Hemat Ongkos Liburan, Mengunjungi Spot Keren dan Gratis di Melbourne

Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan yang terbaik di Melbourne.

Dari Galeri Nasional Victoria hingga seni jalanan di gang-gang, Anda bisa merasakan cita rasa sejati kota terbesar kedua di Australia ini tanpa membayar. Cukup ikuti panduan perjalanan berikut.

 

  1. National Gallery of Victoria

Saat menuju St Kilda Road, Anda akan menemukan gedung bluestone tahun 1960-an yang monumental di sebelah kiri NGV International. Dirancang oleh Sir Roy Grounds, bangunan ini dan sekitarnya, Ian Potter Center. NGV International membentuk National Gallery of Victoria dengan koleksi lebih dari 73.000 karya seni.

 

Ambil rute melalui pintu masuk yang melengkung, di belakang dinding air dan menuju Aula Besar untuk melihat langit-langit kaca patri terbesar di dunia. Anda akan menyaksikan pancaran kaleidoskop warna di lantai galeri.

 

Selain koleksi permanennya, NGV International juga mengadakan pameran dan acara khusus seperti seri tahunan Melbourne Winter Masterpieces, juga Triennial, yang menampilkan karya kontemporer dari seluruh dunia.

 

  1. State Library of Victoria

The State Library of Victoria menawarkan pengalaman literasi tak terlupakan. Sejak pertama kali melihatnya, Anda tidak dapat menyangkal keindahannya. Namun jangan salah, bagian luarnya sama sekali tidak dapat dibandingkan dengan interiornya.

 

Ruang Baca La Trobe berkubah sangat indah, ditemani cahaya alami yang masuk melalui lengkungan skylight. Pemandangan tersebut tak kalah mengagumkan saat malam tiba. Digantikan oleh cahaya lembut yang disediakan melalui sarana buatan, siap menarik atensi Anda.

 

Tidak ada tempat yang lebih baik untuk membaca buku favorit selain di sini. Tersedia lebih dari dua juta buku yang ada di dalam koleksi perpustakaan. Jika itu terasa masih kurang atau tidak sesuai selera, Anda bisa beralih pada ribuan surat kabar, manuskrip, audio, video, dan materi digital tentang budaya dan sejarah Victoria selama satu abad.

 

Perpustakaan ini juga merupakan rumah bagi karya seni dan pameran yang luar biasa, dilengkapi tur terpandu gratis. Pembicaraan reguler mengenai topik dari mode hingga filosofi tak ketinggalan. Menariknya, semua keistimewaan tersebut bisa Anda akses secara gratis.

 

baca juga:

Menu Asli New Orleans yang Wajib Dicicipi Saat Singgah di Amerika

 

  1. Queen Victoria Market

Jelajahi gudang bersejarah Queen Victoria Market dan temukan hasil bumi segar, donat panas, suvenir, peralatan rumah tangga, dan masih banyak lagi hal menarik tersebar di seluruh kawasan pasar. Ada pula pasar setelah jam kerja setiap Rabu malam, yang biasanya berlangsung antara November dan April.

 

Setelah malam tiba, pasar ini menjadi hidup dengan live music, kedai makanan lezat, koktail, dan jam belanja larut malam. Pada siang hari, cobalah untuk mengamati jalur seni, serta pameran penggugah pikiran. Selain itu, ada rangkaian Mini Market, yang berfokus pada sekelompok pemilik kios tertentu, biasanya  menjual taman dan barang atau mainan luar ruangan serta pakaian anak-anak.

 

baca juga:

Berkata Lantang dan Ekspresif, Kenali Karakter Budaya dan Tradisi Arab

 

  1. ACMI’s Screen Worlds

Terletak di dalam ACMI (Pusat Gambar Bergerak Australia) di Federation Square, Screen Worlds adalah pameran permanen gratis yang memberi tahu pengunjung beragam kisah melalui gambar-gambar bergerak. Pameran interaktif ini menampilkan objek, alat peraga, dan memorabilia.

 

Pertunjukan menyajikan asal mula bioskop dan ke mana tujuannya, budaya Australia dan, lebih luas lagi, bagaimana orang dipengaruhi oleh semua hal yang berhubungan dengan layar, dari ponsel cerdas hingga video game. Alat peraga yang dipamerkan termasuk jam asli dari acara TV anak-anak Play School (1966-sekarang).

 

Aktris Pendukung Terbaik Cate Blanchett Oscar untuk perannya dalam The Aviator (2004), dan kostum yang dikenakan oleh bintang Australia Kylie Minogue, Dame Edna Everage dan Heath Ledger.

 

  1. Royal Botanic Gardens

Berdiri di atas lahan seluas 38 hektare, menyimpan koleksi 10.000 tanaman asli dan eksotis. Dengan 11 halaman rumput, ada banyak ruang untuk bersantai, melepas lelah, dan memutuskan apa yang harus dilakukan selanjutnya di Melbourne.

 

Tersedia jalur jalan kaki dan joging sepanjang 3,8 km, dikenal sebagai The Tan yang mengelilingi taman, melewati pintu masuk utama, dan tugu peringatan perang Shrine of Remembrance. Selanjutnya, Anda bisa menikmati kopi di kafe Domain Road.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.