Keren! Indonesia Termasuk ‘Tempat Terbaik Dunia’, Versi Edward Stanford Travel Writing Awards

Menemukan tujuan terbaik di dunia memang tidak mudah. Namun, kita tidak harus melakukan perjalanan ke banyak negara terlebih dulu untuk menemukan jawabannya.

Tahun ini, Edward Stanford Travel telah memilih lima penulis sebagai pemenang dalam ajang penghargaan yang mereka selenggarakan.

Dan, dari lima pemenang Edward Stanford Travel Writing Awards inilah kita bisa mendapatkan rekomendasi perjalanan teratas mereka.

Dan tempat-tempat yang menjadi favorit mereka di muka bumi. Meskipun sebagian besar dari kita saat ini tidak dapat melakukan perjalanan karena pandemi, daftar yang mereka berikan dapat menjadi inspirasi untuk bucket list setelah masa isolasi berakhir.

 

Stockholm, Swedia

staticflickr.com

Dipilih oleh Travis Elborough, Stockholm disebut memiliki Gamla Stan dengan keindahan antik, kota tua, dan tempat nongkrong kontemporer Sodermalm.

Elborough menyebut museum udara terbuka unik Skansen sebagai tempat favoritnya di kota kepulauan ini karena menawarkan lima abad bangunan dari seluruh Swedia dan habitat bagi hewan-hewan Nordik liar seperti serigala dan rusa.

‘Atlas of Vanishing Places’ oleh Travis Elborough memenangkan penghargaan untuk Buku Perjalanan Perjalanan Ilustrasi DK Eyewitness.

 

Meksiko

10bestmedia

Paul Theroux pernah sangat menyukai Hawaii tetapi dia berubah pikiran. Karena Hawaii menjadi terlalu sesak dengan 10 juta pengunjung setiap tahunnya.

Ditambah dengan lalu lintas yang semrawut, polusi, sampah dan pedagang keliling yang tak terbendung.

Sang penulis pun menawarkan Meksiko sebagai tempat tereksotis untuk dikunjungi. Dalam buku terbarunya, ‘On the Plain of Snakes’, Theroux menggambakan semua kemegahan dan penderitaan Meksiko.

Paul Theroux adalah penulis banyak buku termasuk ‘Great The Great Railway Bazaar ’ dan memenangkan Edward Stanford Award untuk Kontribusi Luar Biasa pada Penulisan Perjalanan.

 

Indonesia

booking

Penulis Eleanor Ford menyebut Indonesia sebagai rumah kedua. Karena, ia menghabiskan masa kecilnya di sana. Ia menyebut gemerlapnya musik gamelan di kuil-kuil kuno, hingga sawah yang sangat indah.

Belum lagi, pantai berpasir perak, atol karang, dan ombak yang ideal untuk selancar dapat memberikan hiburan bagi segala jenis wisatawan. Dan, pasar malam menjadi tempat sempurna untuk menemukan makanan jalanan terbaik.

‘Fire Islands: Recipes from Indonesia’ yang ditulis oleh Eleanor Ford memenangkan penghargaan untuk Curb Food and Drink Travel Book of the Year.

 

Iran

theblondtravels

Menurut Pico Iyer, Iran adalah tempat yang paling kaya, paling glamor dan paling mengejutkan yang pernah ia kunjungi. Iran juga sangat berlapis dan beragam serta tidak terduga seperti delapan destinasi lain yang disatukan.

Dari Mashhad di timur laut hingga Kerman, Yazd, Shiraz, Persepolis, Isfahan dan Qom ke Teheran, negara ini menawarkan budaya yang lebih halus.

Dengan rasa bahasa yang lebih bernuansa atau sejarah yang lebih indah dibandingkan dengan pusat peradaban kuno lain di dunia.

Buku ‘A Beginner’s Guide to Japan: Observations and Provocations’ yang ditulis oleh Pico Iyer memenangkan penghargaan untuk Memo Perjalanan Publikasi Tahun Ini dari APA.

 

baca juga:

Asyiknya Menjelajah Kamboja, Tur Bersepeda Mengunjungi Air Terjun Bersama Gajah

 

Lunga, Skotlandia

annees-de-pelerinage.com

Lunga merupakan bagian dari kepulauan dari pulau kecil dan pulau-pulau yang membentuk Kepulauan Treshnish di Hebrides Dalam, di pantai barat Skotlandia.

Merupakan situs yang ditunjuk untuk Kepentingan Ilmiah Khusus, Lunga. Menjadi tempat tinggal bagi koloni besar puffin, razorbill, fulmar dan shag. Serta menjadi tempat pengembangbiakan yang penting untuk anjing laut abu-abu.

Penulis Kirstin Zhang mengisahkan pendakian curam untuk melihat paus minke, lumba-lumba, hiu berjemur dan elang laut menjadi perjalanan yang tak terlupakan dalam hidup.

‘Closer to Home’ yang ditulis oleh Kirstin Zhang memenangkan penghargaan untuk ‘Bradt Travel Guides New Travel Writer of the Year.’

Sebagai warga negara Indonesia kita patut bangga. Karena negara yang kita cintai ini masuk dalam jajaran tempat terbaik di dunia yang membuat penulis selalu ingin kembali lagi dan lagi.

Jika kamu berencana untuk melakukan perjalanan keliling dunia, tidak ada salahnya untuk menjadikan negara-negara yang ada dalam daftar sebagai tujuan utama.

Tentu saja rekomendasi dari para penulis terkenal bukan isapan jempol belaka bukan. Berpetualanglah dan temukan sendiri negara mana yang akan menjadi rumah kedua kamu.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.