Keindahan Usia 2000 Tahun, Telavi dan Atraksi Historis di Georgia

Ingin berlibur ke luar negeri? Georgia bisa masuk dalam bucket list Anda kali ini. Mengapa? Georgia merupakan salah satu negara dengan lanskap pegunungan yang tak tertandingi. Negara ini berada di persimpangan Eropa dan Asia dan semakin hari semakin popular akan keindahannya.

Negara kecil ini menawarkan berbagai wisata alam menarik mulai dari puncak yang tertutup es, tepi laut yang memukau, jalur hiking yang subur, hingga wisata sejarah yang tersimpan selama berabad-abad.

Berikut beberapa destinasi yang harus Anda kunjungi saat berada di Georgia.

 

  1. Jvari Monastery

agenda

Destinasi pertama ini masuk dalam deretan daftar situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Jvari Monastery merupakan sebuah biara yang terletak di persimpangan Sungai Mtkvari dan Aragvi. Anda hanya perlu berkendara singkat dari ibu kota Tbilisi.

Terdapat banyak situs Kristen yang terkenal, serta menjadi salah satu pusat spiritual Gereja Ortodoks di Georgia.

Kota ini banyak dikunjungi pengunjung setiap tahun. Tak hanya bangunan nya, ada juga berbagai lukisan dinding Katedral Sevtitskhoveli yang menakjubkan.

Arsitektur religious di abad pertengahan Georgira ini berada di bukit yang menghadap ke Mtskheta. Seorang penginjil bernama St Nino diyakini membawa agama Kristen ke Georgia dengan mengangkat salib kayu di situs tersebut pada abad ke-4.

 

  1. Telavi

travellika

Situs bersejarah lainnya yang harus Anda eksplor adalah Telavi. Selama lebih dari 2.000 tahun lamanya, kota ini mengalami banyak pengaruh dari raja Kakheti, Romawi, Tsar Rusia, hingga raja-raja lainnya. Itu berarti, ada banyak sekali situs arsitektur di dalamnya.

Mulai dari Dzveli Galavani atau tembok benteng tua, lalu Batonis Tsikhe.

Telavi juga menjadi rumah bagi pohon sycamore yang telah berusia 900 tahun serta biara Alaverdi, sebuah gereja yang tertinggi kedua di Georgia.

 

  1. Sighnaghi

wikimedia

Sighnaghi sempat disebut oleh Mikheil Saakashvili, mantan presiden Georgia sebagai “kota cina”.

Kota ini menawarkan indahnya pemandangan lembah Alazani yang memukau. Bahkan, tempat ini diklaim sebagai salah satu tempat paling menawan di bumi.

Berlatarkan pegunungan Great Caucasus dan jalanan berbatu serta rumah kayu berwarna-warni menghiasi seluruh kota.

Anda bisa menginap di Kabadoni Boutique Hotel yang letaknya tak jauh dari lokasi Sighnaghi.

 

Baca juga:

6 Cara Terbaik Menikmati Sydney Harbour, Dari Bar Tepi Pantai dan Cagar Alam

 

  1. Tusheti National Park

pinimg

Taman Nasional ini cukup berbeda dengan taman lainnya. Tusheti National Park berada di antara pemandangan yang menakjubkan, tepatnya berada di bagian utara pegunungan Big Kaukasus, Chechnya dan Rusia.

Tusheti juga masuk dalam Situs UNESCO lainnya yang terkenal akan Menara batanya, pemandangan indah, perubahan cuaca yang cukup konstan serta orang-orang setempat yang hangat kepada para pengunjung.

Selain itu, mereka memiliki tradisi local yang mempesona. Cukup ajaib dan tak boleh dilewatkan.

 

  1. Uplistsikhe

tripadvisor

Selanjutnya adalah destinasi yang berada di perbukitan Shida Kartli. Uplistsikhe diyakini sebagai pusat perekonomian dan politik dari Kerajaan Kartli, yakni monarki akhir di Abad Pertengahan yang dulu sempat berkuasa di Georgia Timur.

Para pengunjung dapat melihat gua monolit yang tersebar di sepanjang lanskap alam nya.

 

  1. Gudauri

wikimedia

Gudauri merupakan salah satu destinasi utama saat musim dingin tiba. Gudauri berada 2.000 meter di atas permukaan laut.

Ski resort ini menyajikan pemandangan memukau dari jajaran greater Caucasus. Musim ski biasanya dimulai di bulan Desember hingga April dengan berbagai jalur yang bisa Anda coba sesuai tingkatan.

Tak hanya itu saja, Kawasan ini juga terkenal akan heliskiing dan freeridingnya. Itu karena, salju di sini terkenal halus dengan jumlah turis relative rendah dibandingkan dengan ski resort Eropa yang lainnya.

Untuk menginap, Anda tidak perlu khawatir. Tak jauh dari Gudauri terdapat penginapan Gudauri Inn dan Marco Polo Hotel Gudauri yang bisa Anda kunjungi.

 

  1. Stepantsminda

envato

Stephan berasal dari nama seorang biarawan yang membangun tempat bertama di Kawasan ini. Lokasi pertapaan ini kini menjadi Jalan Militer Georgia.

Stepantsminda menarik banyak pelancong dengan suguhan pemandangannya yang super indah. Ada banyak hal yang akan Anda temukan di sini. Mulai dari mendaki, arung jeram, panjat tebing, serta wisata sejarah ke Gergeti Holy Trinity Church yang letaknya tepat di kaki Gunung Kazbegi.

Bagi Anda yang sedang merencanakan diri untuk berkunjung ke Georgia, jangan lupa tambahkan ke-7 list di atas dalam itinerary Anda selanjutnya.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.