Wisata Mencicipi Wine, Ada 5 Kebun Anggur Terbaik di Australia

Budidaya anggur Australia dimulai dengan kedatangan Armada Pertama pada tahun 1788. Sejak itu, pembuatan anggur terus berkembang, ada lebih dari 100 varietas anggur berbeda di 65 kawasan yang ditentukan. Jika Anda menganggap diri sebagai seorang oenofil, minumlah sesuka hati di kawasan anggur terbaik Australia berikut ini.

 

  1. Yarra Valley, Victoria

Industri anggur Victoria dapat ditelusuri kembali ke tahun 1838, hingga ke kebun anggur di Yering Station. Saat ini, Yarra Valley memiliki sekitar 300 kebun anggur dan lebih dari 70 kilang anggur. Mengingat iklim relatif lebih sejuk di kawasan ini, cukup mudah menghasilkan produksi chardonnay yang berkilauan, cabernet sauvignon, shiraz, serta pinot noir.

 

Pembuat anggur di wilayah ini terkenal dengan praktik produksi inovatif mereka, menjaga rasa hormat terhadap tanah sambil membuat varietas yang baru muncul. Setelah Anda menghabiskan hari mencicipi anggur dan mengelilingi perkebunan, habiskan malam dengan menyesap lebih banyak anggur di kamar atau balkon di salah satu hotel menawan.

 

  1. Hunter Valley, New South Wales

Didirikan pada pertengahan abad ke-19 oleh bapak anggur Australia James Busby, yang membawa 20.000 stek sulur anggur ke Australia dari Eropa. Hunter Valley terkenal dengan chardonnay penuh rasa, rasa shiraz dan semillon yang cita rasanya semakin kompleks seiring bertambahnya usia.

 

Kedekatan Hunter Valley dengan Sydney memikat penyelenggara acara dan artis terkenal dunia seperti Elton John dan Rolling Stones. Wilayah ini juga menjadi tuan rumah Festival Anggur dan Makanan Hunter Valley tahunan. Pastikan Anda tidak melewatkan acara tersebut. Sebelum itu, buatlah perencanaan yang matang dengan memesan hotel lebih awal.

 

  1. Barrosa Valley, South Australia

Tenggelam dalam sejarah, Barossa Valley dibentuk oleh pemukim Jerman pada tahun 1842 dan merupakan rumah bagi beberapa tanaman merambat tertua di dunia, banyak di antaranya berusia lebih dari satu abad. Memang, kebun anggur Freedom Kilang Anggur Langmeil berasal dari tahun 1843 dan masih berlimpah hingga hari ini.

 

Sekitar satu jam berkendara ke utara Adelaide, lembah ini terkenal dengan shiraz bertubuh penuh serta chardonnay, Eden Valley riesling, dan cabernet sauvignon. Dengan lebih dari 150 kilang anggur dan 80 ruang cicip anggur.

 

Daerah ini memiliki banyak varietas untuk dicicipi. Belum lagi, sejumlah hotel untuk ditinggali jika semua pencicipan anggur itu membuat Anda sedikit mabuk.

 

baca juga:

6 Spot Wisata Terbaik di Belgia yang Wajib Dikunjungi Pecinta Sejarah dan Seni

 

  1. Margaret River, Western Australia

Terisolasi secara geografis, Margaret River terletak di sudut barat daya Australia Barat. Hanya dalam 50 tahun, kawasan ini telah membangun reputasi sebagai salah satu provinsi utama untuk anggur berkualitas, dengan lebih dari 200 produsen anggur butik, yang menyumbang sekitar 25 persen dari anggur premium Australia.

 

Margaret River memiliki iklim yang mirip dengan Burgundy, Prancis, dan terkenal dengan sauvignon blanc, cabernet sauvignon, dan chardonnay-nya. Setelah Anda mencicipi anggurnya, pastikan untuk memeriksa banyak hal lain yang harus dilakukan dan mencari penginapan di area tersebut.

 

  1. Coonawarra, South Australia

Coonawarra, yang dalam bahasa Aborigin berarti honeysuckle, adalah kawasan anggur Australia Selatan di Limestone Coast yang berbatasan dengan Victoria. Bersama dengan tanah “terra rossa” yang berwarna karat, Coonawarra terkenal sebagai penghasil cabernet sauvignon.

 

Namun, kondisi maritimnya juga cocok dengan shiraz, yang dulunya merupakan varietas tanaman merambat paling dominan di daerah tersebut. Jika setelah mencicipi anggur membuat Anda sedikit mengantuk, jangan khawatir karena tersedia beberapa pilihan akomodasi yang nyaman di daerah tersebut.

 

Australia memang menyimpan beragam daya tarik yang mampu memikat wisatawan. Negara yang berdekatan dengan Indonesia ini, menawarkan banyak sekaali kemewahan. Baik itu berupa gedung-gedung megah, kecanggihan teknologi, destinasi yang enak dipandang mata, hingga kuliner yang mampu manjakan lidah.

Walau berukuran kecil, namun sukses mencerminkan kemajuan dan kemakmuran yang luar biasa. Tidak heran, banyak wisatawan berbondong-bondong berkunjung ke sini. Mulai dari Sydney, Melbourne, Brisbahe, Perth, Victoria, hingga Adelaide.

Memiliki populasi sebanyak 22 juta jiwa, hampir 56% penduduknya menetap di Victoria, dan hampir 77% menetap di pantai timur daratan utama.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.