Pesona Obyek Wisata Pantai Papuma di Jember, Jawa Timur

Pantai Papuma – Di Jawa Timur, terdapat sebuah kota kecil yang bernama Jember. Kota yang merupakan bagian dari Kabupaten dengan nama yang sama ini terletak di wilayah Tapal Kuda. Meski tak seramai Surabaya maupun Malang, Jember mempunyai daya tarik tersendiri yang membuat wisatawan selalu ingin kembali ke sana. Ya, Jember memang terkenal akan obyek wisata pantainya yang eksotis. Salah satunya adalah Pantai Papuma. Penasaran dengan keindahan obyek wisata Pantai Papuma yang kini sedang naik daun? Yuk, ikuti ulasan lengkap tentang Pantai Papuma yang ada di Jember berikut ini!

Lokasi Pantai Papuma

Pantai Papuma tepatnya berada di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Kawasan wisata yang menjadi salah satu unggulan Jember ini berjarak sekitar 45 km dari pusat kota Jember. Bila Anda menempuh perjalanan dengan motor ataupun mobil pribadi, waktu tempuhnya sekitar satu hingga satu setengah jam dari Kota Jember. Namun, bagi Anda yang bersal dari Surabaya dan Malang, Anda harus menempuh perjalanan sekitar lima hingga enam jam untuk sampai di lokasi pantai. Dari Denpasar, Bali, Anda harus menghabiskan waktu kurang lebih tujuh hingga delapan jam perjalanan untuk sampai ke Pantai Papuma.

Akses lokasi

Akses menuju Pantai Papuma terbilang cukup curam dan tidak dapat dicapai dengan menggunakan angkutan umum. Jadi, bila Anda berencana untuk berlibur ke Pantai Papuma sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan untuk dipakai beramai-ramai dengan teman. Disarankan juga untuk memilih kendaraan yang memiliki performa prima dan menghindari kendaraan dengan tipe sedan karena medan yang cukup sulit.

Baca juga: Nasi Pecel Gudeg Lumintu, Sajian Kuliner Nikmat Khas Jember

 Rute transportasi

Rute ke Pantai Papuma yang bisa Anda ambil bila memulai perjalanan dari Surabaya adalah menuju ke kota Sidoarjo kemudian cari petunjuk ke arah kota Pasuruan. Dari sana, Anda melanjutkan perjalanan ke Kota Probolinggo kemudian Lumajang dan terakhir Jember. Setiba di Jember, Anda dapat memilih rute ke arah utara Jln. Kartini – Jln. Gatot Subroto – Jln. Jendral Ahmad Yani – Jln. Nasional III – terus belok kiri ke Jln Otto Iskandar Dinata – Jln. Semeru – Jln. Argopuro – Jln. Kawi – Jln. Jember Ambulu – Jln. Kopral Suetomo – Jln. Raya Suyitman – Jln Ambulu – Watulo. Setelah itu, ikuti saja petunjuk arah hingga tiba di obyek wisata Pantai Papuma.

Sebelum masuk kawasan pantai, Anda akan disambut oleh panorama hutan jati, yang menjadi pintu utama menuju Pantai Papuma. Di dalam hutan yang dikenal dengan sebutan Hutan Maliki ini masih tersimpan kekayaan fauna dan flora khas Indonesia. Tak perlu takut menembus hutan ini sebab pengelola telah menyediakan jalan khusus bagi wisatwan yang akan menuju Pantai Papuma.

Keindahan Pantai Papuma

Pantai Papuma dikenal pula dengan sebutan Pantai Tanjung Papuma sebab posisi daratannya menjorok ke laut menyerupai tanjung. Pantai ini juga disebut Pantai Pasir Putih Malikan karena memiliki pasir putih dengan hamparan batu-batu yang bila diterjang ombak lalu saling terberai membalik. Perpaduan antara pasir putih dan batu karang yang menyebar di pinggir pantai inilah yang membuat obyek wisata ini sangat indah dan eksotis.

Ciri khas Pantai Papuma

Pantai Papuma memiliki tujuh karang besar yang menjulang di pantai dan menjadi ciri khas tempat ini. Saking besarnya ukuran karang-karang ini hingga bentuknya hampir menyerupai sebuah pulau. Masing-masing karang mempunyai nama yaitu pulau Kresna, pulau Narada, pulau Nusa Barong, pulau Batara Guru,pulau Kajang dan pulau Kodok yang bentuknya menyerupai kodok. Saat air surut, Anda dapat merasakan sensasi berdiri di atas karang dan juga melihat ikan-ikan yang berenang lincah di bawah karang. Bagi pecinta ikan, Anda dapat membeli langsung dari para nelayan yang kembali ke darat antara pukul 11 hingga 1 siang. Anda dapat membakar ikan-ikan tangkapan ini langsung di pantai atau membawa ke warung-warung terdekat untuk dimasakkan.

Karena jaraknya yang lumayan jauh, pengunjung yang berasal dari luar kota Jember di sarankan untuk menginap. Jangan khawatir, fasilitas penginapan di area obyek wisata Pantai Papuma terbilang cukup lengkap mulai cottage hingga hotel tersedia di sana dengan harga yang bervariasi dan cukup terjangkau. Fasilitas lain yang ada di Pantai Papuma berupa mushola, toilet, serta warung-warung makan dengan sajian aneka sea food yang menggoda selera.

Tarif masuk dan biaya parkir Pantai Papuma

Harga tiket masuk ke Pantai Papuma Jember cukup murah saja, yaitu Rp. 5000,- per orang untuk hari biasa dan Rp. 7000,- per orang pada hari libur. Biaya parkir untuk kendaraan roda dua sebesar Rp. 2000,- roda empat Rp. 4000,- dan roda lebih dari empat sebesar Rp. 6000,-. Cukup murah bukan?

Tips wisata ke Pantai Papuma

Keindahan Pantai Papuma di Jember, Jawa Timur, semakin hari semakin menarik perhatian masyarakat luas di tanah air. Ini terbukti dengan semakin banyak pengunjung yang saban musim liburan berkunjung, membuat Pantai Papuma tidak pernah sepi wisatawan.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ataupun baru pertama kali mengunjungi Pantai Papuma, ikuti dulu tips-tips berikut ini ya…

  1. Pilih moda transportasi

Sebelum berlibur ke suatu tempat wisata, pastikan rencana perjalanan wisata Anda sudah matang. Termasuk cara menuju ke lokasi. Dari pusat kota Jember, para wisatawan bisa menaiki beberapa pilihan moda transportasi seperti sewa mobil, taksi atau ojek. Di zaman lampau, sebetulnya masih ada angkutan umum reguler yang menuju lokasi, namun seiring waktu dengan makin banyak kendaraan pribadi, angkutan umum ke Pantai Papuma sudah tergantikan dan “punah”. Jadi, jika Anda berniat menyewa taksi, tarifnya sekitar Rp 100.000 dengan lama tempuh perjalanan sekitar 1,5 jam. Bila ingin harga yang relatif lebih miring, silakan naik ojek. Tarifnya hanya sekitar Rp 30.000 sampai Rp 50.000.

  1. Keindahan sunset

Pantai Papuma seringkali dijadikan sebagai spot wisata menarik bagi para fotografer yang ingin mengabadikan momen terbaik ketika matahari tenggelam ataupun matahari terbit. Jika Anda termasuk salah satu pecinta momen sunset, datanglah lebih pagi, sekitar pukul 04.00. Langit yang perlahan-lahan memerah dan akhirnya terang benderang menyinari lautan biru akan menjadi pemandangan yang menakjubkan dan sulit dilupakan seumur hidup.

  1. Pergi ke toilet

Perlu diperhatikan para pengunjung bahwa fasilitas seperti toilet umum sudah tersedia dengan memadai dan cukup banyak. Hanya saja, toilet umum tidak tersedia di puncak Siti Hinggil yaitu dataran tinggi sebagai tempat membidikkan kamera ketika menangkap momen sunset. Jadi, disarankan untuk pergi ke toilet terlebih dahulu yang ada di warung-warung sekitar pantai sebelum Anda menaiki puncak Siti Hinggil.

  1. Jaga kebersihan

Meskipun Anda pendatang dan tidak setiap hari berada di Pantai Papuma, jadilah tamu yang baik dengan menjaga kelestarian lingkungan serta kebersihan kawasan Pantai Papuma. Di beberapa sudut Pantai Papuma sudah terdapat tempat sampah, bahkan di puncak Siti Hinggil untuk memotret sunset juga sudah ada. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk membuang sampah sembarangan ya..

Bila Anda berniat untuk berwisata ke Pantai Papuma, jangan lupa membawa kamera karena banyak sekali spot indah yang dapat diabadikan. Selamat bersenang-senang!  (jari adventure-det/ Image: Tempatwisataseru.com)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.