Reruntuhan Kuno Paling Megah, Arsitekturnya Bikin Takjub

Di seluruh dunia, ada banyak reruntuhan kuno yang mempesona. Mulai dari kota-kota bersejarah, hingga kuil atau candi yang tetap bertahan melewati ujian waktu.

Banyak dari bangunan di masa lalu, yang kini menjadi reruntuhan atau puing-puing namun tetap menakjubkan dilihat. Sebab, dari segi arsitekturnya sangat inovatif dan menggunakan teknologi yang maju di zamannya. Berikut daftar reruntuhan kuno yang bikin Anda tercengang dan takjub!

1. Ayuthaya

tripadvisor

Didirikan sekitar tahun 1350, Ayutthaya adalah kota bersejarah yang dimulai sebagai pos militer dan perdagangan Khmer.

Tidak lama kemudian pelabuhan perdagangan yang berkembang pesat ini menjadi ibu kota kuno Thailand. Selama kurang lebih 4 abad berada di masa kejayaan, namun sempat hancur dibakar penjajah Burma.

Terlebih lagi, banyak bangunan peninggalan kuno ini terbuat dari kayu, sehingga mudah terbakar dan hancur. Kini, hanya tersisa 40-50 batu dan candi yang selamat dan masih bisa dilihat wisatawan dari Bangkok.

2. Stonehenge

kompas.com

Terletak di sepanjang Dataran Salisbury di Wiltshire, Inggris, Stonehenge menjadi salah satu reruntuhan kuno yang paling dikenal di dunia.

Berasal lebih dari 5.000 tahun, cincin batu yang aneh ini adalah beberapa struktur batu tertua di planet ini. Dibuat dari batu pasir, fungsi dan asal-muasalnya masih menjadi misteri.

Siapa yang membangunnya dan mengapa sebagian besar masih belum diketahui. Dua teori populer menyatakan bahwa Stonehenge digunakan sebagai situs untuk ritual keagamaan atau untuk memantau pergerakan matahari dan bulan.

Pengunjung butuh waktu 2 jam untuk sampai ke lokasi Stonehenge dari London, Windsor, atau Bath.

3. Mesa Verde

googleusercontent

Jauh di Barat Daya Amerika, Anda akan menemukan Taman Nasional Mesa Verde dengan koleksi 600 rumah kuno di puncak tebing.

Yang paling terkenal dari tempat tinggal ini adalah Istana Tebing, dibangun menjadi ceruk batu pasir besar yang melindunginya selama lebih dari tujuh abad.

Istana ini memiliki lebih dari 150 kamar dan 23 kiva suci. Setelah ditinggali selama hampir satu abad, desa tepi tebing yang tidak biasa ini tiba-tiba ditinggalkan pada abad ke-13. Tidak ada yang benar-benar tahu mengapa.

Saat ini, sekitar 4.800 situs arkeologi yang berasal dari tahun 550 M dapat ditemukan di Mesa Verde, beberapa di antaranya terbuka untuk umum.

 

baca juga:

Sumba: Kepercayaan Marapu dan Tradisi Pasola

 

4. Sigiriya

Sigiriya adalah benteng kuno yang diukir pada permukaan batu vertikal setinggi 200 meter di dekat kota Dambulla di Sri Lanka.

Di atas apa yang sekarang dikenal sebagai Lion Rock adalah sisa-sisa peradaban kuno yang menakjubkan, yang dianggap sebagai ibu kota kerajaan Kassapa.

Di masa kejayaannya, itu termasuk benteng, istana atas, dinding cermin dengan lukisan dinding berwarna-warni yang menakjubkan. Serta, gerbang berbentuk singa.

Setelah sang raja meninggal, ibu kota ditinggalkan dan digunakan sebagai biara Buddha hingga abad ke-14.

Pendakian ke puncak Sigiriya tentu butuh perjuangan, akan tetapi pemandangan benteng, taman bertingkat, kuil di dalam gua, serta saluran air kuno akan membuatnya sepadan.

5. Masada

coraltours

Benteng kuno Masada mungkin adalah salah satu reruntuhan paling mengesankan di planet ini.

Bertengger di puncak tebing yang menghadap ke Gurun Yudea dan Laut Mati di Israel, situs ini sangat indah. Berasal dari ribuan tahun yang lalu, dibangun sebagai istana Raja Herodes.

Masada memiliki kenyamanan modern seperti pemandian dan bahkan kolam renang pribadi. Benteng ini sempat difungsikan sebagai kamp atau markas militer zaman Romawi.

6. Hampi

perbedaannya

Kota abad pertengahan terbesar kedua setelah Beijing, Hampi adalah salah satu yang terkaya di India.

Dulunya merupakan episentrum Kekaisaran Karnata yang berkembang pesat dengan kuil dan istana kekaisaran, sekarang hanya reruntuhan yang tersisa.

Didirikan pada abad ke-14 oleh dua pangeran, bekas ibu kota ini dimulai sebagai pusat keagamaan sederhana di tepi sungai.

Sorotan termasuk kuil yang berfungsi sebagai tempat ibadah pribadi keluarga kerajaan. Beserta, Rumah Kemenangan, Kuil Vitthala dengan kereta batu dan pilar musiknya, dan kuil utama dengan ukiran makhluk laut yang tampak aneh.

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.