Taman Nasional Terindah Cina, Legenda Putri Cantik Membatu

Taman Nasional mungkin bukan hal pertama yang terlintas dalam pikiran ketika liburan ke Cina. Namun, negara ini memiliki lebih dari 200 taman nasional unik di dalam perbatasannya. Bahkan, seringkali menjadi syuting film-film terkenal seperti Avatar.

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Cina telah melakukan upaya nyata untuk memperluas sistem taman nasional. Sebagian besar dalam upaya untuk mengimbangi polusi, melindungi sumber daya alam dan hewan epidemi yang hidup dalam batas-batas wilayah ini. Karena ukurannya yang sangat luas, Cina adalah salah satu negara dengan keanekaragaman hayati paling tinggi di dunia.

Karena itu, taman nasional di Cina menawarkan beragam kehidupan tumbuhan dan hewan yang tak tertandingi, formasi geologis yang unik, dan jalur air yang menakjubkan. Sudah siap terpesona keindahan taman nasional di Cina? Mari jelajahi daftar berikut ini!

1. Taman Nasional Emeishan

hiasia.xyz

Taman yang menyenangkan ini adalah lokasi empat gunung Buddha suci di Cina, Gunung Emei. Berada di ketinggian 3.099 meter di atas permukaan laut, pengunjung terkadang disuguhi lautan awan dari puncaknya.

Gunung itu sendiri dianggap sebagai tempat pencerahan tradisional dan merupakan rumah bagi lebih dari 100 kuil dan biara.

Situs yang paling terkenal meliputi: Golden Summit, Kuil Baoguo, Kuil Wannian dan Paviliun Qingyin.

Semuanya menawarkan pemandangan lanskap alam sekitarnya yang menakjubkan. Karena pegunungan sangat penting secara spiritual bagi komunitas Buddhis, itu adalah tempat ziarah bagi ratusan umat Buddha setiap tahun.

Spesies bunga langka dapat ditemukan di dalam taman serta hewan asli seperti Kera Tibet dan banyak monyet.

2. Taman Nasional Shilin

allthatsinteresting

Taman nasional yang tidak wajar ini dikenal dengan ‘hutan batu’-nya. Banyak formasi batuan aneh di taman terlihat seperti pohon yang membatu, yang memberi julukan taman itu.

Ada jalan setapak tak berujung yang mengarah di sekitar taman, dan beragam kehidupan burung yang menyebut taman sebagai rumah.

Batu yang paling terkenal adalah ‘batu Ashima’. Legenda mengatakan bahwa seorang gadis cantik dari Orang Yi, berubah menjadi batu di dalam hutan ketika dia melarikan diri dari rumah.

Dia melakukannya ketika dia menemukan bahwa orang tuanya tidak akan mengizinkan dia untuk menikah dengan pria yang dicintainya.

Selain hutan batu, gua, danau, dan air terjun memenuhi taman.

3. Taman Nasional Huangshan

peakvisor

Huangshan adalah nama yang sangat pas untuk taman nasional ini, karena artinya gunung kuning.

Pegunungan berwarna cerah terdiri dari puncak granit curam, yang diselimuti pohon pinus. Banyak dari pohon-pohon ini tampaknya hampir tidak bertahan.

Taman ini telah menangkap imajinasi seniman yang tak terhitung jumlahnya selama beberapa abad terakhir, terutama pelukis air dan tinta, dan terus melakukannya hingga hari ini.

Banyak dari seniman ini telah menyatakan pegunungan Huangshan sebagai yang terindah di Cina.

Pemandian air panas adalah fitur lain dari taman ini, yang menawarkan pemandangan yang mendebarkan.

Meskipun lanskap berubah setiap musim, taman ini tidak pernah kehilangan pesona uniknya.

baca juga:

Wisata Tersembunyi di Banyuwangi Selain Kawah Ijen & Baluran

 

4. Taman Nasional Guilin Lijiang

nationalparks

Taman Nasional Guilin Lijiang tidak seperti tempat lain di dunia. Terletak di Cina selatan, itu adalah salah satu tujuan wisata paling populer di negara itu.

Dari Sungai Lijiang, pengunjung disuguhi pemandangan menakjubkan dari formasi karst yang terkenal di Guilin.

Setiap bukit diberi nama oleh orang Cina kuno berdasarkan apa yang mereka anggap seperti formasi itu.

Diberi julukan nama-nama lucu seperti Elephant Trunk Hill, Cock-Fighting Hill, dan Dragons Head Hill.

Sebuah pepatah Cina populer menyatakan, “bahwa pemandangan Guilin adalah yang terbaik di antara semua yang ada di bawah langit”, dan banyak pengunjung cenderung setuju.

5. Taman Nasional Jiuzhaigou

chinahighlights

Taman nasional ini adalah keajaiban alam sejati. Pemandangan alam yang menakjubkan terdiri dari air terjun yang mengalir, danau yang jernih, dan bukit kapur.

Jiuzhaigou adalah bagian dari pegunungan Min Shan, dan di tepi Dataran Tinggi Himalaya Tibet.

Nama taman Jiuzhaigou berarti sembilan desa untuk menghormati orang Tibet yang tinggal di sana. Karena itu, ada banyak tempat ibadah Tibet di dalam taman yang terhubung dengan pemandangan alam.

Taman Jiuzhaigou juga memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa, dan merupakan rumah bagi sejumlah hewan yang terancam punah.

Termasuk panda hitam dan putih China, monyet emas Sichuan, dan takin.

6. Taman Hutan Nasional Zhangjiajie

tripadvisor

Taman nasional kelas satu ini terkenal dengan keindahannya yang unik dan menakjubkan.

Terdiri dari pilar batu pasir yang sangat besar, satwa liar yang kaya, dan tanaman hijau.

Semak cemara menempel di sisi puncak batu pasir saat mereka mencapai ke angkasa.

Hampir 98% dari taman tertutup vegetasi alami yang merupakan rumah bagi lebih dari 150 spesies satwa liar. Contohnya seperti monyet rhesus, burung emas, rusa kesturi dan salamander raksasa.

Ada banyak sungai, dan saluran air yang mengalir melalui taman, dan lembah untuk dijelajahi yang hanya menambah keindahan taman. Benar-benar tidak ada tempat lain di bumi seperti Taman Nasional Zhangjiajie.

 

Bagaimana, keren semua, kan! Kira-kira taman nasional mana nih yang bakal kalian kunjungi di Cina?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.