8 Wisata Seru di Prigen, Cocok Buat Liburan Sekolah Anak

Sebagai salah satu kecamatan di Pasuruan, Jawa Timur, Prigen terkenal dengan spot-spot eksotisnya.

Dapat ditempuh selama 1,5 jam dari Surabaya, serta dekat dengan Malang, Prigen adalah pilihan terbaik untuk perjalanan singkat bersama keluarga Anda.

Daerah ini juga disukai oleh wisatawan lokal atau internasional karena cuaca yang berangin dan dingin. Dari taman safari hingga kafe kekinian, semuanya layak diperhitungkan.

 

1. Taman Safari Indonesia II.

tempo.co

 

Taman Safari Indonesia II adalah salah satu taman safari terbesar di Asia yang terletak di lereng Gunung Arjuno, Prigen.

Memiliki keanekaragaman spesies dan atraksi hewan terbaik di Indonesia, kolam renang dengan sistem filter air yang canggih, dan habitat yang tidak rusak serta suasana rimbun.

Taman Safari Indonesia merupakan tempat wisata yang ramah lingkungan dan berorientasi pada habitat satwa liar di alam bebas. Bagi Anda pecinta binatang, destinasi ini merupakan alternatif paling tepat untuk mengisi waktu luang.

 

2. Hutan Cempaka Prigen.

Kuliner Mantap

 

Hutan Cempaka Prigen merupakan tempat tongkrongan yang menyasar kawula muda sebagai target. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai spot foto menarik dan instagramable yang dijamin sanggup membuat betah berlama-lama.

Sembari menikmati suasana dingin khas Prigen, pengunjung dapat memesan sejumlah menu pilihan. Dari varian kopi, jahe penghangat badan, gorengan, roti, hingga mie rebus, semuanya patut dicoba.

Dari segi konsep secara keseluruhan, kafe berbasis hutan ini bernuansa outdoor. Jadi, di beberapa sudut Anda akan menemukan gazebo, tenda, ayunan, hingga live music acoustic.

Dibuka setiap pukul 12.00 sampai 20.00 WIB, pastikan untuk tidak melewatkannya!

Untuk masalah harga, patokannya pun relatif beragam. Mulai dari Rp5.000 hingga Rp50.000 dan Anda sudah bisa memperoleh makanan serta minuman sekaligus.

 

3. Agrowisata Wonosari.

idntimes

 

Agrowisata Wonosari merupakan salah satu tempat wisata populer yang terletak di lereng Gunung Arjuno yang memiliki ketinggian sekitar 1.250 meter di atas permukaan laut.

Perkebunan teh seluas lebih dari 1.000 hektar ini terbagi menjadi 3 bagian, Kebun Wonosari, Kebun Raden Agung, dan Kebun Gebug Lor.

Di sini, Anda tidak hanya disuguhkan pemandangan indah pegunungan dan sejuknya udara, tetapi juga berbagai fasilitas dan aktivitas seru.

 

Baca juga:

Pantai Lubuk, Berwisata Pantai Penuh Ceria

4. Tretes Treetop Prigen.

Tretes Treetop Prigen merupakan taman wisata alami yang menawarkan petualangan seru dan menantang.

Salah satu aktivitas favorit di sini adalah flying fox. Karena, rutenya merupakan salah satu yang terpanjang di Asia, yaitu 1 km dengan ketinggian 10 meter. Luar biasa, bukan?

 

5. Candi Jawi.

TripTrus

 

Berasal dari akhir abad ke-13 kerajaan Singhasari, Candi Jawi adalah candi Hindu-Budha sinkretis. Candi ini terletak di lereng timur Gunung Welirang. Kompleks candi berukuran 40 x 60 meter persegi, dikelilingi tembok bata merah setinggi 2 meter.

Dikelilingi oleh parit yang dipenuhi tanaman teratai berbunga. Candi ini berukuran tinggi 24,5 meter dengan dasar struktur berukuran 14,2 x 9,5 meter.

Strukturnya tinggi dan ramping dengan atap menjulang tinggi dan bermahkotakan kombinasi puncak kubus dan stupa.

 

6. Masjid Muhammad Cheng Hoo.

idntimes.com

 

Selain sebagai tempat ibadah, masjid Muhammad Cheng Hoo juga dijadikan sebagai objek wisata religi yang populer di Jawa Timur. Sekaligus tempat singgah setelah menjelajahi Taman Safari Prigen.

Daya tarik utama masjid ini tentu saja konstruksi bangunannya yang menyerupai klenteng khas China. Masjid ini juga 90 persen dihiasi dengan ornamen Cina, dinding bercat merah, dan kaligrafi tulisan Cina-Arab.

 

7. Gunung Arjuno-Welirang.

okezone.com

 

Gunung Arjuno (kadang-kadang dieja Gunung Arjuna) adalah gunung berapi kerucut di Jawa Timur, Indonesia dengan ketinggian 3.339 meter di atas permukaan laut.

Puncak Gunung Arjuno terletak pada punggungan yang sama dengan puncak Gunung Welirang, sehingga sering disebut Arjuno-Welirang.

Selain sebagai destinasi pendakian, Arjuno-Welirang juga menawarkan berbagai tempat wisata yang menarik.

Di antaranya adalah air terjun Kakek Bodo, mata air Sungai Brantas, hutan Dipterokarp, hutan Montane, dan Ericaceous Forest, atau hutan pegunungan.

 

8. Air Terjun Putuk Truno.

difawisata

 

Air Terjun Putuk Truni menawarkan keindahan yang mempesona dengan areanya yang rimbun dan air terjun dengan ketinggian 45 meter.

Berada di kaki Gunung Welirang dan Gunung Arjuno, Anda juga bisa menikmati udara sejuk dan menyegarkan di sini.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.