Di Hutan ini kamu bisa menikmati pemandangan indah Pantai Rajegwesi dan Pantai Sukamade, tempat penangkaran penyu.

Taman Nasional Meru Betiri ini memiliki luas 58.000 hektare yang terletak di ketinggian 900 – 1.223 mdpl. Dan konon katanya kawasan heterogen ini merupakan habitat alami terakhir harimau jawa.

Ada banyak hewan dalam kawasan hutan ini diantaranya kera, kucing hutan, rusa, macan tutul sampai merak yang dilindungi dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Berlokasi di jalan Sriwijaya no. 53 Banyuwangi, Jawa Timur.

 

4.  Kalibaru

Yang hobi tracking, kamu nggak boleh melewatkan kawasan wisata air terjun Kalibaru Banyuwangi.

Karena kawasan ini dikelilingi oleh GUnung Gending, Gunung Terong, Gunung Raung, Gunung Gumitir dan Gunung Menyan sehingga udara yang ada di kawasan ini merupakan udara yang sejuk dan segar.

Kamu tak perlu AC alami ataupun kipas untuk setelah mengelilingi tempat ini karena suhu di sekitar lokasi berkisar antara 20-28 derajat celcius.

 

5.  Agrowisata Kalibendo

Berada diantara kebun teh dan kopi, kawasan Agrowisata Kalibendo ini memberikan suasana yang sejuk dan nyaman, pas untuk kamu yang ingin kabur dari hiruk pikuk kehidupan ibu kota.

Selain itu kamu juga bisa bersepeda dalam kawasan ini karena terletak di kaki Gunung Ijen.

Untuk sampai ke tempat ini, kamu tidak perlu susah-susah karena kamu tinggal melakukan perjalanan menuju rute Kawah Ijen maka kamu akan menemukan petunjuk jalan menuju Agrowisata Kalibendo.

 

baca juga:

Jarang Diketahui, Pantai Menakjubkan Indonesia yang Dibawah Radar Pelancong

 

6.  Taman Nasional Alas Purwo

Pesona alam liar yang ada di Taman Nasional Alas Purwo ini patut diacungi jempol. Mulai dari binatang-binatang dan tumbuhan kamu juga akan terpesona dengan pantai, hutan lebat dan padang savana yang menjadi satu paket lengkap yang gemar wisata alam.

Di kawasan ini kamu akan melihat penyu-penyu yang memang berhabitat disini. Seperti penyu sisik, penyu belimbing, penyu hijau, dan penyu abu-abu. Terutama di Pantai Trianggulasi yang ada di Taman Nasional Alas Purwo.

 

7.  Blue Bay

Pantai teluk biru ini terkenal dengan air lautnya yang nampak biru jernih apabila kamu abadikan dari ketinggian.

Apalagi bagi kamu yang senang beraktivitas snorkeling yang melihat keindahan alam bawah laut bisa menjadikan Pantai Teluk Biru ini list wajib dikunjungi.

Selain itu kamu bisa menyewa perahu untuk berkeliling sambil melihat terumbu karang yang masih sangat terjaga kelestariannya lho. Oh ya, pantai  ini masih dalam kawasan Taman Nasional Purwo ya.

 

8.  Pulau Tabuhan

Pulau ini terletak persis di tengah Selat Bali dan memiliki luas sekitar 5 hektar. Untuk mencapai Pulau Tabuhan kamu harus menuju ke Pantai Bangsring yang bisa ditempuh sekitar 20 km dari pusat kota Banyuwangi.

Lalu, dari Pantai Bangsring untuk mencapai Pulau Tabuhan kamu hanya membutuhkan waktu 30 menit. Dalam perjalanannya kamu bisa menikmati pemandangan air laut yang berwarna hijau tosca.

Nah kalau kamu bisa snorkeling, kamu akan melihat berbagai spesies ikan, bunga karang dan spesies lainnya.

 

9.  Tebing di Teluk Ijo

Kalau kamu ke Taman Nasional Meru Betiri, kamu akan menemukan Tebing Teluk Ijo. Di kawasan ini kamu akan menemukan banyak karang dan pasir putih.

Bila ombak sedang bersahabat kamu bahkan bisa snorkeling dan bermain dengan ikan & terumbu karang di dasar laut.

 

Jika ombak sedang besar dan tidak bersahabat, kamu bisa tetap menikmati keindahan teluk ini dengan memanjat batu karang. Tapi ingat kamu harus tetap berhati-hati agar tidak jatuh karena licinnya batuan karang.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.