Framing Alam Menakjubkan! Tempat Lokasi Syuting Film yang Wajib Dikunjungi

Beberapa tahun belakangan, film karya anak bangsa menarik perhatian wisatawan untuk melihat lokasi pembuatan film tersebut sebagai tujuan wisata. Memang benar kolaborasi antara film dan objek wisata saling menguntungkan satu sama lain.

 

Pesona alam yang dimiliki Indonesia memang luar biasa indahnya,mulai dari ujung timur hingga barat Indonesia, terbentang luas keindahan alam yang bisa kita nikmati. Dari danau, pantai, lautan bahkan gunung simpanan kekayaan. Tak heran beberapa lokasi film karya anak bangsa bahkan sekelas Hollywood ikut terpesona dengan alam Indonesia.

 

Lokasi syuting film pun kini menjadi salah satu tempat wisata yang harus dikunjungi saat ke daerah tersebut. Ditambah lagi sekarang, traveling sudah jadi gaya hidup bagi sebagian anak muda. Yuk kita tengok lokasi wisata mana yang wajib dikunjungi.

 

1.   Pulau Mursala, Sibolga, Tapanuli Tengah

Pasti tau kan Film King Kong? Merupakan salah satu lokasi syuting film yang berada di Pulau Mursala, berkat film ini Pulau Mursala menjadi terkenal. Pulau Mursala sendiri menyimpan keindahan alam seperti Air Terjun Mursala yang bisa kamu nikmati diatas kapal dan tentunya kamu bisa menikmati keindahan biota bawah laut.

 

2.   Ranu Kumbolo, Gunung Semeru

Terletak di kawasan Gunung Semeru, Ranu Kumbolo pernah jadi tempat syuting film 5 CM yang diperankan oleh Herjunot Ali, Raline Shah, Fedi Nuril, Denny Sumargo, Pevita Pearce, Saykoji  dengan pemandangan di sekitar danau yang melihatkan lereng gunung serta rerumputan luas begitu indah. Ditambah lagi udara yang sangat sejuk membuat tempat ini menjadi destinasi wisata menarik untuk tujuan wisata.

 

3.   Bukit Rhema, Magelang, Jawa Timur

Lokasi ini menjadi terkenal lantaran digunakan untuk lokasi syuting film AADC 2, bahkan sejak film ini dirilis banyak wisatawan mengunjungi Gereja Ayam.

 

Dengan bentuk bangungan yang unik berbentuk burung merpati ini, aslinya bernama Gereja Ayam. Lokasi yang terletak di Bukit Rhema Magelang. Saat berada diatas bangunan kamu akan menikmati pemandangan sekitar Borobudur dan menikmati sunrise pagi hari.

 

4.   Wakatobi, Sulawesi Utara

Tak perlu diragukan lagi dengan keindahan pantai Wakatobi dalam film The mirror Never Lies. Film yang bercerita tentang seorang anak bernama Pakis yang menunggu ayahnya dan berharap ayahnya bisa pulang dari melaut. Dalam film ini mampu menjadi promosi keindahan alam Wakatobi sehingga banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke Wakatobi. Apalagi film ini pernah tampil di Busan International Festival Korea Selatan.

 

5.   Pulau Moyo, Nusa Tenggara Barat

Tahu Film Savages kan? Ya, mereka melakukan syuting film di sebuah desa nelayan kecil dan air terjun yang ada di Pulau Moyo, Nusa Tenggara Barat. Pemandangan alam yang indah dan mempesona ini semakin terkenal sejak dijadikan tempat syuting film Savages.

 

6.   Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Masih ingat dengan film Laskar Pelangi? Ya, sejak ada film itu tayang banyak orang yang berdatangan untuk mulai mengenal dan menjadikan Belitung sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi.

 

Pantai Tanjung Tinggi ini dikenal dengan bebatuan besar dan memiliki keindahan yang menakjubkan sehingga memiliki daya tarik tersendiri untuk berkunjung ke Belitung.

 

7.   Teluk Terimbang, Sumba

Salah satu lokasi Syuting film Pendekar Tongkat Emas yang tayang di bioskop 2014 lalu membuat Sumba menjadi salah satu destinasi menarik melepas penat bahkan pre-wedding untuk menunjukkan betapa indahnya Sumba, terutama Teluk Terimbang ini.

 

8.   Wamena & Cartenz Pyramid, Papua

Film Denias Senandung Di Atas Awan berkisah tentang perjuangan anak Papua yang ingin bersekolah. Film ini memperlihatkan betapa semangat membara anak-anak Papua untuk bersekolah dan menampilkan keindahan alam Papua seperti Dataran Tinggi Wamena dan kawasan Cartenz Pyramid yang tak kalah cantik untuk dijadikan Destinasi wisata berikutnya.

 

9.   Pantai Padang-padang Bali

Dalam film Eat, Pray, Love yang dibintangi oleh Julia Robert ada sebuah lokasi pantai yang indah berlatar belakang perbukitan yang rindang dan batu karang menjadi ciri khas pantai. Yap, Pantai itu adalah Pantai Padang-padang Bali atau dikenal dengan nama Pantai Labuhan Sait. Dan lebih serunya lagi ketika Julia berjalan-jalan menggunakan sepeda di Ubud, Bali. Kini pantai tersebut semakin ramai dikunjungi wisatawan setelah dijadikan lokasi syuting film.

 

10.                Pantai Ngandong, Parangtritis

Terletak di kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Pantai ini memang tak setenar Pantai Parangtritis. Namun pantai ini sangat indah yang berada di selatan Pulau Jawa.

Dalam film Kapan Kawin, dengan pameran Reza Rahadian dan Adinia Wirasti menikmati suasana di Pantai Ngandong. Setelah pantai ini dijadikan lokasi syuting pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.