Menjelajah Pulau Buru, Pulau Cantik Sang Sastrawan

Pulau ini terletak di ujung timur Indonesia yaitu di Kepulauan Maluku, saksi hidup seorang sastrawan besar Indonesia, Pramoedya Ananta Toer.

Selain dikenal sebagai tempat penahanan tawanan politik, pulau ini memiliki banyak destinasi wisata anti mainstream yang layak kamu kunjungi.

Pulau Buru sendiri merupakan penghasil minyak kayu putih dengan kualitas terbaik. Tak hanya itu saja, keindahan alam disana juga sangat menggoda untuk dijelajahi.

Terlebih wisata sejarahnya yang semakin terlihat kental dalam Pulau Buru ini. Nah berikut beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi ketika harus ke Pulau Buru,

 

1.   Pantai Jikumerasa

Terletak di Desa Jikumerasa dan berjarak sekitar 27 kilometer dari Kota Namlea Pulau Buru. Di kawasan ini terdapat danau air asin dan ketika air pasang akan terisi air.

Namun, ketika air laut surut danau ini tidak mengering. Selain itu pantai ini  memiliki pasir putih yang populer dan banyak dikunjungi ketika akhir pekan.

Pastikan juga kamu menyaksikan keindahan matahari tenggelam di pantai ini.

 

2.   Pantai Merah Putih Namlea

Lokasi Pantai ini dulu nya tidak difungsikan namun pemerintah mampu membangun fasilitas untuk menarik perhatian wisatawan.

Pantai Merah Putih terletak di Kota Namlea, dekat dengan pelabuhan kecil. Kamu bisa duduk-duduk sambil ngobrol dan menikmati kuliner khas Maluku yang dijajakan di warung-warung kawasan.

 

3.   Bukit Tatango

Meskipun Pulau ini dikelilingi pantai tapi nggak semua wisata hanya pantai saja lho, ada Bukit Tatango yang bisa kamu datangi, jarak antara pusat Namlea.

Nah, kalau kamu memakai sepeda motor dari simpang lima Namlea, kamu hanya butuh waktu 5 menit untuk mencapai bukit.

Saat kamu menuju ke atas bukit, ada jalur pendakian yang digunakan para pencari daun kayu putih. Jalurnya tidak terlalu curam untuk dinaiki.

Sehingga, mudah sekali mencapai puncak, setelah sampai puncak kamu bisa menikmati pemandangan teluk Namlea yang berpadu dengan Gunung Batabual.

Datanglah di pagi hari untuk menikmati sunrise diatas Bukit Tatango.

 

4.   Waterfall Waeura

Salah satu tempat wisata yang harus ada di list liburan kalau mampir ke Namlea yaitu air terjun Waeura. Perpaduan air terjun yang jernih dengan batuan yang besar menjadi daya tarik tersendiri.

Selain itu air terjun ini jaraknya tak cukup jauh dari pusat kota Namlea sehingga mudah menarik perhatian wisatawan. Suara gemericik air dan ketenangan alam akan membuat kita enggan beranjak dari air terjun ini.

 

baca juga:

Travelling Sendirian Juga Asyik, Lho! Intip Fakta-fakta Menarik Ini

 

5.   Danau Rana

Berbeda dengan tempat wisata sebelumnya, justru Danau Rana ini tidak banyak dikunjungi oleh wisatawan karena jarak tempuh yang jauh dari Namlea, danau ini juga keramat oleh masyarakat sekitar.

Bahkan, ada beberapa tempat yang tidak boleh digunakan untuk foto dan apabila ada yang ingin berfoto harus izin terlebih dulu kepada penduduk sekitar.

Di danau ini kamu bisa berkeliling menggunakan perahu yang dimiliki penduduk sekitar sambil menikmati teratai di atas air danau yang tenang.

 

6.   Pantai Talaga

Kembali lagi nuasa pantai yang ditawarkan oleh Pulau Buru ini, yaitu Pantai Talaga. Pantai ini tak kala memukau dibandingkan pantai-pantai sebelumnya.

Di pantai ini pengunjung bisa bersnorkling di laut karena airnya yang jernih apalagi keindahan bawah laut yang ditawarkan mampu membius seseorang untuk berlama-lama di dasar laut.

Datanglah kala senja pasti kamu akan menemukan spot terbaik untuk menikmati matahari terbenam.

 

7.   Pantai Lala

Terletak di desa Lala, yang berjarak sekitar 10 menit dari kota Namlea, Pulau Buru. Pantai ini cocok untuk dijadikan spot memburu matahari terbit. Apalagi akses menuju pantai sangat mudah.

Di sepanjang bibir pantai kamu bisa menjumpai pohon kelapa yang menambah syahdu dan tenang.  Kalau kamu ingin berswafoto bisa langsung ke Pulau Lala untuk menikmati padang savana yang indah.

 

8.   Bukit Dusun Watampuli

Melihat pemandangan dari atas bukit dan bisa menyaksikan aktivitas penduduk sekitar merupakan pemandangan yang menakjubkan. Serta mampu membius seseorang untuk sejenak lupa dengan hiruk pikuk perkotaan.

Bukit Dusun Watampuli ini bisa menjadi jawaban atas pencarianmu. Suasana alam yang sejuk dan Asri mampu membawa suasana syahduh dan menenangkan.

Ditambah lagi keramahtamahan penduduk sekitar mampu membuat kita betah untuk berlama-lama menikmati pemandangan langka ini.

 

Siap menjelajah Pulau Buru, Yuk segera!! Tetap ingat protokol kesehatan ya.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.