Tempat Wisata Religi di Sulawesi Utara, Daerah Toleransi Tinggi

Dikenal sebagai daerah yang memiliki toleransi yang tinggi dan masyarakat yang hidup berdampingan tanpa peduli agama, suku dan ras. Mendapat julukan daerah Seribu Gereja lantas membuat Sulawesi Utara selalu menjaga toleransi antar umat agama dan meskipun mayoritas penduduk beragama Kristen. Nah kamu sedang berkunjung ke Sulawesi Utara bisa lho sekaligus untuk melakukan wisata religi di provinsi ini.

baca juga:

Jual Daging Ular Hingga Kucing, Fakta Pasar Tomohon yang Mendunia

 

Bukit Kasih Kanonang

Terletak di desa Kanonang, Kabupaten Minahasa berjarak 55 km dari Kota Manado. Di Sulawesi Utara, Bukit Kasih Kanonang ini menjadi simbol toleransi dan kerukunan umat beragama. Di atas bukit ada lima tempat ibadah yaitu gereja Katolik, Vihara, Masjid, Gereja Protestan dan kuil Hindu yang berdampingan.

 

Bukit ini menjadi bukti karena disinilah semua agama dapat berkumpul dan berdoa sesuai kepercayaan masing-masing sehingga tak salah diberi nama Bukit Kasih dan menjadi tempat wisata yang dibanggakan warga Sulawesi Utara.

 

Bukit Doa Mahawu

Memiliki pemandangan alam yang indah serta udara yang sejuk dan berada di kaki Gunung Mahawu menjadikan Bukit Doa Mahawu ini menjadi tempat ziarah dan doa yang banyak dikunjungi banyak orang. Untuk mencapai bukit ini kamu harus menempuh perjalanan 40 menit dari Kota Manado. Bukit ini sering dijadikan tempat pemberkatan pernikahan karena memiliki pemandangan yang indah sekaligus sejuk. Untuk fasilitas ibadah, kamu nggak perlu khawatir karena bukit ini menyediakan chapel, jalan salib (via dolorosa), gua Maria, rumah retret dan lain-lain.

 

Di Puncak Bukit Doa ini kamu akan menemukan Chapel of Mother Mary atau Kapel Maria, bentuknya juga berbeda dari gereja-gereja biasanya sehingga banyak kaum milenial berswafoto  ketika ke Bukit Doa Mahawu. Di Sekitar bukit terdapat

Pegunungan dan terlihat dengan jelas Gunung Lokon yang merupakan salah satu gunung paling aktif di dunia.

 

Sementara lokasi Amphitheatre bisa kamu lihat dan begitu besar sehingga mudah dilihat dari jarak jauh. Sebelum menuju ke Amphitheatre, kamu kan melewati jalan salib yang digunakan bagi mereka yang beragama kristen. Selain itu ada banyak patung perhentian di Jalan Salib ini dan patung yang paling menonjol adalah Patung Piete.

 

Sebenarnya patung ini merupakan salah satu patung klasik yang menggambarkan tubuh Yesus yang sudah wafat di pangkuan Bunda Maria. Sedangkan untuk rute dari Jalan Salib kamu bisa melewati melalui jalan yang besar dan berakhir di gua Maria.

baca juga:

Bak di Nepal, Desa Butuh Magelang Menawarkan Keindahan Alam

 

Vihara Budhayana & Pagoda Ekayana

Lokasi vihara yang satu ini cukup sejuk, tenang dan strategis sehingga cocok untuk sembahyang dan mengunjungi kota Tomohon. Dengan berlatar belakang pemandangan Gunung Lokon yang menjadi salah satu ikon kota Tomohon, kamu tidak akan rugi karena tempat ini dikelilingi dengan hamparan bunga dengan hawa yang sejuk.

 

Arsitektur yang indah dan pemandangan yang bagus menjadi pelengkap Vihara & Pagoda ini apalagi ada satu bangunan yang memiliki sarat akan arsitektur yang berciri khas negara China sehingga kamu akan merasa takjub dan dibawa menuju film-film dan cerita legenda yang berlatar belakang China.

 

Waktu masuk Pagoda, kamu akan disambut dengan 18 patung Lohan sampai akhirnya kamu menemukan Pagoda Ekayana yang terletak berderet mulai dari pintu masuk hingga bangunan utama dari pagoda. Patung ini memiliki makna yang sangat dalam bukan hanya sekedar hiasan belaka. Patung 18 ini merupakan simbol atas 18 pendosa yang akhirnya kembali ke jalan lurus dan patung ini pun memiliki nama sendiri.

 

Monumen Yesus Memberkati

Monumen ini merupakan simbol atau ikon kota Manado. Karena mayoritas warga yang tinggal disini beragama Kristen. Monumen Yesus Memberkati memiliki ketinggian 50 meter, terbuat dari 25 ton serat logam & 35 ton baja. Dan menjadikan monumen tertinggi ke-2 di Asia dan tertinggi ke-4 di dunia.

 

Tujuh Kaki Dian Minahasa Utara

Dalam agama Kristen, Kaki Dian merupakan kaki pelita yang bisa membantu menerangi agar umat tidak jatuh dalam kegelapan dan Bukit Tujuh Kaki Dian  menjadi tempat doa umat Kristen. Dan terletak di kaki Gunung Klabat, Airmadidi, Minahasa Bukit Tujuh Kaki Dian ini menjadi populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan terutama untuk menikmati wisata religi. Selain itu udara yang ada di tempat ini masih sejuk, segar dan tenang untuk berdoa.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.