Panduan Membeli Permata Zamrud di Kolombia, Jangan Tertipu!

Kolombia terkenal dengan beberapa ekspor yang berbeda, kopi dan minyak mentah di antaranya. Namun, hanya sedikit orang yang tahu bahwa zamrud Kolombia menyumbang hingga 90 persen dari pasar zamrud dunia, dan termasuk paling murni di planet ini.

Membeli zamrud di Kolombia itu mudah, meski ada beberapa hal yang harus diketahui oleh calon pembeli. Berikut panduan tentang pembelian zamrud Kolombia, termasuk sejarahnya, di mana Anda bisa menemukan permata terbaik dan bagaimana agar tidak ditipu.

 

  1. Sejarah zamrud di Kolombia

pinimg

Zamrud Kolombia ditemukan di dua area, yaitu distrik Chivor dan Mizo, dan telah dihargai oleh orang-orang di sini sejak 300CE. Pada abad ke-16, penjajah Spanyol menguasai tambang dan memaksa penduduk asli Muzo bekerja untuk mereka. Batu mulia itu kemudian dijual kepada keluarga kerajaan dan orang kaya di Eropa, India, serta Turki.

 

Pada akhir abad ke-17, produksi di kedua tambang telah menyusut , tambang Chivor ditinggalkan dan hilang, meskipun ditemukan kembali 200 ratus tahun kemudian. Setelah Kolombia merdeka dari Spanyol, perusahaan swasta dan pemerintah mengambil alih tambang

 

Namun, tahun-tahun pelanggaran hukum, kekerasan dan pergolakan politik memengaruhi mereka sepanjang abad ke-19 dan ke-20. Pada 1980-an, Green Wars menyebabkan perampokan dan kekerasan saat kartel narkoba dan keluarga penambang berjuang untuk menguasai wilayah pertambangan zamrud.

 

Proses perdamaian ditengahi oleh Gereja Katolik pada tahun 1991 dan tambang tersebut telah dioperasikan oleh baron zamrud setempat. Yang paling terkenal adalah Victor Carranza, dikenal sebagai miliarder zamrud tsar, menguasai hingga 40 persen perdagangan zamrud di Kolombia sebelum kematiannya pada 2013.

 

  1. Apa yang perlu Anda ketahui ketika membeli zamrud

Zamrud Kolombia dikenal karena keunggulannya. Hal terpenting yang harus diingat saat membeli zamrud di sini adalah harganya sesuai dengan kualitas batu tersebut. Zamrud Kolombia biasanya paling mahal di dunia. Namun, Anda dapat mengambilnya dengan harga paling rendah $30 hingga $10.000.

 

Perbedaan harga sangat bergantung pada kualitas batunya. Kisaran harga $30 adalah formasi zamrud yang lebih muda, di antara warna buram dan terang. Mungkin juga memiliki corak yang lebih biru kehijauan.

 

Di sisi lain, zamrud seharga ribuan dolar berwarna bening atau berwarna hijau tua, dan akan terbentuk selama 40 juta tahun. Bahkan batu kecil dengan kualitas ini akan berharga minimal beberapa ratus dolar.

 

Meskipun warna batu adalah kunci dalam menentukan harga, Anda juga harus memeriksa batu apakah ada inklusi, seperti gelembung udara atau kristal internal, yang dapat menurunkan harga. Batu lebih terang dengan inklusi lebih sedikit daripada yang lebih gelap cenderung lebih mahal, terlepas dari warnanya masing-masing.

 

Mudah saja menemukan barang palsu dengan mendekatkan permata ke kaca pembesar atau lampu dan memeriksa inklusinya. Batu yang sempurna, tanpa satu pun inklusi, kemungkinan besar palsu. Beberapa dealer telah diketahui menukar permata asli dengan yang palsu setelah penjualan selesai, jadi periksa kembali batu Anda setelah pembelian.

 

baca juga:

Pemandian Batu Ampar, Salah Satu Obyek Wisata Andalan di Lingga, Kep. Riau

 

  1. Tempat terbaik di Kolombia untuk membeli zamrud

Tempat terbaik untuk membeli zamrud di Kolombia adalah pasar zamrud di Bogotà. Karena sebagian besar zamrud Kolombia ditambang di wilayah Boyacá dan Cundinamarca, lantas melewati ibu kota di dekat kawasan ini.

 

Bogotà memiliki Distrik Zamrud khusus di dekat lingkungan La Candelaria, antara 12th Street dan 6th Avenue, dan ini adalah tempat terbaik untuk membeli perhiasan zamrud di kota. Pusat Perdagangan Zamrud Bogotá di Avenida Jiménez adalah tempat bagus lainnya untuk membeli batu berkualitas baik.

 

Anda juga dapat membeli zamrud Kolombia berkualitas di Cartagena, tempat paling terkemuka adalah Caribe Jewelry, Emerald Museum, Lucy Jewelry. Lucy Jewelry menolak untuk membayar komisi kepada pemandu yang membawa pelanggan, dan menjaga harga tetap rendah bagi konsumen.

 

Jika memutuskan untuk membeli zamrud atau perhiasan zamrud di Kolombia, yakinlah Anda akan membeli batu indah dari rumah perdagangan zamrud dunia. Cukup periksa batunya, negosiasikan harga dan belanjalah di toko ternama. Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami masalah yang merepotkan.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.