Pengalaman Menikmati Segelas Anggur Selandia Baru Langsung di Kebunnya

Anda tidak akan salah jika berbicara tentang anggur Selandia Baru, mulai dari Auckland hingga Canterbury, negara ini adalah rumah bagi sejumlah kawasan anggur yang fantastis.

Pengalaman mencicipi anggur akan bergantung pada varietas mana yang paling Anda sukai dan bagian mana dari negara yang ingin dijelajahi.

Agar Anda lebih mudah memilih, berikut rekomendasi beberapa produsen anggur terbaik di Selandia Baru dan hasil panennya yang berharga.

 

  1. Marlborough

Marlborough, di puncak South Island, adalah wilayah penghasil anggur terbesar di Selandia Baru. Pilihan anggur sauvignon blancnya yang membuat iri telah mendapatkan pengakuan di seluruh dunia.

 

Varietas lain yang terkenal di daerah itu termasuk chardonnay, riesling dan pinot noir. Sebagian besar kilang anggurnya dapat dicapai dari kota Blenheim, hanya 20 menit dari Marlborough Sounds yang menakjubkan.

 

  1. Hawke’s Bay

Sebagai tujuan wisata kuliner dan anggur terkemuka di Selandia Baru, Hawke’s Bay mengundang Anda untuk menikmati beberapa lanskap pedesaan paling indah di North Island. Saatnya Anda memasuki beberapa kilang anggur terbaik di negara ini.

 

Wilayah ini adalah yang terbesar kedua di Selandia Baru, sekaligus salah satu yang tertua. Chardonnay merupakan varietas paling banyak yang akan Anda temukan di antara suburnya perkebunan.

 

Terlebih, mengingat Hawke’s Bay cukup beruntung memiliki musim panen yang panjang, varietas merah seperti cabernet sauvignon, merlot, cabernet franc, dan syrah juga dikenal tumbuh subur di sini.

 

  1. Auckland

Kota terbesar di Selandia Baru adalah rumah bagi sekitar 100 kebun anggur dan kilang anggur berbeda berdiri di atas tanahnya yang subur.

Wilayah Auckland memiliki beberapa kebun anggur tertua di negara itu dan paling terkenal. Menawarkan anggur bergaya Bordeaux, termasuk kaya akan pilihan cabernet sauvignon, merlot, dan chardonnay.

 

Tempat yang menyediakan aktivitas mencicipi anggur terbaik mayoritas terletak di utara dan barat kota Auckland. Setelah Anda puas mencicipi anggur, pastikan untuk memeriksa kembali hal lain yang harus dilakukan dan mencari penginapan di area tersebut.

 

  1. Waiheke Island

Perjalanan feri dari Auckland akan membawa Anda ke tujuan berharga lainnya, yakni Waiheke Island. Kondisi iklim sedang sangat memungkinkan Waiheke Island untuk membudidayakan berbagai macam anggur merah dan putih. Tanaman merambat pertama ditanam di pulau itu pada 1980-an.

 

Budidaya anggur lokal awalnya berpusat pada anggur merah berkualitas tinggi, terutama cabernet sauvignon, cabernet franc dan merlot. Sebelum produsen memperluas operasi mereka untuk kemudian memasukkan varietas seperti chardonnay, pinot gris, sauvignon blanc, syrah, dan viognier.

 

baca juga:

7 Tempat Terbaik untuk Perjalanan Sendirian, Yakin Tak Mau Coba Israel?

 

  1. Central Otago

Dikenal karena pemandangannya yang menakjubkan dan anggur merahnya yang lezat, Central Otago wajib dikunjungi bagi mereka yang menjelajahi Queenstown dan sekitarnya.

Sebagai penghasil anggur paling selatan di dunia, wilayah ini mendapatkan hak kebanggaan penuh karena menjadi satu-satunya tempat di Selandia Baru yang benar-benar menikmati kondisi iklim kontinental.

Central Otago paling terkenal dengan pinot noirnya, meskipun chardonnay, sauvignon blanc, dan riesling cukup menonjol di banyak kebun anggurnya.

 

  1. Gisborne

Sebagai titik paling timur di North Island, Gisborne menerima banyak sinar matahari. Tidak hanya itu, kawasan wine ini juga menjadi lokasi pertama di dunia yang menyambut cahaya sang surya.

Anggur putih adalah spesialisasi utama di sini. Kebun anggur dan kilang anggur Gisborne terkenal dengan chardonnay, chenin blanc, gewürztraminer, dan rieslingnya.

 

  1. Wairarapa

Kedekatannya dengan Wellington menjadikan Wairarapa tujuan wisata sehari yang ideal bagi para penggemar anggur.

Kilang anggur butik terbaik di area ini berbasis di kota Martinborough dan telah mendapatkan prestise internasional untuk pinot noir mereka.

 

Kebun anggur Martinborough juga terkenal sebagai tuan rumah Festival Makanan Roti Panggang, Anggur dan Musik pada hari Minggu ketiga setiap bulan November.

Wairarapa secara iklim sangat mirip dengan Marlborough, dengan periode curah hujan rendah dan banyak sinar matahari.

 

  1. Canterbury

Canterbury telah mendapatkan reputasi yang kokoh untuk pinot noir, chardonnay, dan sauvignon blanc-nya. Memiliki kebun anggur pertama yang dibangun tahun 1977, sekaligus merupakan yang terbesar keempat di negara tersebut.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.