Bakal Terkesima, Wisata Kupang Terbaik untuk Liburan Akhir Tahun

Kalau bicara tentang Indonesia Timur memang tidak ada habisnya untuk di-explore dari pantai, gunung, budaya hingga pesona bawah laut membuat siapa saja menjadi terhipnotis dengan kecantikannya.

Misalnya Provinsi Nusa Tenggara Timur yang memiliki sejuta keindahan dari yang terkenal yaitu Pulau Komodo di Labuan Bajo dan beranjak ke bagian selatan pulau Flores yaitu Kupang.

Orang mengenal Kupang melalui sajian kuliner khas mereka yang sedang populer yaitu Se’i Sapi, namun jarang orang mengenal destinasi wisatanya yang tak kalah indah dan menarik.

 

Pantai Tablolong

indonesiakaya.com

Menjadi jalur migrasi ikan dari Laut TImor menuju ke Laut Sawu dan memiliki pasir putih yang bersih. Pantai Tablolong dijadikan markas para nelayan untuk memancing selain itu pantai ini juga penghasil rumput laut terbesar di NTT.

 

Di pantai Tablolong juga tumbuh pohon Cantigi yang sering diburu karena keunikannya. Sekitar pantai ada rawa yang digunakan sebagai tempat pembibitan ikan oleh nelayan. Fasilitas di pantai ini cukup lengkap dan kamu bisa bermain air, snorkeling atau sekedar bersantai di gazebo yang sudah disediakan.

 

Bukit Cinta

indonesiakaya.com

Tak hanya Labuan Bajo yang memiliki bukit cinta, di Kupang pun ada tempat favorit anak muda Kupang yang menikmati senja. Lokasi dari Bukit Cinta sendiri tak jauh dari Bandara El Tari Kupang. Saat kamu tiba di Kupang, bukit cinta bisa kamu jadikan tujuan pertama lho apalagi kalau datang pas waktu sore, kamu bisa sekalian melihat sunset di Bukit Cinta.

 

Sedangkan pada musim penghujan, bukit cinta akan ditumbuhi rerumputan yang cantik dan menyegarkan mata. Tak hanya itu, di BUkit Cinta ada goa peninggalan belanda yang dulu digunakan sebagai tempat persembunyian.

 

Pantai Ketapang Satu

booking

Salah satu pantai yang memiliki keunikan yang ada di Kupang. Mulai dari penamaannya yang berasal dari sebatang pohon Ketapang yang tumbuh di atas karang besar yang memberikan suasana teduh di sekitar pantai.

 

Pantai ini selalu ramai dengan pengunjung anak-anak muda  yang hanya sekedar menikmati pesona matahari terbenam di sore hari. Karena letak pantai ini tak jauh dari tengah kota sehingga kamu mudah untuk menemukan pantai ini.

 

baca juga:

Belum Lengkap Kalau ke NTT, Tanpa Tengok Wisata Atambua!

 

Air terjun Oenesu

RoamIndonesia

Meskipun terkenal dengan kota yang panas, namun Kupang juga mempunyai air terjun Oenesu yang bisa kamu jadikan tempat kabur dari hawa panas. Berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Kupang membuat air terjun Oenesu mudah sekali untuk dijangkau.

 

Air terjun Oenesu memiliki undakan dengan jumlah empat tingkat serta memiliki debit air yang deras saat musim hujan begitu pula sebaliknya.

 

Goa Kristal

floresplus

Berjarak 20 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dari pusat kota Kupang membuat wisatawan Kupang untuk berkunjung ke Goa Kristal ini, apalagi goa ini memiliki hawa yang cukup sejuk. Air dari goa ini memiliki rasa yang payau, namun kamu tak perlu khawatir goa ini bisa lho dibuat untuk berenang.

 

Air Terjun Tesbatan

triptrus.com

Salah satu primadona di Kupang, Air Terjun Tesbatan ini menjadi tempat favorit karena air terjun ini cukup rendah dibandingkan dengan air terjun lainnya serta memiliki aliran air jernih dan berwarna hijau kebiruan. Air terjun ini terletak cukup terpencil sehingga kamu perlu banyak bertanya kepada penduduk sekitar.

 

Pantai Kolbano

Kabupaten Timor Tengah Selatan

Meskipun sudah bukan termasuk bagian dari Kupang, Pantai Kolbano ini tetap menjadi list wajib untuk dikunjungi ketika berlibur ke Kupang. Pantai yang berjarak 150 km dari Kupang dan termasuk dalam wilayah Timur Tengah Selatan.

 

Pantai Kolbano memiliki keunikan yang berupa hamparan bebatuan kerikil yang terlihat cantik berwarna-warni.

Selain itu, keindahan Pantai Kolbano ini juga dilengkapi dengan landmark batu raksasa yang menjadi ciri khas pantai Kolbano.

Penduduk setempat menyebutnya batu besar “Futu Un” yang sekilas terlihat seperti kepala singa apabila dilihat dari sisi samping.

Nah kamu juga bisa melihat keindahan panorama Pantai Kolbano dari atas ketinggian dengan pemandangan samudera hindia.

Serta kombinasi birunya air laut dan bebatuan kerikil berwarna-warni yang menambah keindahan Pantai Kolbano.

 

Pantai Oetune

kitaberkata

Masih terletak di kawasan Timur Tengah Selatan, pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata wajib yang berlibur ke Kupang.

Pantai Oetune ini dikenal dengan hamparan lautan padang pasir yang persis gurun pasir dengan warna putih bersih di tepi pantainya. Nah kalau kamu lelah karena perjalanan, disini kamu bisa beristirahat di Lapo-lapo, rumah khas Pulau Timor dijamin liburanmu semakin berkesan.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.