Mengenal Seni Renoir di 5 Lokasi

 

Pierre Auguste Renoir adalah salah satu pelukis impresionis Prancis yang paling memiliki pengaruh signifikan dan telah menciptakan beberapa mahakarya terbaik dalam sejarah seni.

Hal paling mengesankan adalah penggambaran Renoir tentang kecantikan dan sensualitas tubuh wanita. Dia bisa menampilkan sosok yang menyatu dengan lingkungan sekitar.

Setelah menciptakan beberapa ribu lukisan, ada banyak lokasi untuk melihat karya seninya. Berikut museum dan galeri terbaik guna mendapatkan wawasan tentang kejeniusan artistiknya.

 

  1. National Gallery of Art, Washington DC.

virtosuart

Museum nasional lain yang cukup beruntung memiliki karya da Vinci dalam koleksinya adalah National Gallery of Art di Washington DC. Faktanya, ‘Ginevra de’ Benci’ adalah satu-satunya lukisan karya Leonardo yang dilihat publik di Amerika.

Potret itu merupakan salah satu eksperimen pertama Leonardo dengan lukisan cat minyak. Terdapat beberapa kerutan di panel yang menunjukkan bahwa dia masih berusaha mengendalikannya.

Galeri memperoleh potret ini pada tahun 1967 dengan harga US$5 juta, sebuah rekor tinggi kala itu.

 

  1. Musee d’Orsay, Paris.

jakpost

 

Koleksi raksasa karya impresionis dan pasca-impresionis dapat ditemukan di tempat yang dulunya adalah stasiun kereta api.

Awalnya Gare d’Orsay, bangunan ini adalah salah satu contoh terbaik dari gerakan Beaux-Arts di Prancis, di mana banyak fitur seperti jam yang indah sengaja dipertahankan.

Dibutuhkan bangunan bergaya mengesankan untuk menyamai koleksi yang menampilkan beberapa Manet terbaik, Van Goghs, dan Gauguin, tetapi Musee d’Orsay sukses mengelola prestasi ini.

 

  1. The Phillips Collection, Washington D.C.

nyt

The Phillips Collection didirikan oleh Duncan dan Marjorie Acker Phillips, di mana mereka menampilkan artis seperti Matisse, Picasso, Monet, Braque, Dove, serta van Gogh.

Dibuka pada tahun 1921, museum seni modern pertama di Amerika ini mampu menampilkan hampir 3000 karya impresionis Amerika dan Eropa serta seniman modern.

Mungkin bagian terpentingnya adalah Luncheon of the Boating Party (1881) karena mampu menggambarkan suasana indah di mana teman-teman Renoir berkumpul sambil menikmati makanan serta anggur di balkon restoran Maison Fournaise, yang menghadap ke Seine.

Lukisan itu merupakan refleksi menarik dari perubahan dalam masyarakat Prancis dengan restoran yang membuka pintunya untuk semua jenis kelas dari pengusaha hingga wanita, seniman, gadis toko dan aktris.

Renoir berhasil mempertahankan ‘kesegaran visinya’ sambil menciptakan salah satu karya seni yang paling megah. Koleksi Phillips sendiri secara luas dianggap sebagai salah satu koleksi pribadi terbaik di dunia.

 

  1. Barnes Foundation, Philadelphia.

amazonaws.com

The Barnes Foundation adalah salah satu lembaga pendidikan seni dan hortikultura paling signifikan di Amerika. Memiliki lebih dari 2500 karya seni dengan sekitar 800 lukisan yang terutama menampilkan seniman impresionis, juga modern.

Gedung Barnes yang baru dibuka pada tahun 2012 dan sering digambarkan sebagai ‘galeri di taman, taman di galeri’ karena gaya arsitekturnya sungguh luar biasa.

Koleksi Barnes menawarkan 181 karya Renoir, 69 Cezannes dan 59 Matisses serta karya Degas, Titian, Prendergast, dan Seurat.

Pameran-pameran tersebut telah diatur dengan sangat baik serta dilengkapi artefak sekaligus furnitur. Kepemilikan penting oleh Renoir antara lain Jeune garcon sur la plage d’Ypor (1883), Les baigneuses (1918), dan Noirmoutier (1892).

 

baca juga:

  1. Musee Renoir, Cagnes-sur-Mer.

Musee Renoir dapat ditemukan di Cagnes-sur-Mer hanya 30 menit dari Nice dan terletak di rumah keluarga seniman.

Dikelilingi oleh pohon zaitun berusia seabad dan pemandangan yang mempesona sejauh Cap d’Antibes, museum ini memungkinkan Anda mengenal kehidupan Renoir lebih dekat.

Pengunjung bahkan dapat masuk ke studionya guna memeriksa kuas serta warna yang terakhir ada di palet artis.

Renoir menghabiskan 12 tahun terakhir hidupnya dalam suasana yang indah ini di mana sebagian waktunya digunakan untuk mengisi rumah dengan patung, lukisan, foto, dan benda-benda pribadi lainnya.

Koleksi museum menampilkan 14 lukisan dan banyak patung di samping wawasan informatif tentang hidupnya.

Musee Renoir tampak seolah-olah telah diabadikan dalam kapsul waktu di mana sang seniman baru saja dengan cepat melangkah keluar untuk kembali sebentar lagi, lalu mengambil karyanya.

Itulah pengantar seni Renoir lewat lima lokasi. Apakah Anda tertarik mengunjungi salah satunya?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.