Tebing Keraton, Destinasi Wajib untuk Selfie Saat Liburan

Buat Anda yang akan merencanakan berlibur ke area Jawa Barat atau ingin mengajak sanak saudara ke tempat wisata, bisa mampir sejenak untuk melakukan petualangan melintasi alam di Bandung. Ada banyak tempat wisata di Bandung yang menawarkan keindahan alamnya, seperti Tangkuban Perahu dan Lembang. Kini, Tebing Keraton muncul sebagai obyek wisata terbaru yang sayang jika dilewatkan.

Selain dikenal sebagai Tebing Keraton, tempat ini juga popular dengan nama Tebing Karaton, Tebing Instagram, dan Tebing Mainstream. Tempat ini menjadi begitu terkenal di sosial media, sebagai spot wisata yang tepat untuk menikmati pemandangan spektakuler. Sekaligus mengabadikannya dan memajangnya di media sosial. Bandung memang sudah memiliki Bukit Moko, dimana Anda bisa melihat pemandangan kerlap-kerlip lampu Kota Bandung. Tetapi disini mata akan dimanjakan dengan pemandangan hutan hijau. Jadi lupa deh dengan rasa penat dan rutinitas yang membuatmu jenuh.

Tebing Keraton ini berlokasi di 13 km timur laut dari selatan Bandung, masih termasuk dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, taman kota yang nyaman di Kota Bandung. Tepatnya terletak di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung, Jawa Barat. Untuk mencapai lokasi ini sangatlah mudah. Ambil arah ke Terminal Dago (Jalan Juanda), sekitar 500 meter, kemudian belok kiri masuk ke jalanan yang menuju pintu masuk Taman Hutan Raya, ambil belokan pertama ke arah kanan. Anda akan menemukan tanda bertuliskan “Tebing Keraton”. Ikuti saja petunjuk-petunjuk jalan yang mengarah ke tempat eksotik ini.

Sayangnya untuk mencapai Tebing Keraton ini, tidak ada transportasi umum yang dapat mengantar hingga ke lokasi tujuan. Angkot hanya sampai ke Terminal Dago, sehingga Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki, bersepeda, atau memanfaatkan ojek yang menawarkan jasanya dengan biaya sekitar tiga puluh ribu hingga lima puluh ribu rupiah. Bisa juga menggunakan motor atau mobil, karena jalan yang disediakan sebagian besar sudah beraspal.

 

Baca Juga : Travel Wisata Bandung – “Jalan” ke Eropa Ala Jalan Asia-Afrika

 

Sebelum terkenal seperti sekarang, untuk masuk ke Tebing Keraton Bandung ini tarifnya berdasarkan keikhlasan hati. Namun kini Anda akan dikenakan tiket masuk sebelas ribu rupiah untuk wisatawan domestik dan lima puluh satu ribu untuk wisatawan mancanegara. Harga tiket tersebut belum termasuk biaya parkir sepeda motor sebesar lima ribu rupiah atau untuk mobil sepuluh ribu rupiah. Walau menjadi lebih mahal, namun Tebing Keraton kini terlihat jauh lebih terawatt dengan jalan setapak yang nyaman dan penambahan pagar di sekeliling tebing untuk menjaga keamanan pengunjung.

Apapun moda transportasi yanga Anda gunakan, perjuangan untuk sampai disini akan terbayar oleh pemandangan hamparan luas patahan Lembang, hutan yang sangat lebat, dan kadang diselimuti kabut tipis. Tidak heran jika banyak pengunjung yang datang antusias untuk melakukan selfie dengan latar belakang pemandangan ini. Sebelum Tebing Keraton menjadi fenomenal dan seterkenal sekarang, awalnya tebing ini dikenal penduduk sekitar dengan nama Karang Jontor, karena lebih mirip sebuah karang yang menjorok ke depan.

Kira-kira pertengahan tahun 2014, Bapak Asep menemukan tempat ini dan memberikan nama yang unik, karena rasa kagum dan apresiasinya yang luar biasa setelah melihat keindahan alam dari ketinggian. Ia kemudian memajang foto pemandangan cantik ini di Twitter dan mulai banyak pengunjung yang memposting hasil jepretannya di media sosial.

Jika Anda ingin berkunjung ke sini, pastikan untuk datang di waktu terbaik, yaitu pada saat matarhari terbit atau terbenam. Di pagi hari menjelang sunrise, kabut tipis akan menyelimuti area sekitar tebing, menyajikan pemandangan yang eksotik dan terlihat misterius. Sementara pada sore hari, Anda dapat menikmati indahnya langit Kota Bandung dengan siluet jajaran perbukitan, termasuk Gunung Tangkuban Perahu.

Selain menyiapkan gadget untuk mengabadikan keberadaanmu di Tebing Keraton, persiapkan juga jaket tebal untuk menjaga tubuh tetap hangat, makanan ringan dan minuman.  Serta pastikan bensin kendaraan sudah terisi BBM penuh. Jadilah pengunjung yang tertib dan cerdas dengan tidak membuag sampah sembarangan serta tetap menjaga perilaku, terutama saat melakukan selfie di ujung tebing, karena dapat sangat berbahaya jika tidak berhati-hati.

Mumpung masih dalam masa liburan, tidak ada salahnya mengajak kerabat untuk berkunjung ke Tebing Keraton. Terutama bagi Anda yang sedang melewati atau berada di Kota Bandung. Selamat liburan! (Jari adventure-det-picture : piknikdong.com)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.