Sak Yant, Gambar Tato Kehormatan Kekaisaran Khmer Thailand

 

Sejumlah tato dalam pemakaiannya mempunyai makna yang mendalam sekaligus berkesan, sementara sisanya sering kali hanya dibuat dengan iseng. Lebih dari itu semua, tahukah Anda bahwa ada juga yang benar-benar istimewa, bahkan terasa bagaikan sihir?

Dahulu dipakai oleh para petarung, kini bertransformasi menjadi tren di kalangan backpacker dan selebritas. Tato Sak Yant mempunyai sejarah terhormat yang layak dibanggakan. Lebih jauh, Inilah sejarahnya serta aturan yang menyertainya.

 

Bagian dari Karya Seni Kuno.

expertvagabond

Tato sudah dikenal selama beberapa abad dengan variasi bentuk yang berbeda, di berbagai budaya di seluruh penjuru dunia. Ketika menyoroti Sak Yant, dapat ditemukan bukti pemakaiannya di Kekaisaran Khmer sedari abad ke-9. Ini berarti tato tersebut dibangun di atas dasar sejarah yang panjang sekaligus membanggakan.

Jika pada umumnya tato dibuat agar tampak keren, berbeda halnya dengan Sak Yant yang dilakukan untuk alasan selain merepresentasikan keangkuhan.

Bersama kekuatan magis yang dipercaya oleh pemakainya, para petarung sewaktu menuju pertempuran sering kali melukisnya pada tubuh.

Hal ini didasari oleh kepercayaan bahwa tato Sak Yant akan melindungi mereka dari segala jenis bahaya. Bahkan, sebagian orang meyakini memakainya dapat mencegah benda tajam seperti panah atau pisau melukai kulit mereka.

Meskipun kebenaran klaim semacam itu masih perlu dipertanyakan, kenyataan bahwa Kekaisaran Khmer, bersama prajurit yang menggunakan Sak Yant, pernah memerintah Asia Tenggara secara kontinyu selama lebih dari 600 tahun tidak dapat diabaikan.

Kabarnya, desainnya sangat bervariasi, di mana masing-masing tipe memuat kekuatan atau efek yang berbeda, dan seluruh tato dilukis pada kulit menggunakan tongkat bambu tajam serta jarum.

 

Gambar Tato Lima baris Hah Taew .

pinimg.com

Lima baris Hah Taew merupakan varian paling populer, menampilkan setiap baris aksara Khmer di mana itu diyakini mempunyai efek tak kalah variatif, misalnya melindungi diri terhadap marabahaya atau nasib buruk, juga menambah rasa ketertarikan dari lawan jenis.

Di sisi lain, desain harimau menawarkan perlindungan, kekuatan, serta otoritas, sehingga membuatnya jadi alternatif paling terkenal di kalangan petarung Muay Thai.

Namun demikian, hanya dengan memasang tato pada tubuh saja tidak cukup untuk memastikan Anda terlindungi oleh kekuatan sihir Sak Yant. Pasalnya, setelah itu, pengguna harus tunduk di bawah seperangkat aturan yang ketat, atau tato akan kehilangan seluruh khasiatnya.

 

baca juga:

6 Gunung Berapi Tercantik di Indonesia

 

Teguhlah pada Aturan.

Meski kenyataannya memang terdapat aturan ketat yang wajib dipatuhi setelah menerima tato Sak Yant, tetapi beberapa kebingungan kerap menyertainya.

Bagaimanapun, terdapat perbedaan mengenai ketentuan mana yang wajib dan terlarang untuk diikuti. Perbedaan tersebut bukan hanya ada dari tato ke tato, tetapi kerap kali justru dari satu kuil ke kuil lainnya tempat tato diperoleh.

Namun, aturan dasarnya sangat berorientasi pada ajaran tradisional milik agama Buddha, sebagai contoh tidak membunuh, mencuri, atau berbohong.

Namun, sejumlah ketentuan dibuat lebih spesifik dan lebih khusus, misalnya tidak boleh makan sayuran jenis labu, sisa makanan, merunduk di bawah pohon pisang, dan bahkan mabuk.

Sebagai imbasnya, larangan untuk mabuk kerap membuat sebagian turis tato Sak Yant tidak berdaya dalam sehari.

Tetapi aturan ini akan jauh lebih masuk akal ketika Anda mempertimbangkan fakta bahwa itu ditujukan kepada biksu Buddha, di mana mereka percaya menerima tato Sak Yant merupakan peristiwa spiritual yang penting.

 

Isi Ulang Kekuatan.

Bagi para pelanggar aturan, tetap dimungkinkan untuk mengisi ulang kekuatan pada tato mereka. Meskipun hal ini sesungguhnya bisa dilaksanakan kapan saja dengan mengunjungi biksu yang tepat, tetapi ada satu hari dan tempat paling populer yaitu hari Wai Khru di Wat Bang Phra.

Dapat ditempuh lebih dari satu jam dari Bangkok, Wat Bang Phra termasuk tempat paling terkenal di Thailand jika hendak menggambar tato Sak Yant.

Sementara itu, Wai Khru bisa membuat Anda melihat ribuan pemakai Buddha Sak Yant yang setia sedang menerima pengisian ulang pada tato mereka sekaligus memberi hormat kepada para biksu dan master tato.

Itu pemandangan yang bagu, di mana ribuan orang bergabung dengan para biksu dalam melantunkan mantra, sementara banyak yang dirasuki oleh kekuatan sesuai manfaat tatonya.

Seperti dewa kera Hanoman, buaya, serta harimau. Biasanya selama kerasukan, perilaku menjadi tidak menentu dan acak, sebelum ditenangkan kembali dengan menggosok telinga mereka.

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.