Awas Terkesima! 7 Masjid Menakjubkan Dunia Paling Unik

Masjid telah menjadi pusat peradaban sepanjang sejarah Islam. Dianggap sebagai detak jantung kota tempat sebagian besar aktivitas terjadi selama era kejayaan Nabi Muhammad (SAW).

Saat ini, kecuali masjid tertentu, lebih diterima sebagai tempat ibadah bagi umat Islam, di mana salat dan kegiatan keagamaan lainnya terjadi.

 

  1. Masjid Hazrat Sultan, Nur-Sultan, Kazakhstan

Salah satu masjid terbesar di Asia Tengah, Masjid Hazrat Sultan menyajikan gaya Islam klasik menggunakan ornamen tradisional Kazakh. Masjid ini juga memiliki kubah terbesar di Kazakhstan dengan empat menara setinggi 77 meter.

Di samping itu, tinggi masjid 40 meter melambangkan usia ketika Nabi Muhammad (SAW) menerima wahyu, sedangkan panjang menara mencapai 63 meter melambangkan usia kematiannya.

 

  1. Masjid Sheikh-Lotfollah, Esfahan, Iran

Dikenal sebagai ‘masjid wanita’ karena memiliki terowongan yang hanya digunakan oleh wanita di masa lalu. Terowongan tersebut menghubungkan masjid dengan istana Ali Ghapu dan memungkinkan wanita istana untuk keluar-masuk masjid tanpa diamati.

Selain ubin khas Esfahan berwarna biru dan biru kehijauan, fitur unggulan lainnya dari masjid ini adalah eksterior kubah yang dilapisi dengan ubin berwarna krem. Menariknya, ubin tersebut dapat berubah warna sepanjang hari dari krem ​​menjadi merah muda.

 

  1. Masjid Shah Faisal, Islamabad, Pakistan

Selesai pada tahun 1986, Shah Faisal adalah masjid terbesar di Pakistan dan Asia Selatan. Itu juga pernah menjadi masjid terbesar di dunia sejak tahun 1986 sampai 1993 sebelum diambil alih oleh perluasan dan pembangunan masjid di tempat lain.

Hingga saat ini, beralih menjadi masjid terbesar keempat di dunia. Didesain dan dibentuk berdasarkan tenda gurun Badui, berfungsi sebagai masjid nasional Pakistan dengan arsitektur Islam modern di garis depan.

 

baca juga:

Austria Punya Cerita Wisata, Tambahkan List Liburanmu!

 

  1. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien, Brunei

Terletak di Bandar Sri Begawan, ibu kota Brunei Darussalam, masjid ini secara luas dianggap sebagai salah satu masjid terindah di Asia Tenggara. Selain tempat ibadah, juga merupakan situs sejarah utama dan objek wisata terkenal.

Pengunjung Brunei tentu tidak ingin melewatkan bangunan ini. Pasalnya, pesonanya berhasil mendominasi cakrawala dengan salah satu menaranya menjadi gedung tertinggi di Bandar Sri Begawan.

Rupanya, Sultan pernah memerintahkan agar lantai teratas sebuah bangunan di dekatnya dibongkar sehingga tidak akan melebihi tinggi menara. Ini juga dilengkapi dengan perahu batu seremonial di laguna, yang didasarkan pada tongkang kerajaan abad ke-16.

 

  1. Masjid Hassan II, Casablanca, Morocco

Arsitektur yang luar biasa ini dibangun untuk memperingati ulang tahun ke-60 mantan raja. Bersamaan dengan menaranya yang setinggi 210 meter, masjid ini menjulang di atas lautan.

Berhasil menduduki posisi sebagai masjid terbesar ketiga di dunia. Memiliki lantai berpemanas, atap yang bisa dibuka, bagian dari lantai kaca, serta lampu laser di atas menaranya, yang mengarah ke Mekah setiap malam.

 

  1. Masjid Jama, Fatehpur Sikri, Agra, India

Masjid Jama adalah salah satu masjid terbesar di India. Dibangun oleh Kaisar Shah Jahan pada abad ke-16, merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia. Berdiri di Fatehpur Sikri, ibu kota Kerajaan Mughal selama sekitar 10 tahun.

Dengan arsitektur Iran yang indah, Masjid Jama juga berfungsi sebagai salah satu tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi di Agra.

Pembangunan masjid menandai transisi seni Islam di India, di mana perpaduan elemen Persia dan desan lokal sangat terlihat jelas.

 

  1. Masjid Crystal, Kuala Terengganu, Malaysia

Dibuka pada Februari 2008 dan merupakan masjid ‘cerdas’ pertama di Malaysia dengan infrastruktur TI dan koneksi WiFi yang menyediakan akses internet bagi pengunjung untuk membaca Alquran secara digital.

Arsitekturnya sangat menakjubkan, terbuat dari baja dan kaca sehingga tampak bagai kilauan kristal.

Posisi penting masjid dalam penyebaran Islam  tidak pernah diragukan lagi. Kerap kali sengaja dibangun untuk menunjukkan warisan dan kemuliaan Islam melalui desain dan arsitekturnya.

Kubah, menara, dan ruang salat adalah beberapa kesamaan yang lebih menonjol di banyak masjid di seluruh dunia dengan keunikannya masing-masing.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.