Mengagumi Matahari Terbit dari Punthuk Setumbu, Magelang

Candi Borobudur mungkin terkenal, tetapi bukan satu-satunya daya tarik di Kabupaten Magelang. Jika Anda mengunjungi desa-desa di sekitar candi. Anda akan menemukan pekerjaan pengrajin dan beberapa situs bersejarah yang ditinggalkan yang tampaknya kurang menarik wisatawan.

Namun, ada satu hal yang sayang untuk dilewatkan saat berada di kawasan tersebut. Menikmati keindahan pura dari bukit Punthuk Setumbu di desa Karangrejo.

Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan matahari terbit di timur dan juga melihat sisi lain keindahan Borobudur.

Pukul 04.00 WIB pengunjung dapat menuju Punthuk Setumbu. Dengan menggunakan sepeda motor sekitar 15 sampai 20 menit, kemudian Anda akan sampai di tempat parkir objek wisata.

Untuk mencapai bukit tersebut, pengunjung harus membayar Rp 15 ribu. Kemudian, Anda akan terus mendaki sekitar 400 meter di permukaan tanah yang licin.

 

Puncak Punthuk Setumbu

borobudurnews.com/

Jalan setapak menuju puncak bukit diterangi oleh lampu-lampu yang dipasang di beberapa tempat. Di puncak Punthuk Setumbu banyak terdapat pohon-pohon besar seperti jati dan akasia.

Ada juga menara pandang, gazebo, toilet, dan bangku kayu. Pukul 05.15, secercah cahaya kemerahan akan merayap ke langit cerah di depan Anda. Gunung Merapi mulai menunjukkan keindahannya, disusul Gunung Merbabu beberapa menit kemudian.

“Waktu paling ideal untuk berkunjung ke sini adalah Juni atau Agustus saat musim panas,” kata Rochim, seorang warga setempat. Suara kicau burung di pagi hari juga menambah ketenangan suasana.

Pukul 06.20, kabut hutan perlahan menghilang dan menampilkan keeksotisan Candi Borobudur dari kejauhan.

Tempat ini sangat cocok bagi pengunjung yang menyukai fotografi. Bukit Pundhuk Setumbu kini tidak hanya menjadi tujuan wisata alternatif bagi yang berkunjung ke Borobudur, tetapi juga menjadi mata pencaharian bagi warga di sekitarnya.

Bukit Setumbu adalah nama sebuah dataran tinggi yang terletak sekitar 4 km sebelah barat candi Borobudur. Ini adalah lokasi terbaik untuk menikmati matahari terbit Borobudur dari ketinggian sekitar 400 m di atas permukaan laut.

 

Menyaksikan Matahari Terbit

jejakpiknik

Di pagi hari, Anda dapat menyaksikan bentuk Borobudur yang mistis dengan dua gunung di sampingnya (Gunung Merapi & Gunung Merbabu), sinar matahari terbit menembus kabut yang menutupi seluruh area Borobudur dan sekitarnya, selagi bisa mendengar burung bernyanyi. Suasana tenang dan damai yang tidak akan pernah Anda lewatkan.

Yang perlu Anda lakukan adalah memutuskan waktu terbaik untuk mengunjunginya dan pengorbanan Anda untuk bangun pagi-pagi untuk mengejar waktu sebelum matahari terbit.

Untuk melihat matahari terbit tidak 100% mungkin di musim hujan. Jadi, jangan berharap bisa melihat matahari terbit penuh ketika Anda pergi ke sana pada hari hujan.

Jangan lupa bawa kamera, ya! Tapi, sebenarnya atraksi utama bukan hanya matahari terbit saja. Area Borobudur yang berkabut akan terlihat eksotis

Banyak pengunjung yang pergi ke sana untuk melihat matahari terbit tidak menyadari, daya tarik utama adalah untuk melihat Borobudur menampakkan bentuk loncengnya dari hutan yang diselimuti kabut.

 

baca juga:

Refreshing Jiwa, 6 Alasan Mengapa Yunani Wajib Dikunjungi

 

Sejarah singkat Punthuk Setumbu

Tribun Jogja – Tribunnews.com

Awalnya, Punthuk Setumbu merupakan salah satu bukit yang termasuk dalam gugusan Pegunungan Menoreh. Bukit ini dulunya adalah ladang rakyat. Namun setelah seorang fotografer mengabadikan foto matahari terbit dengan pemandangan Candi Borobudur yang terlihat indah saat diselimuti kabut.

Bukit ini pun semakin terkenal dan akhirnya menjadi salah satu tempat wisata populer di Magelang dan Jogja.

Setelah sampai di puncak anda akan menemukan banyak wisatawan lain dari berbagai negara yang sedang menunggu matahari terbit, sekitar jam setengah enam matahari akan terbit. Saat itulah, kita bisa melihat keindahan alam Kabupaten Magelang yang diselimuti kabut, perlahan Candi Borobudur mulai terlihat dengan kabut tipis yang menutupinya.

Pemandangan matahari terbit di bukit Punthuk Setumbu benar-benar memanjakan mata siapa saja yang melihatnya, apalagi jika cuaca sedang cerah.

Maka Anda akan mendapatkan pemandangan Candi Borobudur yang sangat indah dengan latar belakang Gunung Merbabu dan Gunung Merapi di belakangnya.

Puncak Bukit Punthuk Setumbu tidak luas, namun di puncaknya terdapat gazebo dan kursi untuk wisatawan yang ingin beristirahat, jadi disarankan datang lebih awal agar tidak kehabisan.

 

Borobudur Nirwana Sunrise Punthuk Setumbu

Tribun Travel

Tempat wisata keren ini juga sering disebut dengan nama Borobudur Nirwana Sunrise Punthuk Setumbu, selain itu wisata Magelang ini juga sangat cocok bagi anda pecinta fotografi landscape karena keindahan alam yang ditawarkannya.

Setelah puas melihat keindahan alam Kabupaten Magelang dari Punthuk Setumbu silahkan isi perut dan rileks dulu baru bisa menuju Gereja Ayam Bukit Rhema.

bukitrhema

Tempat wisata ini cukup populer di kalangan wisatawan terutama anak muda, ditambah lagi Gereja Ayam juga pernah dijadikan lokasi film Indonesia, AADC.

Bangunan Gereja Ayam ini sebenarnya berbentuk Burung, nah di area paling atas (di kepala) kita bisa melihat pemandangan alam sekitar yang terlihat hijau dan asri, dari sini kita juga bisa melihat bukit Punthuk Setumbu tadi.

Untuk menuju Gereja Ayam ada dua pilihan jalur, pertama kita kembali ke tempat parkir dengan melewati jalur awal naik kendaraan kemudian menuju lokasi Gereja Ayam. Atau kita bisa trekking melewati hutan langsung menuju Gereja Ayam dengan jarak tempuh sekitar 1km.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.