Penakut Jangan Mendekat! Inilah Spot Wisata Horor di Banyuwangi yang Bikin Penasaran

Banyuwangi atau yang sering disebut-sebut sebagai The Sunrise of Java ini memang menyimpan banyak hal yang mengagumkan dan tak akan ada habisnya.

Banyuwangi memiliki beragam keunikan. Mulai dari wisata alamnya, tradisi uniknya, hingga cerita-cerita horror yang terkenal.

Nyatanya, cerita-cerita horror ini membuat banyak orang semakin tertarik untuk datang ke Banyuwangi. Tak hanya itu, kota yang terkenal akan seni ini ternyata memiliki banyak spot horror yang diburu wisatawan, lho!

Apa saja wisata horror Banyuwangi yang bisa Anda eksplor selama liburan? Berikut pembahasannya.

 

  1. Rawa Bayu

misteraladin

Yang pertama adalah Rawa Bayu. Ketika Anda berkunjung ke sini, suasana mistis dari rawa membuat bulu kuduk berdiri.

Raw aini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang lebat namun eksotis. Konon, ada beberapa sosok gaib yang menghuni tempat ini. Seperti Nyai Resek, Raja Tawang Alun, Macan Gading, dan sebagainya.

Meski begitu, keeksotisan dari Rawa Bayu tetap menjadi primadona wisatawan.

 

  1. Alas Gumitir

kompasiana

Destinasi yang satu ini biasanya dilewati wisatwan yang datang ke Banyuwangi. Saat tiba di Kawasan kota, Anda akan menemukan sebuah tugu Selamat Datang di Banyuwangi yang di bawahnya terdapat patung penari Gandrung.

Tempat ini sangat dikenal orang-orang karena tangan patung penari Gandrung yang berubah sendiri. Cukup menakutkan, ya!

 

  1. Keraton Macan Putih

tripadvisor

Selanjutnya ada Keraton Macan Putih. Wisata sejarah ini tak lepas dari suasana horror yang ada di balik ceritanya. Meskipun begitu, wisata ini bisa Anda kunjungi bila penasaran akan cerita sejarahnya.

Keraton ini dikenal sebagai tempat muksa dari Prabu Tawang Alun yang dijaga oleh Macan Putih. Tempat ini jarang dikunjungi karena tak banyak yang berani ke sini.

 

  1. Alas Purwo

Destinasi yang satu ini mungkin sudah pernah Anda dengar cerita horrornya. Bagaimana tidak? Siapapun yang datang ke Alas Purwo namun memiliki niat buruk dalam hatinya, dipercaya akan hilang dan tak Kembali, lho!

Tempat ini juga dipercaya dihuni oleh kerajaan jin yang sangat besar. Oleh karena itu, untuk datang dan masuk ke sini, pastikan hati tetap bersih tanpa niat buruk sekecilpun.

 

  1. Gua Istana Alas Purwo

Masih di Alas Purwo, ada juga tempat yang cukup horror untuk didatangi. Salah satunya adalah Gua Istana di Alas Purwo. Gua ini merupakan tempat Presiden Soekarno saat bertapa.

Yang dipercaya ialah konon terdapat jin dengan tubuh besar yang menjaga spot ini. Tempat ini juga diberikan berdera sang saka Merah Putih serta beberapa persembahan.

baca juga:

Persiapan Libur Lebaran, Ada 7 Pantai Ter-Hits di Jalur Mudik Pantai Selatan

 

  1. Pantai Watu Dodol

Tak hanya wisata sejarah yang membawa suasana mistis, namun wisata alamnya juga seperti Pantai Watu Dodol.

Pantai ini cukup indah apalagi bila terpapar sinar matahari yang memukau. Di sini Anda akan melihat patung Penari Gandrung yang dipercaya suka terlihat menari sendiri. Membuat badan merinding, ya!

 

  1. Gunung Ijen

Cerita mengenai Gunung Ijen sudah sangat terkenal. Gunung dengan pemandangan yang mengagumkan ini menyimpan cerita horror di dalamnya. Para pendaki harus berusaha ekstra untuk mendaki gunung dengan nuansa horror ini.

Ada banyak cerita yang beredar mengenai pendaki di sini. Salah satunya pendaki yang dikejar polisi dengan samurai hingga hilang, namun berhasil ditemukan.

 

  1. Jurang Tangis, Taman Nasional Baluran

Bila Anda pergi ke Banyuwangi, maka destinasi wisata Taman Nasional Baluran tidak boleh Anda lewatkan. Pasalnya, di sini Anda bisa melihat pesona Banyuwangi rasa Afrika. Ada beragam hewan yang bisa Anda temui di sini, apalagi bagi Anda yang ingin hunting foto antimainstream.

Sayangnya, Kawasan ini tak lepas dari cerita mistis. Salah satunya di Jurang Tangis. Kabarnya, Jurang Tangis dulunya menjadi sarang pembuangan jenazah yang dibunuh. Warga setempat sering mendengar suara tangisan dari sini.

 

  1. Pantai Boom

Selanjutnya ada Pantai Boom yang tak hanya menyimpan keindahan, namun juga cerita tragedy yang mendalam. Pantai ini menjadi saksi bisu tragedy INKAI yang dulunya memakan banyak sekali korban.

Ada sumber yang mengatakan bahwa mereka dulunya diserang oleh ribuan jin dari laut.

Berbagai cerita di atas berdasarkan cerita yang berkembang di masyarakat, yang terucap dari mulut ke mulut. Kesan mitos dan mistis akan berbeda di setiap orang karena tak semuanya merasakan hal yang sama.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.