Pekerja Kreatif? Ini 5 Hal yang Harus Dihindari agar Ide Tetap Lancar

 

Jika Anda adalah salah satu dari kelompok kreatif yang bekerja untuk mencari nafkah dan merasa panik setiap kali mengalami kebuntuan ide, ketahuilah bahwa sebenarnya ada beberapa hal yang berpotensi menghambat kreativitas. Oleh karenanya, hal-hal yang sifatnya menghambat ini harus segera dihentikan jika tidak ingin berakhir buruk,

Biasanya, hambatan tersebut berupa ketakutan dan kecemasan, yang jika dibiarkan maka akan mengalahkan Anda. Pikiran berlebihan adalah musuh terburuk yang bisa menghambat kemajuan diri dan menyabotase kreativitas.

Hal-hal tersebut akan membuat diri terjebak sampai Anda menemukan cara untuk menyingkirkan dan menaklukkan semuanya. Lebih jauh, inilah daftar hal-hal yang secara spesifik mampu memengaruhi motivasi dan ide Anda.

  1. Anda Tidak Percaya pada Diri Sendiri

Salah satu hal paling umum yang menghalangi kreativitas adalah kenyataan bahwa Anda tidak percaya diri sebanyak yang seharusnya. Selain itu, tidak benar-benar melihat diri Anda sebagai orang dengan pemikiran kreatif.

Dalam hal ini, Anda pasti harus mencoba melakukan sesuatu untuk meningkatkan harga diri serta kepercayaan diri. Bagaimanapun, siapa pun tidak boleh membiarkan hal seperti itu menghalangi kebahagiaan hati. Jika tidak percaya diri, maka besar kemungkinan akan menyabotase pekerjaan Anda sendiri. Kemudian, apabila berharap orang lain menghargainya, maka harus mulai melakukannya sendiri terlebih dahulu.

  1. Anda Merasa Belum Siap

Hal lain yang dapat dilakukan untuk mematikan kreativitas adalah jangan pernah merasa siap dalam memulai pekerjaan. Akibat pemikiran semacam ini, maka Anda senantiasa merasa belum saatnya mencapai semua impian.

Sebenarnya itu bukan waktu yang tepat untuk apa pun, di mana Anda tidak akan pernah sepenuhnya siap menghadapi semua rintangan di tengah jalan. Pasalnya, akan selalu ada sesuatu yang baru untuk dipelajari.

Mindset yang benar adalah bahwa semakin Anda menempatkan diri di luar sana dan kemudian berbagi hasil karya kreatif dengan orang lain, maka rasa percaya diri pun bisa semakin meningkat. Cobalah untuk tidak menunggu waktu yang tepat saat merencanakan sesuatu, karena tidak ada waktu yang lebih tepat daripada saat ini.

  1. Anda Takut Bahwa Percobaan Tidak akan Berhasil

Ketakutan dan kecemasan adalah hal paling umum yang dapat menyebabkan Anda mengalami hambatan kreativitas. Cobalah untuk tidak membiarkan sikap buruk itu mencegah Anda mengekspresikan diri. Sejatinya Anda memiliki begitu banyak hal untuk ditawarkan. Jangan takut bahwa semuanya tidak akan berhasil!

Percaya pada apa yang telah dilakukan dan percaya bahwa Anda benar-benar ahli dalam hal itu! Sesungguhnya hidup adalah tentang mengejar pengalaman hebat, di mana kreativitas termasuk sesuatu yang layak dikejar terlepas dari bagaimanapun hasil akhirnya.

baca juga:

Bepergian Selama Wabah Covid-19, 6 Barang Ini Wajib Ada dalam Tas Kamu

 

  1. Anda Merasa Tidak Berbakat Seperti Orang Lain

Keyakinan ini adalah akibat langsung dari memiliki harga diri yang sangat rendah sehingga pastinya berpotensi menghalangi kreativitas, juga menyebabkan Anda sering mengalami hambatan. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah kebiasaan yang sangat berbahaya dan kita semua tergoda untuk melakukannya dari waktu ke waktu.

Cobalah untuk melawan sebanyak yang Anda bisa demi mencegah kebiasaan ini dan mulailah lebih percaya pada diri sendiri! Anda sama berbakatnya dengan orang lain dan bahkan lebih, lalu cobalah untuk selalu ingat bahwa apa yang biasanya terlihat biasa-biasa saja bagi diri, akan terlihat luar biasa menurut orang lain.

  1. Anda Terus Terobsesi Atas Kegagalan Masa Lalu

Terus-menerus memikirkan kegagalan masa lalu adalah cara pasti untuk membuat diri merasa sedih dan kehilangan kepercayaan diri dalam pekerjaan Anda. Hindari terobsesi dengan kegagalan masa lalu karena itu akan menyulitkan Anda bergerak maju.

Pikirkan tentang pelajaran yang telah diperoleh dari semua pengalaman buruk di masa lalu dan fokuslah pada masa depan Anda. Hindari terlalu memikirkan masa lalu sebab tidak ada yang bisa diubah atas hal itu.

Apa yang telah dilakukan sudah selesai dan tidak ada gunanya mencoba mengubah hal-hal yang tidak dapat diubah. Anda hanya akan membuang energi dan juga dapat memblokir potensi serta kreativitas.

Memang tidak mudah mengelola pikiran sendiri guna mendapatkan kreativitas terbaik, tetapi ini tidak berarti mustahil. Selama masih terus mencoba, pasti akan ada jalan!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.