Tempat Melihat Cahaya Aurora dan Kapan Waktu Terbaik Kesana?

Siapa yang tidak ingin melihat keindahan aurora? Fenomena alam ini tidak bisa Anda lihat setiap saat. Fenomena ini akan terlihat jelas di malam hari saat cuaca cerah namun tanpa bulan.

Tidak semua tempat bisa menjadi spot melihat aurora. Biasanya, tempat paling dikenal untuk melihat aurora yakni Kutub Selatan dan Kutub Utara.

Namun, aurora tak hanya bisa dilihat di kedua kutub di bumi. Ada beberapa lokasi yang lebih mudah dijangkau untuk menikmati fenomena luar biasa ini. Apa saja? Check this out:

 

  1.       Islandia

Islandia berada di barat laut Eropa, dengan banyak fenomena alam seperti geyser air, air terjun besar, serta gunung berapi aktif. Salah satu yang menarik minat wisatawan dunia ialah fenomena langit aurora yang menawan.

Untuk melihat fenomena ini, Anda bisa datang di sepanjang akhir Agustus hingga awal April. Sebelum melakukan perjalanan, siapkan kondisi fisik karena suhu di sini tidak selalu bersahabat.

 

  1.       Australia

Jika Anda berkunjung ke Australia untuk melihat aurora, maka tempat terbaik adalah di Tasmania atau New Zealand. Aurora bisa Anda lihat sepanjang tahun, namun waktu terbaik untuk melihatnya ialah saat equinoxes.

Apa itu equinox? Equinox adalah salah satu fenomena astronomi yang rutin terjadi 2 kali dalam setahun. Biasanya muncul di tanggal 19-21 Maret serta 22-23 September setiap tahun.

 

  1.       Georgia

Georgia terletak di bumi bagian selatan yang selalu tertutup laut es setiap tahun. Untuk menuju negara ini, Anda bisa menaiki kapal pesiar.

Lokasi terbaik untuk menikmati fenomena langit aurora yakni sekitar Kepulauan Sandwich Selatan, Georgia Selatan. Berkunjung di bulan Maret hingga September adalah waktu terbaik untuk melihat fenomena indah ini.

 

  1.       Argentina

Jika Anda bisa sampai ke Ushuaia, Argentina untuk melihat aurora, maka Anda tergolong orang yang beruntung. Melihat aurora di sini membutuhkan factor keberuntungan yang besar.

Meski suasana malam telah mendukung, belum tentu aurora muncul menyapa Anda di sana.

Berkunjung ke kawasan ini nyatanya cukup mudah, bisa melalui bandara Ushuaia. Aurora biasa muncul saat musim dingin Antartika antara bulan Maret dan September.

 

  1.       Greenland

Berkunjung ke Greenland untuk melihat fenomena aurora disarankan pada pertengahan bulan Agustus hingga akhir April. Di bulan-bulan ini, aurora biasa muncul di selatan. Sedangkan pada akhir Agustus hingga pertengahan April, Aurora akan muncul di Nuuk.

Meski Anda harus menempuh perjalanan yang panjang dan jauh, fenomena aurora tidak akan membuat Anda menyesal.

 

  1.       Norwegia

Wilayah Norwegia menyimpan keindahan yang tak kalah dengan negara tetangganya seperti Swedia, Finlandia, serta Rusia. Destinasi Norwegia juga menjadi spot menarik untuk melihat aurora secara langsung.

Untuk melihat aurora di sini, Anda dapat datang di pertengahan September hingga akhir Maret. Selain itu, Norwegia memiliki berbagai objek indah yang juga patut Anda kunjungi. Seperti fyord (teluk dari lelehan gletser) serta deretan gunung Lyngen Alps yang memukau.

baca juga:

Habis Ujian Nasional, Yuk Lepaskan Stres dengan Wisata Petik Buah di Malang

 

  1.       Kanada

Sebagai salah satu negara dengan penampakan aurora terbaik di dunia, Kanada menjadi destinasi yang diidamkan banyak wisatawan mancanegara. Kanada memiliki polusi cahaya yang rendah serta desa wisata untuk menikmati pemandangan aurora.

Lokasi terbaik untuk melihat penampakan aurora adalah di Churchill pada pertengahan bulan Agustus hingga akhir April, sedangkan di Wood Buffalo pada bulan Agustus hingga Mei.

 

  1.       Alaska

Jika Anda berkunjung ke Alaska di bulan Agustus hingga pertengahan April, maka jangan lewatkan Fairbanks. Di sini, Anda dapat melihat langit aurora di Amerika.

Uniknya, mereka menyediakan system perkiraan cuaca serta paket perjalanan untuk melihat fenomena aurora. Dengan begitu, wisatawan tidak perlu khawatir akan cuaca di lokasi.

Itulah ke 8 lokasi terbaik untuk menikmati keindahan langit aurora. Fenomena ini memang tidak dapat Anda lihat di kawasan khatulistiwa. Tanpa perlu jauh-jauh ke Kutub Utara dan Kutub Selatan, Anda dapat melihat aurora ke 8 negara di atas. Bagaimana? Negara mana yang menjadi pilihan Anda?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.