Liburan Dadakan ke Batam, Rekreasi Rame-rame ke 5 Tempat Wisata Favorit Ini

Sebelum menempuh penerbangan menuju destinasi tujuan internasional, tak jarang penumpang dari tanah air harus rela transit di Bandara Hang Nadim, Batam. Bersantai sejenak di bandara tidak ada masalah sih, tapi kalau hingga berjam – jam, lama – lama bisa menjadi bosan dan makin stres.

Nah, untuk yang tak mau terlalu lama menunggu waktu terbang di bandara, tak ada salahnya jalan – jalan di sekitar kota Batam yang tak terlalu jauh dari bandara.

Jadi, kapan saja pesawatmu akan terbang, kamu bisa segera kembali ke bandara. Yuk, kita tengok 5 tempat wisata favorit saat singgah singkat di Batam:

Masjid Raya Batam

foto: yusuf hodayat / batampos

Bila tak punya banyak waktu untuk transit, bisa mencoba berkunjung ke Masjid Raya Batam. Masjid yang megah dan indah ini punya spot foto yang ikonik di halaman belakang. Ada sebuah tulisan raksasa “Welcome to Batam” yang bisa menjadi bukti otentik, kehadiranmu di tanah yang menjadi pintu gerbang Indonesia dari sisi barat ini.

Masjid Raya Batam berada tepat di jantung kota berdekatan dengan alun  – alun. Sembari melaksanakan kewajiban sholat untuk traveller muslim, pengunjung non muslim dapat menjelajahi lokasi sekitar karena cukup banyak pedagang kaki lima yang menjajakan aneka dagangan.

Nagoya Hill

enjoybatam.com

Nama mall yang berada di Batam ini mirip seperti bahasa Jepang. Meski demikian, tidak ada hubungannya sama sekali dengan Jepang. Hanya saja, melihat begitu lengkapnya pusat – pusat perbelanjaan di kawasan ini membuat pengunjung bisa teringat kepadatan kota Tokyo dan tak kuasa untuk menyimpan erat dompet di dalam saku. Peralatan elektronik, smartphone terbaru hingga produk – produk branded asal luar negeri semua dijual dengan harga yang miring. Kebanyakan diimpor dari Singapura dan Malaysia.

Selain produk elektronik dan fashion items, ada juga camilan atau snack impor yang dijual dengan harga lebih murah. Lokasinya juga berjarak 30 menit dari bandara. Jadi, bisa sekalian wisata oleh – oleh.

Alun-alun Batam

blogspot.com

Nah, melompat dari masjid raya kebanggaan warga Batam, ada sebuah alun – alun indah yang memiliki panorama menentramkan hati. Pohon – pohon besar yang rimbun, halaman rumput luas dan banyak pedagang kaki lima. Di siang hari cukup terik, jadi kebanyakan warga akan memanfaatkan waktu santai di sore hari atau pagi hari untuk berolahraga di sekitar alun – alun Batam. Para wisatawan juga bisa mencicipi aneka kuliner khas Batam di sekitar alun – alun.

baca juga:

Jembatan Barelang Karya Pak Habibie yang Mempesona

 

Jembatan Barelang

indonesia-tourism.com

Jika kebetulan kamu singgah di bandara Batam pada pagi hari, maka waktu yang ideal untuk mengunjungi Jembatan kebanggaan warga Batam yang dirancang oleh Bapak BJ Habibie ini. Jembatan Barelang merupakan kependekan dari Batam, Rempang, dan Pulau Galang. Karena menjadi penghubung di antara pulau – pulau di sekitarnya, maka pemandangan eksotis akan segera menyerbu indera penglihatan. Lautan lepas di pandu kerlap – kerlip lamu – lampu kota yang bak kunang – kunang menciptakan pemandangan dramatis. Membuat siapa saja tak akan mudah melupakan pengalaman wisata ini seumur hidupnya.

Makanya, jangan lupa berfoto di sekitar Jembatan Barelang dengan latar panorama lautan lepas. Dari bandara, lokasi wisata Jembatan Barelang sekitar 30 – 40 menitan dengan naik taksi atau ojek online.

Mi Tarempa

Apalah artinya liburan singkat tanpa makan – makan. Meskipun kamu cuma menyempatkan diri saat transit penerbangan, tak ada salahnya mencoba kuliner khas Batam, Mie Tarempa. Mie yang diolah dengan berbagai rempah – rempah dan bumbu ini memiliki citarasa unik dan otentik. Ada dua varian rasa, mie tarempa kering dan mie tarempa basah. Keduanya merupakan sajian kuliner khas tanah yang juga dijuluki sebagai “Bandar Dunia Madani”.

Salah satu tempat kuliner yang terkenal dengan olahan mie tarempa adalah Mie Tarempa di Kompleks Graha Mas Blok J, 10-11, Sungai Panas, kota Batam. Berjarak sekitar 30 menit dari bandara Hang Nadim, Batam.

Akan tetapi, patut diingat sebaiknya tak datang ketika makan siang agar kamu tak terlalu lama mengantri dan berisiko melewatkan jadwal penerbanganmu. Harga seporsi mie tarempa sekitar Rp 20 ribuan.

***

Yuk, nikmati perjalanan wisata ke seluruh destinasi di Indonesia, mulai dari Sabang hingga Merauke bersama agen travel wisata berpengalaman, Jari Adventure.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.