Telaga Biru Cisoka, Destinasi Permai Sejenak Lupakan Keramaian Kota

Tangerang merupakan salah satu kota industry di Indonesia. Saat Anda ada di kota Tangerang, jangan mengunjungi kawasan industry nya saja, jangan lupa untuk berkunjung ke wisata alam yang ada di kota ini.

Salah satu wisata alam yang sangat menarik perhatian travelers di Kota Tangerang adalah Telaga Biru Cisoka. Wisata ini sangat digemari baik travelers remaja hingga dewasa.

Pemandangannya sangat cantik apalagi dijadikan latar saat berfoto. Telaga ini memiliki area yang cukup luas sehingga Anda bisa puas saat mengelilingi kawasan ini.

Telaga Biru Cisoka sering disebut juga dengan sebutan Telaga Biru Cigaru. Ada juga yang menyebutnya Danau Biru Cigaru. Telaga Biru Cisoka ternyata memiliki keunikan sendiri dari warna airnya.

Airnya memiliki 2 warna yaitu biru dan kehijauan sehingga membuat danau ini menjadi lebih indah serta mempesona.

Dibangun pada 2015

mkoran.com

Awalnya, telaga ini merupakan wilayah persawahan. Namun, belasan tahun yang lalu lokasi ini berubah menjadi lokasi pengerukan pasir.

Aktivitas pengerukan pasir di lokasi ini sudah berhenti sejak tahun 2015 lalu. Setelah itu, bekas galian kerukan pasir ini semain lama semakin tidak terawatt.

Dalamnya bahkan mencapai 15 meter. Lubang besar ini akhirnya tergenang air yang keruh hingga musim hujan turun dan mengisi air di lubang raksasa ini.

Setelah itu, air hujan di dalam lubang telaga berubah menjadi biru. Kawasan ini juga memiliki panorama yang indah sehingga sangat cocok menjadi lokasi wisata.

Rute transportasi

Telaga Biru Cisoka ini terletak di daerah Kampung Cigaru, Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, Banten.

Untuk menuju lokasi Telaga Biru Cisoka, Anda harus menaiki kendaraan umum atau bisa juga kendaraan pribadi Anda agar lebih mudah. Hati-hati terjebak macet jika dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Apalagi jika Anda berada di jalur Jakarta dan sekitarnya. Kemungkinan besar Anda akan terkena macet dalam waktu yang cukup lama.

Oleh karena itu, cobalah untuk memanfaatkan kendaraan umum yang ada ketika ada di dalam suatu kota yang rawan macet.

Dari arah Jakarta, Anda harus naik KRL dengan jurusan Tanah Abang – Maja. Anda harus turun di Stasiun Tigaraksa, Tangerang.

Lalu dari stasiun itu, Anda bisa naik gojek atau naik angkot dengan tujuan Adiyasa – Balaraja. Turunlah di pertigaan gang SMA Negeri 08 Cisoka.

Dari gang tersebut, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki atau naik okej menuju gerbang masuk Telaga Biru Cisoka. Lokasi telaga dari gerbang tidak terlalu jauh karena hanya sekitar 200 meter jaraknya.

Masuk ke dalam wisata Telaga Biru Cisoka ternyata cukup murah. Anda cukup membayar tiket parkir kendaraan yang Anda naiki saja.

Sedangkan, Rp 5 ribu rupiah per unit untuk pengendara sepeda motor, serta Rp 10 ribu rupiah untuk mobil. Namun, bisa saja tiket itu mengalami kenaikan. Bagaimana jika tidak membawa kendaraan dan berjalan kaki?

Tentu saja Anda akan mendapatkan gratis tiket masuk. Atau bisa juga Anda menitipkan kendaraan di rumah kerabat yang dekat dengan lokasi wisata ini. Hemat biaya!

Spot foto selfie

Lokasi Telaga Biru Cisoka kerap kali dijadikan lokasi foto karena background nya yang sangat indah. Ada 2 danau yang akan Anda temui di sini.

Jika Anda berada di lokasi pintu masuk, Anda dapat  melihat danau berair biru dengan tebing pasir putih yang cukup tinggi di sebelah kanan.

Sedangkan di sebelah kiri Anda akan melihat danau berair hijau yang ukurannya lebih luas serta dikelilingi tebing dan pepohonan rindang.

Ternyata, warna air di danau ini bisa berubah-ubah warnanya. Hal ini seakan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang akan datang ke lokasi telaga.

Warna yang berubah tersebut berasal dari kadar keasaman air yang cukup tinggi. Jika beruntung, Anda bisa melihat warna alga ganggang di dasar danau.

Warna ganggang akan ikut berubah saat terkena sinar matahari. Namun, pengunjung dilarang untuk berenang di danau ini karena seperti yang dijelaskan tadi, tingkat keasaman danau cukup tinggi.

Baca juga:

Deg – degan Mau Naik Pesawat Terbang Pertama Kali! Ingat Baik – baik Tips Ini

 

Aktivitas pengunjung

Aktivitas yang dapat Anda lakukan di kawasan ini adalah berkeliling danau dengan perahu cantik. Anda cukup menyewa perahu dengan harga 20 ribu per orangnya untuk dapat menikmati indahnya telaga ini.

Harga bisa saja berubah sewaktu-waktu. Selain itu, ada beberapa spot foto yang tersedia di sekitar telaga. Seperti spot ayunan, floating pondok, spot foto berbentuk love, perahu, jajaran kursi serta yang lain sebagainya.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu membawa kamera saat kesini untuk berfoto dengan memanfaatkan latar belakang telaga yang mempesona.

Selamat berlibur dari Jari Adventure!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.