Surga Arkeologi Internasional, Jelajahi Misteri Pompeii

Bila bicara soal Italia, yang pasti terpikirkan adalah sejarahnya yang sangat mengagumkan. Italia menyimpan berbagai situs sejarah yang memukau, salah satunya ialah Pompeii.

Pompeii sendiri merupakan situs arkeologi bersejarah yang letaknya tak jauh dari Kota Napoli, Italia. Dulunya, Pompeii adalah kota yang Makmur sebelum akhirnya hancur akibat letusan gunung Vesuvius di tahun 79 Masehi silam.

Letusan dahsyat itu membuat kota ini tertimbun abu letusan gunung berapi serta lahar selama belasan abad. Yang pada akhirnya berhasil digali oleh para arkeolog di tahun 1748. Dari hasil galian para arkeolog tersebut, mereka menemukan mayat dengan tubuh yang masih utuh, bangunan, bahkan benda bersejarah

Situs Pompeii ini nyatanya menyimpan banyak sekali tempat sejarah yang menarik, lho! Jangan lewatkan kunjungan Anda ke tempat-tempat penting yang ada di sekitar situs Pompeii. Penasaran destinasi situs bersejarah apa saja yang ada di Pompeii? Simak berikut ini:

 

  1. Amfiteater

Pinterest

 

Tempat penting di Pompeii yang pertama ialah Amfiteater, yakni tempat untuk menonton sebuah seni pertarungan gladiator. Tempat ini sudah berdiri sejah tahun 70 Sebelum Masehi dengan kapasitas sebanyak 12 ribu orang, lho!

Uniknya lagi, Amfiteater ini menjadi amfiteater tertua di Romawi yang masih utuh selain Colosseum yang ada di Roma.

Saat Anda masuk ke dalamnya, Anda bisa melihat 3 bagian area, yakni Imma Cavea atau bagian bawah, Media Cavea atau bagian tengah, serta Summa Cavea yakni bagian atas.

Jika hujan, Amfiteater ini dilengkapi dengan kanopi besar di bagian atas.

 

  1. Forum

bbfauno

Tempat selanjutnya ialah alun-alun utama Pompeii atau biasa disebut Forum. Pada saat itu, Forum menjadi pusat kehidupan agi warga Pompeii setiap harinya. Itu karena, di sekitar Forum terdapat administrasi kota serta pengadilan, pasar, dan juga tempat ibadah yang pastinya selalu dikunjungi oleh warga setempat.

Forum memiliki area yang sangat luas, yakni 142 meter dengan lebar 38 meter. Forum dapat menampung banyak orang. Area permukaan diberi lapisan batu Travertine untuk menambah keindahan.

 

  1. Antiquarium

pompeiiwithlinda

 

Destinasi situs bersejarah di Pompeii lainnya ialah Antiquarium. Tempat ini merupakan museum yang di dalamnya menyimpan berbagai artefak peninggalan masyarakat Pompeii. Anda dapat melhat banyak peralatan yang biasa digunakan oleh penduduk seperti bejana, perabot, hingga wadah keramik berbentuk vas.

Ada juga beberapa tubuh manusia yang masih utuh, dimana mereka adalah penduduk Pompeii yang diawetkan menggunakan gips. Manusia yang diawetkan adalah korban saat Gunung Vesuvius Meletus dengan keadaan yang sebenarnya.

 

  1. Pemandian Stabia

stephendanko

Destinasi Pemandian Stabia menjadi tempat mandi bersama yang kerap dilakukan oleh para penduduk. Pemandian ini menjadi yang terbesar dengan fasilitas kolam renang, bak mandi besar baik wanita maupun pria, gymnasium serta ruang ganti pakaian.Taman Buronan

Meski tak sesuai Namanya, destinasi yang satu ini menyimpan sejarah yang cukup kelam. Taman Buronan dulunya merupakan sebuah kebun anggur yang kini menjadi saksi bisu ganasnya letusan Gunung Vesuvius.

Di sini ditemukan 13 mayat utuh yang kini diawetkan denga posisi tubuh saat mereka menyelamatkan diri.

Di kebun tersebut terdapat triclinium atau 3 kursi makan seperti sofa yang membentang sepanjang 3 sisi meja. Bila digambarkan, sangat menyenangkan menikmati makanan sembari melihat indahnya pemandangan kala itu.

 

Baca juga:

Pantai Tanjung Siambang, Pesona yang Mampu Usir Lelah dan Bimbang

 

  1. Kuil Isis

ancient.eu

Kuil yang satu ini menjadi tempat pemujaan Dewa Isis yang asalnya dari Mesir. Tempat ini terdiri atas beberapa bangunan, dimana bangunan utamanya adalah Kuil Isis.

Bangunan ini berbentuk serambi yang ditinggikan dengan beberapa altar dan lubang untuk membuang sesajen.

Di bagian timur, Anda bisa melihat bangunan kecil yang mirip dengan kuil. Ada juga tangga menuju tempat menampung air sesajen.

Menurut cerita, air di sini berasal dari Sungai Nil Mesir.

 

  1. Rumah Menander

planetpompeii

 

Rumah ini dulunya milik seorang pedagang kaya. Namun nama dari rumah ini diambil dari seorang penulis bernama Menander yang berasal dari Yunani.

Rumah Menander menjadi salah satu rumah paling mewah di Pompeii lengkap dengan atrium atau ruang semi terbuka, serta taman di bagian tengah.

Destinasi situs bersejarah Pompeii Italia memang sangat mengesankan. Jangan lupa memasukkan list di atas dalam bucket list Anda saat berlibur ke Italia!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.