Wisata Kafemenanu, Surga Alam Tropis Nusa Tenggara Timur

Bicara soal Nusa Tenggara Timur, hal pertama yang muncul dibenak biasanya berupa wisata pantai, Labuan Bajo, atau Taman Nasional Komodo. Namun, Nusa Tenggara Timur tak melulu soal itu saja. Masih banyak tempat yang bisa Anda eksplor.

Salah satunya ialah Wisata Kefamenanu. Wisata ini menyajikan surganya alam tropis nusantara yang pastinya akan membuat Anda geleng kepala. Kefamenanu adalah salah satu kecamatan di Nusa Tenggara Timur dengan jumlah penduduk mencapai 43.177 jiwa pada tahun 2020.

Biasanya, kota Malang, Medan, Yogyakarta, atau Denpasar Bali menjadi destinasi wajib wisatawan lokal. Namun, apa Anda tidak ingin mencoba hal baru untuk liburan selanjutnya?

Wisata Kafemenanu memiliki daya Tarik yang juga tak kalah besarnya dengan kota-kota di atas. Memang, kota-kota wisata memiliki destinasi menarik yang cukup banyak. Namun, jika sudah terlalu sering mungkin akan timbul rasa bosan di benak. Oleh karena itu, ajaklah keluarga untuk mengeksplore Indonesia bagian Timur.

Untuk berkunjung ke Kefamenanu, Anda perlu menempuh 1 jam 45 menit perjalanan penerbangan dari Denpasar Bali menuju Kota Kupang. Selanjutnya, Anda harus melalui jalur nasional trans timor selama 4,5 jam.

Selain itu, Anda bisa menggunakan jalur lintas darat melalui Kota Atambua. Anda perlu transit ke Kupang dan meneruskan perjalanan melalui penerbangan printis ke Kota Atambua, dan dilanjutkan dengan lintas darat ke Kota Kefamenanu selama 1,5 jam saja.

Apa saja destinasi menarik yang perlu Anda eksplor selama di Kefamenanu? Simak berikut ini.

 

  1. Lembah Bikomi

eposdigi

Destinasi pertama adalah Lembah Bikomi. Sebenarnya, tempat ini bukanlah destinasi yang ada di dalam Kawasan Kefamenanu. Namun, Kota Kefamenanu lah yang ada di tengah Lembah Bikomi.

Nama Kota Kefamenanu mungkin jarang terdengar meskipun Anda seorang traveller. Kota yang satu ini merupakan sebuah kota kecamatan sekaligus ibu kota dan pusat pemerintahan dari pada wilayah Kabupaten Timur Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kota inilah yang letaknya tepat di Lembah Bikomi.

Memang, kota ini masih jarang dijamah wisatawan. Meskipun Namanya cukup asing, namun kota ini nyatanya menyimpan destinasi yang menawan dan mempesona.

Ada banyak hal yang bisa Anda potret dari nuansa Lembah Bikomi. Sangat direkomendasikan apalagi bagi Anda yang ingin jauh dari bisingnya perkotaan.

 

  1. Mata Air Oeluan

detik

Mata Air Oeluan menjadi destinasi pertama yang wajib Anda kunjungi. Mata Air ini berada sekitar 20 km dari Ibukota Kabupaten Timor Tengah Selatan, Kefamenanu.

Matai Air Oeluan berada tepat di sisi jalan trans Kupang – Atambua. Jadi Anda tak perlu khawatir untuk akses menuju wisata ini.

Selain menggunakan ojek, Anda juga bisa menumpang bemo untuk sampai ke lokasi wisata. Anda akan disuguhkan pemandangan segar dari beberapa sumber mata air yang membentuk air terjun kecil namun sangat indah.

Wisata ini dikelilingi bebatuan dan pohon hijau, membuat nuansanya semakin alami. Air yang mengalir tidak diberi kaporit, karena dimanfaatkan untuk mengaliri persawahan masyarakat.

 

  1. Pantai Tanjung Bastian

Batas Negeri

Berkunjung ke Kawasan Nusa Tenggara pastinya tak luput dari wisata pantai. Pantai yang satu ini tak kalah indah dan menawan. Lokasinya berada di Kota Wini yang jaraknya 65 km dari Kota Kefamenanu.

Hamparan pasir yang luasnya mencapai ratusan meter ini menghiasi pantai dipadukan dengan air laut yang sangat jernih seperti kristal.

Setiap tahunnya, Anda bisa melihat atraksi olahraga pacuan kuda yang digelar oleh penduduk setempat sekitar bulan Mei hingga Oktober.

 

baca juga:

Bentang Alam Blora yang Menggelora, Unik dan Tiada Duanya!

 

  1. Desa Adat Tamkesi

arsitekturhijau

Tak hanya pulau-pulau seperti Bali saja yang punya desa Adat, namun Kefamenanu juga punya, lho!

Desa Adat Tamkesi ini menyuguhkan keindahan alam yang sangat alami. Suasana penuh budaya akan Anda rasakan saat masuk ke desa ini.

Dulunya, Desa Adat Tamkesi merupakan pusat kerajaan di tahun 1865 yang letaknya berada di antara dua gunung batu yakni Gunung Oepuh dan Gunung Tapenpah. Kedua gunung ini dianggap kembar oleh masyarakat setempat.

Anda juga akan melihat rumah-rumah tradisional Timor dengan atap ilalang menjuntai yang hamper menyentuh lantai. Uniknya, rumah di sini berbentuk bulat mengerucut.

Itulah beberapa destinasi menarik yang harus Anda datangi saat berkunjung ke Kefamenanu. Tempat ini masih jarang dijamah wisatawan. Cocok untuk Anda yang suka ketenangan dan ingin menghilangkan stress. Jadi, tertarik untuk berkunjung?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.